Apa penyebab rasa nyeri atau sakit disekitar lengan?


Penyebab nyeri lenganRasa Nyeri bahkan sakit pada lengan terkadang bisa timbul tanpa penyebab yang jelas, selain karena kecelakaan atau cedera yang tiba-tiba. Nyeri yang terjadi secara tiba-tiba pada satu atau kedua sisi lengan bisa membuat bingung orang yang mengalaminya, namun ada berbagai kondisi yang dapat menyebabkannya dan sebagian besar melibatkan otot. Sakit atau nyeri lengan pada umumnya sering memerlukan berobat atau periksa ke dokter untuk memperoleh diagnosa yang tepat, tetapi beberapa penyebab yang paling sering adalah seperti tendinitis, ketegangan otot, carpal tunnel syndrome, dan bahkan serangan jantung. Selain mengakibatkan sulit beraktifitas, nyeri lengan yang berkesinambungan juga patut diwaspadai.

Berikut beberapa penyebab yang mungkin mendasari rasa nyeri pada lengan :

Tandinitis

Tendinitis adalah kondisi yang terjadi ketika tendon yang menghubungkan otot ke tulang mengalami peradangan. Peradangan ini biasanya dimulai pada tendon di siku dan kemudian menyebar ke lengan bawah. Tendinitis biasanya disebabkan oleh kerja berlebihan, penuaan, dan cedera –  banyak penderita kondisi ini karena akibat dari bermain olahraga seperti tenis dan golf. Dalam rangka untuk menyembuhkan, daerah lengan yang sakit harus diistirahatkan selama beberapa bulan, meskipun operasi atau obat steroid kadang-kadang juga diperlukan.

Ketegangan otot

Penyebab umum nyeri lengan bawah lainnya adalah ketegangan otot, yang biasanya terjadi ketika otot telah membentang ke titik robek. Hal ini bisa terjadi pada orang yang berolahraga teratur, atau mengangkat barang-barang yang berat dengan cara yang tidak benar. Untungnya, sebagian besar pengobatan untuk ketegangan otot bisa dilakukan di rumah, seperti kompres es, elevasi, istirahat, dan menggunakan obat penghilang rasa sakit biasanya merupakan cara terbaik untuk menyembuhkan nyeri lenganbawah. Kasus yang parah mungkin membutuhkan pengobatan oleh ahli medis, terutama jika kondisi tidak membaik setelah beberapa hari perawatan di rumah.

Lihat Juga :  Faktor Penyebab Diabetes

Carpal tunnel syndrome

Carpal tunnel syndrome bisa menyebabkan sakit nyeri lengan bawah pada orang yang cenderung melakukan gerakan lengan yang sama dan sering. Orang yang sehari-harinya mengetik pada keyboard komputer, pekrjaan perakitan, atau menggunakan gerakan tangan yang berulang sebagai hobi ,  sangat beresiko mengalami nyeri lengan bawah yang disebabkan oleh carpal tunnel syndrome. Sebagai contoh, pemain golf, pedayung,petenis, dan merajut,  bisa menyebabkan kondisi ini. Biasanya, rasa tidak nyaman dan kesemutan mulai terjadi pada pergelangan tangan dan tangan, tapi rasa sakit bisa menyebar sampai lengan bawah dan bahkan ke bahu. Beristirahat dan penggunaan obat penghilang rasa nyeri hanya bisa memperbaiki kasus yang ringan, tetapi operasi mungkin diperlukan untuk kasus  carpal tunnel syndrome yang parah.

Baca juga : Tips tetap sehat bekerja setiap hari didepan Komputer

Serangan jantung

Meskipun tidak umum dikenal sebagai gejala, nyeri lengan bawah di lengan kiri benar-benar bisa menjadi pelopor serangan jantung. Mungkin rasa sakit yang tiba-tiba, yang memancar dengan cepat dari bahu ke lengan bawah, atau mungkin rasa sakit terus-menerus yang berlangsung selama berhari-hari. Bagaimanapun, nyeri yang terjadi di lengan kiri,  yang tidak bisa dijelaskan oleh sebagian besar penyebab nyeri lengan bawah biasanya layak diperiksakan ke dokter. Hal ini terutama berlaku jika merentet ke rasa nyeri di dada, rasa gelisah, berkeringat, dan mual.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: