Apa penyebab lidah menjadi putih


penyebab lidah putihAda banyak hal yang bisa menyebabkan lidah putih. Beberapa kasus adalah karena masalah ringan yang mudah diatasi, ada yang memerlukan pengobatan khusus, bahkan lidah putih bisa menunjukkan pertanda kanker. Sebagian besar kasus, bangun dipagi hari dengan lidah putih sesekali mungkin menunjukkan karena kebersihan yang kurang baik. Hal ini juga merupakan akibat dari flu atau alergi, atau karena kebanyakan bernapas melalui mulut saat tidur dimalam hari – pernapasan melalui mulut merupakan penyebab umum lidah menjadi putih.

Umumnya lidah putih yang dialami orang hanya sesekali saja. Terutama jika seluruh lidah menjadi putih( tidak ada bintik-bintik),  kemungkinan karena peradangan papila atau benjolan kecil yang melapisi lidah. Ini bisa seperti sel kulit, hal-hal seperti sel-sel darah putih yang mengumpul, bakteri dan sejenisnya,  dan sebagai hasilnya lidah terlihat bengkak dan menjadi putih. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kebersihan mulut yang tak terjaga, dehidrasi, atau mungkin karena merokok. Orang-orang yang minum obat yang bisa menyebabkan mulut kering, mungkin mengalami lidah putih secara cukup teratur – dengan gejala pada saat mulut lembab seperti di pagi hari.

Baca juga : Bahan Kimia Berbahaya dalam Rokok

Beberapa penyebab lidah menjadi putih

Lidah putih dengan bintik-bintik

Lidah yang terlihat putih dengan bercak atau bintik bisa menunjukkan kondisi sariawan jenis infeksi jamur. Hal ini mungkin disebabkan karena baru saja minum obat antibiotik, dan hal itu tidak biasa pada bayi dan orang tua. Orang dengan diabetes mungkin lebih rentan terhadap sariawan, dan beberapa inhalansia oral untuk asma juga bisa menyebabkan kondisi tersebut. Ini tidak memerlukan pengobatan, dan cukup dengan periksa kedokter jika Anda mencurigai karena itu.

Lihat Juga :  7 Makanan Terburuk berpotensi menyebabkan Kanker

Lidah dengan bercak putih

Kondisi lain, yaitu leukoplakia juga menyebabkan bercak putih pada lidah. Kondisi ini sering terjadi pada orang yang merokok atau menggunakan tembakau, dan harus segera periksa ke dokter, karena bisa dilihat sebagai  pertanda awal kanker mulut. Hal ini tidak selalu terjadi, dan kondisi ini bisa pulih dengan berhenti menggunakan tembakau.

Ruam dengan garis-garis putih pada lidah

Lichen planus yaitu kondisi ruam yang jarang terjadi, dan bisa menyebabkan garis-garis putih di lidah. Ini mungkin terasa gatal, dan Anda juga bisa melihat ruam yang muncul pada bagian tubuh lain, terutama pada pergelangan tangan, lengan bawah, didaerah punggung, dan di atas pergelangan kaki. Ruam pada mulut mungkin yang muncul pertama kali, dan jika Anda mengetahui lidah Anda bergaris-garis atau dengan pola putih berenda, Anda mungkin harus periksa kedokter. Lichen planus juga bisa terjadi akibat penggunaan tembakau, dan bisa diatasi  dengan berhenti merokok atau mengunyah tembakau.

Kesimpulan

Dalam kebanyakan kasus, lidah putih tidak berbahaya, atau mudah diatasi. Baik kebersihan mulut maupun berhenti menggunakan tembakau juga bisa membantu menghindarinya. Bintik/bercak, garis-garis atau pola berenda di lidah adalah masalah lain. Terutama ini yang harus diperiksa dan diobati oleh dokter.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: