Penyebab keputihan


Penyebab keputihanKeputihan adalah masalah kesehatan alat reproduksi pada wanita yang sudah menjadi persoalan umum kaum wanita. meskipun tergolong familier dikalangan wanita, namun tidak banyak wanita yang mengetahui  apa itu keputihan, bahkan  menganggap enteng persoalan keputihan pada wanita ini. Keputihan sebenarnya tidak bisa dianggap enteng, karena pada beberapa kasus keputihan ini bisa berakibat fatal bila lambat ditangani. Dan keputihan tidak mengenal batasan usia. Berapa pun usia seorang wanita, bisa terkena keputihan.Keputihan tidak hanya bisa mengakibatkan kemandulan atau hamil diluar kandungan saja, keputihan juga bisa merupakan gejala awal dari kanker leher rahim, yang bisa berujung pada kematian.

Apa sebenarnya keputihan dan Penyebab keputihan itu?

Menurut seorang dokter ahli spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan,  keputihan (flour albus) adalah cairan  yang keluar dari alat kelamin wanita secara berlebihan. Keputihan ada dua jenis, yaitu bisa bersifat fisiologis(keputihan normal) , dan keputihan yang bersifat patologis (karena penyakit).

Penyebab Keputihan Patologis (Karena Penyakit):

-Infeksi yang di akibatkan oleh bakteri, jamur, atau protozoa
-Akibat kanker leher rahim
-Benda asing didalam alat kelamin, sehingga menyebabkan luka/iritasi kemudian infeksi.

Gejala Keputihan:

-Cairan dari vagina keruh dan kental
-Cairan keputihan berwarna kekuningan, keabu-abuan, atau kehijauan
-Cairan keputihan berbau busuk, anyir, amis, terasa gatal
-Jumlah cairan lebih banyak

Jika Anda mengalami keputihan yang demikian, sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter.Agar segera diatasi dan bahkan diketahui penyebabnya secara pasti, apakah karena penyakit atau keputihan biasa karena gangguan fisiologis.

Lihat Juga :  Cara Menyimpan ASI yang baik dan benar

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: