Apakah Penyebab, gejala dan Pengobatan Leukemia?


testosteronSeiring dengan semakin majunya ilmu kedokteran, penyakit yang dulu dianggap tidak bisa diobati kini sudah bisa disembuhkan. Salah satu penyakit yang sekarang sudah bisa disembuhkan adalah leukemia.

Leukemia adalah kanker darah, yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, menyembuhkan dirinya sendiri, dan berfungsi secara normal.

Baca juga : Tanda kanker Payudara

Apakah leukemia?

Jenis leukemia

Ada empat jenis utama leukemia, dan masih ada beberapa subtipe dalam setiap kategori. Jenis utama adalah leukemia limfositik akut kronis ,  leukemia myeloid akut kronis. Leukemia jenis akut berkembang cepat, sementara leukemia kronis berkembang lebih lambat. Limfositik kronis dan myeloid akut adalah jenis leukemia yang paling umum, sementara limfositik akut adalah yang paling umum terjadi pada anak-anak.

Pada  leukemia limfositik, sumsum tulang terlalu banyak menghasilkan limfoblastik . Lymphoblast adalah sel darah putih yang belum matang yang terbentuk dari sel induk limfoid. Dan pada leukemia myeloid, hal ini karena terlalu banyak sel darah putih yang belum matang  muncul. Sel darah putih ini terbentuk dari sel induk myeloid, yang juga membentuk sel darah merah dan trombosit .

Penyebab

Leukemia bisa disebabkan oleh cacat genetik, atau mungkin akibat dari paparan radiasi tingkat tinggi atau bahan kimia tertentu. Hal ini juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kanker jenis lain. Orang dengan Down Syndrome juga beresiko tinggi dengan penyakit ini.

 Gejala

Terlepas dari jenis leukemia yang dimiliki seseorang, gejala yang terlihat seringkali mirip. Gejala yang terlihat mungkin termasuk demam atau berkeringat di malam hari, sering infeksi, perasaan lemah atau lelah, sakit kepala, mudah mengalami perdarahan dan memar, nyeri pada tulang atau sendi, pembengkakan atau ketidaknyamanan perut, bengkak kelenjar getah bening, dan penurunan berat badan. Tak satu pun dari diagnostik ini berdiri sendiri, tetapi secara bersama-sama seringkali menunjukan akibat leukemia. Diagnosa dibuat melalui biopsi sumsum tulang, yang menunjukkan sel-sel abnormal.

Lihat Juga :  Gejala, penyebab, pengobatan Paru-paru basah

Pengobatan

Setelah dokter mendiagnosis positif leukemia, ia akan sering merujuk pasien ke ahli onkologi khusus dalam mengobati penyakit tersebut. Spesialis mungkin akan berkonsultasi dengan dokter lain dilapangan tentang pasien, dan mereka akan memulai membuat rencana pengobatan. Pengobatan akan tergantung pada jenis leukemia yang dimiliki pasien. Dengan tahap awal leukemia limfositik kronis, misalnya, pasien mungkin tidak segera dilakukan pengobatan, tetapi bisa diuji untuk tanda-tanda perkembangan penyakit ini. Meskipun jenis limfotik kronis jarang bisa disembuhkan, namun pasien bisa bertahan dan meringankan gejala.

Kemoterapi , terapi radiasi, imunoterapi, dan transplantasi sumsum tulang adalah metode utama pengobatan leukemia. Tujuan utama pengobatan tersebut adalah untuk membuat pasien bebas gejala. Tujuan jangka panjang adalah untuk menjaga pasien mendapat keringanan. Pasien mungkin menerima salah satu atau kombinasi dari perawatan ini untuk mencapai kesembuhan. Banyak pasien dengan kondisi akut dapat disembuhkan, sehingga pengobatan langsung harus selalu dipertimbangkan.

Bisa disembuhkan

Rumah sakit seperti Rumah Sakit St Jude Children Research di Memphis, Tennessee, telah berada di garis depan penelitian untuk obat dan pengobatan leukemia, dan penelitian mereka telah menyelamatkan nyawa tak terhitung. Dengan kemajuan ilmu kedokteran dalam 15 tahun terakhir, penyakit ini tidak lagi sebagai hukuman mati seperti dulu. Pasien sekarang masih memiliki harapan untuk sembuh.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: