Penyebab Gagal Ginjal | Tips agar Ginjal tetap sehat


Penyebab gagal ginjal - tips menjaga kesehatah ginjalGinjal adalah organ tubuh yang sangat penting dalam sistem kemih, serta sebagai filter alami bagi darah. Sebagai filter, Ginjal akan menyaring serta menghilangkan racun, sehingga darah tetap bersih untuk mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Ginjal juga menjaga keseimbangan garam dan mineral dalam darah, serta membantu untuk mengatur tekanan darah.

 

Jagalah kesehatan Ginjal Anda

Pentingnya merawat kesehatan ginjal

Merawat ginjal dengan baik akan membantu untuk menjaga seluruh tubuh anda. Ginjal adalah dua organ kecil yang terletak di retroperitoneum bagian belakang rongga perut. Merawat ginjal sangat penting, karena jika sampai ginjal rusak, maka produk-produk limbah dan cairan bisa berkumpul dalam tubuh, dan akan menyebabkan beberapa penyakit yang fatal di kemudian hari.

Gagal Ginjal

Penyakit ginjal kronis yang berbahaya bisa ditandai dengan hilangnya kestabilan fungsi ginjal dari waktu ke waktu. Penyakit ginjal kronis diklasifikasikan ke dalam lima tahap; diawali dengan tahap 1 yang paling ringan,  dan biasanya menyebabkan sedikit gejala.  Dan tahap lanjut adalah tahap 5 yang parah,  dengan harapan hidup yang tipis jika tidak diobati. Tahap terakhir ini juga disebut dengan penyakit ginjal stadium akhir atau gagal ginjal, di mana pasien membutuhkan dialisis atau transplantasi untuk tetap bisa melanjutkan hidup.

Sebuah LSM di India, The National Kidney Foundation India menyatakan, penyakit ginjal menduduki peringkat ketiga di antara penyakit yang mengancam kehidupan (setelah kanker dan penyakit jantung ) di negara itu. Juga memperkirakan bahwa 100 orang dari satu juta jiwa menyerah pada penyakit ginjal,  dan sekitar 90.000 melakukan transplantasi ginjal setiap tahun.

Penyebab gagal ginjal

Penyebab gagal ginjal paling umum adalah diabetes, penyakit jantung, hipertensi dan riwayat keluarga. Faktor risiko gagal ginjal lainnya termasuk : obesitas , penyakit autoimun , infeksi saluran kemih dan infeksi sistemik.

Lihat Juga :  Gejala, pengobatan penyakit Alzheimer

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu anda menjaga ginjal agar tetap sehat :

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: