Penyebab disfungsi ereksi (DE)/lemah syahwat atau Impotensi


penyebab impotensiMenurut Ilmu Kesehatan dan kedokteran, disfungsi ereksi atau impotensi atau lemah syahwat adalah sering atau konsisten mengalami ketidakmampuan untuk mendapatkan atau mempertahankan penis cukup ereksi  untuk melakukan hubungan seksua.

Gagal untuk bisa ereksi selama aktivitas seksual adalah masalah yang umum pada pria berusia di atas usia 40. Tapi akhir-akhir ini, masalah inipun banyak mempengaruhi Pria yang masih terbilang muda. Tentu saja masalah seperti ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, merampas kehidupan seks dan keharmonisan rumah tangga. Untuk itu pelajari apa-apa tentang penyebab umum dari disfungsi ereksi, dan segera bertindak mulai sekarang.

Berikut beberapa penyebab umum dari disfungsi ereksi (DE) atau lemah syahwat, atau impotensi :

Pasokan darah kurang:

Ini adalah masalah nomor satu penyebab disfungsi ereksi. Ereksi akan terjadi ketika penis mendapatkan banyak aliran darah. Beberapa masalah peredaran darah seperti tekanan darah tinggi, kolesterol dan pembekuan darah, bisa mengganggu sirkulasi darah menjadi efisien. Cek kesehatan aliran darah Anda, siapa tahu itu adalah biang keladinya.

Masalah Hormonal

Kurangnya produksi hormon testosteron di testis juga dapat menyebabkan masalah impotensi atau disfungsi ereksi. Produksi testosteron yang tidak mencukupi bisa disebabkan oleh fungsi kelenjar hipofisis yang tidak tepat atau gangguan sistem saraf lainnya.

Bersepeda berlebihan

Bersepeda memang bagus bagi kebugaran tubuh, namun jika berlebihan juga tak baik bagi syahwat. Berlebihan bersepeda merupakan salah satu  penyebab disfungsi ereksi yang umum. Hal ini bisa terjadi karena adanya tekanan ke saraf penis karena duduk di sadel sepeda dalam jangka waktu lama dan berkelanjutan.

Kecemasan

Pria yang terus merasa khawatir dengan kinerjanya di tempat tidur,  atau minder karena ukuran penis mereka juga merupakan penyebab disfungsi ereksi. Jika Anda selalu cemas ketika  berada di tempat tidur dengan pasangan Anda, reaksi saraf bisa mencegah ereksi dan mengatur lingkaran setan.

Lihat Juga :  Penyebab Gagal Ginjal | Tips agar Ginjal tetap sehat

Operasi

Operasi atau pengobatan yang dilakukan di dalam atau disekitar penis juga bisa merusak saraf dan pembuluh darah yang diperlukan untuk mempertahankan ereksi. Jadi, sebaiknya berhati-hati jika ingin melakukan operasi penis yang hanya bertujuan bedah plastik.

Depresi

Kekhawatiran yang konstan atau depresi juga bisa menjadi penyebab umum disfungsi ereksi lainnya. Depresi adalah gangguan mental, yang dapat berdampak yang sangat buruk terhadap kinerja Anda di tempat tidur.

Alkoholisme

Minum atau konsumsi alkohol dalam jangka panjang yang berlebihan juga dapat menyebabkan disfungsi ereksi.

Merokok

Sama dengan minuman keras, merokok juga merupakan kebiasaan buruk penyebab DE. Hal ini karena merokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, yang pada akhirnya dapat menurunkan aliran darah ke penis dan menyebabkan disfungsi ereksi.

Efek samping dari obat-obatan

Konstan minum pil juga dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Beberapa obat yang efek sampingya bisa menyebabkan DE yang paling umum adalah pil antidepresan pil dan pil beta-blocker.

Cedera

Cedera Sumsum tulang belakang atau cedera panggul bisa merusak saraf yang bertugas untuk merangsang ereksi.

Kenali penyebab disfungsi ereksi/lemah syahwat/impotensi pada diri sendiri, sehingga bisa mengambil pengobatan yang tepat untuk kondisi Anda. Berkonsultasilah dengan dokter, atau ahli kesehatan reproduksi yang bersertifikat.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: