Penyebab dan pengobatan Puser bodong(hernia Umbilicalis)


penyebab hernia umbilikalis pada anak dan dewasaPuser yang menonjol keluar atau seringkali disebut bodong dalam istilah medis disebut dengan hernia Umbilicalis umumnya terlihat pada pusar bayi usia beberapa minggu. Namun seiring dengan perkembangan bayi, pusar bodong dengan ukuran 5 mm secara perlahan akan hilang dengan sendirinya hingga berusia 2 tahun. Namun pada bodong yang lebih besar yaitu hingga 15 mm bisa memakan waktu hingga 4 tahun,  bahkan 6 tahun untuk diamater 2 cm untuk bisa menutup sendiri. Kondisi ini memang kebanyakan ditemukan pada bayi,  tetapi bisa juga mempengaruhi orang dewasa. Bodong yang terjadi pada anak-anak biasanya tidak sakit atau berbahaya, akan tetapi bodong yang muncul pada orang dewasa dapat menyebabkan perut terasa tidak nyaman.

Berikut tentang penyebab pusar bodong(Hernia Umbilicalis) pada Anak dan dewasa, serta gejala dan  pengobatan :

Gejala

Tonjolan puser bisa  terlihat ketika bayi menangis, batuk-batuk, mengejan,  atau merasa tegang. Namun tonjolan itu akan segera hilang bila si bayi sudah tenang atau tidur.

Gejala akan sama-pada orang dewasa, yaitu terlihat pembengkakan atau tonjolan dekat daerah pusar. Pusar bodong bisa sangat menyakitkan dan pengobatan biasanya diperlukan.

Gejala yang menunjukkan situasi yang lebih serius yang memerlukan perawatan medis meliputi:

  1. bayi terlihat sakit
  2. bayi muntah
  3. tonjolan (pada anak-anak dan orang dewasa)  yang lembut, bengkak, atau berubah warna

Penyebab

penyebab hernia umbilikalis atau puser bodongBodong pada bayi terjadi karena selama kehamilan tali pusat melewati lubang kecil yang terbuka pada otot perut nya. Namun jika lubang tersebut tidak menutup dan otot di perut tidak dapat bergabung secara sempurna pada  garis tengah perut, maka dinding perut akan melemah dan bisa menyebabkan munculnya bodong pada saat bayi lahir atau bisa pada suatu hari nanti. Bayi prematur, dan berat lahir rendah lebih beresiko tinggi hernia umbilikalis.

Lihat Juga :  Efek samping softdrink dapat membahayakan Ginjal

Pada orang dewasa, kondisi ini bisa disebabkan oleh obesitas, kehamilan berulang-ulang, adanya cairan dalam rongga perut (ascites) dan operasi perut.

Pengobatan

Bodong bisa didorong masuk ke dalam perut pada saat pemeriksaan, namun hanya bisa dilakukan oleh seorang dokter.

Seorang dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan apakah bayi atau orang dewasa memiliki hernia umbilikalis. Kadang-kadang dokter akan melakukan pemeriksaan X-ray atau melakukan USG pada daerah perut untuk memastikan tidak adanya komplikasi.

Komplikasi hernia umbilikalis jarang terjadi pada anak-anak. Namun, jika tali pusat yang terperangkap, komplikasi tambahan bisa terjadi pada anak-anak dan orang dewasa.

Usus yang tidak dapat masuk kembali melalui dinding perut kadang tidak mendapatkan pasokan darah yang memadai. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan bahkan membunuh jaringan (gangren), yang dapat mengakibatkan infeksi yang berbahaya. Selain itu, jika obstruksi usus terjadi, tindakan operasi darurat mungkin diperlukan.

Dapat Hernia umbilical  di hilangkan?

Pada anak-anak, hernia umbilikalis seringkali dapat sembuh sendiri –  dan operasi hanya boleh dilakukan jika pusar yang bodong terasa sakit, serta diameter bodongnya lebih besar dari 1,5 cm, serta ukurannya yang tidak menyusut setelah usia 6-12 bulan, tidak menghilang hingga berusia 3 tahun dan usus tersumbat. Pada orang dewasa, operasi biasanya disarankan jika ada komplikasi, terutama jika membesar atau terasa sakit. Sebelum memilih operasi, dokter biasanya akan menunggu kondisi ini sampai :

  1. terasa menyakitkan
  2. diameternya lebih besar dari setengah inci
  3. tidak menyusut ukurannya setelah satu tahun
  4. tidak hilang ketika anak berusia tiga atau empat tahun
  5. ada bagian usus yang terperangkap

Source: Healthline

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: