Penyebab dan mengatasi darah tinggi pada Ibu Hamil

Hipertensi/ darah tinggi terjadi karena meningkatnya tekanan aliran yang dipompa oleh jantung.Ini bisa diakibatkan kerna penyempitan pembuluh darah, misalnya akibat penumpukan lemak didinding pembuluh darah(atau penyebab lain.Baca dibawah).
Seseorang yang dikatakan menderita hipertensi jika tekanan darahnya di atas 140/90 mmHG, artinya 140 mmHg tekanan atas (sistolik) dan 90 mmHg tekanan bawah (diastolik).

Penyebab dan mengatasi darah tinggi pada Ibu Hamil

Penyebab terjadinya darah tinggi secara umum dikategorikan menjadi 2, yaitu Hipertensi essensial atau hiipertensi primer.
Penyebab darah itnggi pada ibu hamil
Hipertensi essensial (skunder): Faktor penyebab darah tinggi yang disebabkan oleh gangguan jantung dan ginjal.
Hipertensi Primer: Jenis hipertensi ini diakibatkan oleh stress, gaya hidup yang buruk seperti perokok, minuman beralkohol, makanan yang tidak sehat, pola hidup kurang teratur dll.Gaya hidup yang tak sehat ini akan memicu timbulnya penumpukkan lemak pada dinding pembuluh darah atau obesitas.

Hipertensi pada ibu hamil biasanya terjadi pada ibu mengandung diatas usia 40 tahun, ibu hamil dibawah usia 20 tahun, mengandung bayi kembar dan mengandung anak pertama.

Peyebab Hipertensi pada ibu hamil yang dikenal berbahaya adalah akibat edema preeklampsia.Preeklampsia sendiri adalah keracunan pada kehamilan.Ibu hamil yang menderita preeklampsia biasanya ditandai dengan meningkatnya tekanan darah, kaki bengkak-bengkak,pusing pusing, edema dan proteinuria.

Hipertensi pre-eklampsia terjadinya kenaikan tekananan sistolik sebesar 30 mm Hg atau mencapai 140 mm Hg.
Pre-eklampsia terjadi karena penimbunan cairan secara umum dan berlebihan dalam tubuh, biasanya dapat diketahui dari kenaikan berat badan serta pembengkakan kaki, jari tangan dan muka. Kenaikan berat badan sebesar 1 kg dalam seminggu beberapa kali bisa menjadi tanda pre-eklampsia.

Proteinuria pre-eklampsia terdapat konsentrasi protein dalam air kencing yg melebihi 0,3 g/liter dan air kencing 400 ml atau kurang dalam sehari. Secara kasar artinya, tandanya air kencing ibu penderita sedikit banget dalam sehari. Sampai saat ini belum diketemukan secara pasti penyebab dari pre-eklampsia.

Preklampsia ini kebanyakan akan diderita oleh ibu dengan usia yang beresiko tinggi bagi kehamilan, yaitu hamil pada usia 40 tahun keatas.Untuk itu tingkatkan kewaspadaan pada usia kehamilan ini,seperti kontrol kehamilan secara teratur.Upayakan berat badan naik secara teratur 1-2 kg / bulan , cukup olah raga, cukup istirahat dan makan dengan gizi seimbang.

Tips mencegah Darah tinggi

Hindari hal-hal yang bisa memicu tekanan darah naik, misalnya stress, pola makan sehat, istirahat cukup, olahraga cukup.Selain itu Anda juga bisa mengkonsumsi makanan dan buah-buahan direkomdendasikan ,  hindari makanan yang dilarang untuk ibu hamil dan tidak mengkonsumsi garam terlalu banyak.Untuk ibu hamil semakin baik jika rajin melakukan kontrol kehamilan, karena kondisi kesehatan anda dan janin akan terus terpantau, termasuk minta nasehat jika terjadi peningkatan tekanan darah.(Berbagai Sumber)

Terimakasih telah membaca artikel Penyebab dan mengatasi darah tinggi pada Ibu Hamil. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Kehamilan, Kesehatan, Tips Sehat, Wanita and tagged , , , .

Komentar: