Penyebab dan mengatasi anak susah makan

Penyebab dan mengatasi anak susah makan – Dimanapun orang tua pasti repot jika Penyebab dan mengatasi anak susah makanmendapati anak kesayangannya susah makan. Kejadian seperti ini mungkin banyak dialami hampir semua ibu yang mengurus anaknya setiap hari . Ada banyak faktor yang menyebabkan anak menjadi susah makan. Ada yang susah makan sejak mulai besar atau ada juga anak yang memang sejak kecil sedikit agak sulit ketika diberi makan.

Perkembanganan bayi pada usia 0 – 1 tahun  lebih pesat,dari pada ketika ia sudah berusia diatas 1 tahun – 6 tahun dan terus  melambat seiring bertambahnya usia. Dan ini juga berpengaruh pada selera makan yang juga akan menurun serta susah makan. Pada usia balita, anak kita sedang tumbuh, dia akan belajar berjalan, bicara, lari dan juga berinteraksi dengan lingkungannya. Pada usia ini anak sangat banyak membutuhkan energi cukup untuk aktifitasnya tersebut.

Berikut Penyebab dan cara mengatasi anak susah makan

Biasakan makan sejak dini

Setelah saatnya anak membutuhkan makanan pendampign ASI, yaitu pada usia 6 bulan harus sudah dibiasakan makan makanan padat pendamping asi.Buat jadwal pemberian makanan padat  misal 3 kali atau sampai 5 kali sehari.Tidak perlu harus banyak, asal teratur  dan tidak  sampai lupa memberikan makanan saat dimana ia seharusnya  makan.Ini adalah masalah pembiasaan, jika ini tak dibiasakan sejak dini, kemungkinan besar ia akan semakin sulit seiring bertambahnya usia.Berikan ia makanan padat berupa bubur halus pada 6-8 bulan, dilanjutkan dengan bubur tim dan lauk.Ikuti petunjuk pemberian makanan yang tepat untuk balita.

Teralihkan oleh mainan

Selain itu, ketika anak menginjak usia balita, dia secara perlahan akan mulai sangat tertarik dengan semua di sekitarnya, termasuk dalam permainan. Ini juga bisa menjadi penyebab anak susah makan. Siasati  dengan memberikan variasi makanan yang sangat disukainya.Ajaklah dia sambil jalan-jalan kalau perlu, agar ia merasa tenang dan senang sehingga lebih bernafsu makan.

Kapasitas perut anak

Juga masing-masing anak mempunyai kapasitas perut yang berbeda. Untuk balita dengan muatan perut yang tidak terlalu besar, bisa menjadi penyebab anak susah makan. Ini bisa kita atasi dengan pemberian makanan yang tidak terlalu banyak, tetapi dengan nilai makanan sehat serta gizi yang mencukupi. Biasanya, balita bisa makan beberapa kali dalam sehri, ini sangat bervariasi, bisa 3 kali sampai 6 kali sehari.

Jenis makanan yang diberikan

Penyebab Anak susah makan juga bisa  karena jenis makanan yang kita berikan. Bisa terjadi, anak tidak suka dengan rasanya atau aromanya mungkin. Atau kondisi makanannya, bisa karena terlalu panas atau bahkan terlalu dingin, kita bisa sangat memperhatikan hal ini. Dan paling sering, balita tidak suka dengan makanan yang semua campur jadi satu dalam piring. Nasi, sayur dan buah bisa kita tempatkan dalam wadah yang berbeda. Juga pada pilihan potongan, usahakan untuk tidak terlalu besar, ukuran potongan yang kecil akan lebih disukai anak.

Jangan berikan makanan cepat saji/camilan berpenyedap tinggi

Jangan sering diberikan camilan/jajanan yang tidak sehat.Misalnya banyak mengandung zat penyedap makanan, atau bahan pegawet lainnya.Lebih baik diberi jajanan yang dibuat sendiri atau olahan pabrik yang lebih sehat.Termasuk jangan sering atau tidak samasekali memberikan jukfood pada anak.Rasa dari makanan makanan seperti itu akan menipu lidah anak, sehingga ketika ia diberi makan nasi akan merasa tidak enak.

Kondisi dan situasi

Suasana juga akan berpengaruh pada selera makan anak. Sebagai orang tua, tentunya kita akan tahu, situasi seperti apa yang paling disukai anak kita bila sedang makan. Selain itu, kondisi anak juga berpengaruh pada nafsu makannya. Bila terlalu lelah, anak akan menjadi lebih susah untuk makan.

Dari beberapa hal diatas, mungkin ada salah satu atau beberapa yang menyebabkan anak menjadi lebih sulit makan.

Dengan mengetahui penyebabnya,  maka kita akan mengetahui solusi mengatasinya.Dan selanjutnya kita tidak terlalu pusing lagi untuk urusan anak susah makan ini.

Terimakasih telah membaca artikel Penyebab dan mengatasi anak susah makan. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Merawat Bayi and tagged .

Komentar: