Penyebab dan mengatasi sulit buang air besar setelah melahirkan

Cara mengatasi buang air besar setelah melahirkanSulit buang air besar/sembelit setelah melahirkan terkadang seperti suatu hal yang dikhawatirkan oleh banyak ibu hamil.Ada beberapa hal yang dapat memicu sembelit pasca melahirkan.Obat pereda rasa sakit yang diberikan pasca melahirkan bisa menjadi penyebabnya.Vitamin yang diberikan sebelum hamil yang tidak dihentikan, jika masih menyusui juga bisa menjadi penyebabnya.Namun menghentikan minum pil vitamin ini tidak direkomendasikan, sebaiknya berkonsultasi jika ingin mengganti dengan formula lain sejenis.

Masalah psikis juga dapat menyebabkan sembelit, yaitu karena kekhawatiran dengan jahitan akibat caesar atau jahitan pada ms v.Cobalah hilangkan kekhawatiran itu dengan tetap rilex tanpa berfikir jahitan akan sobek atau rasa sakit yang ditimbulkan akibat kontraksi.Sebenarnya hal itu tidak akan mengakibatkan sobeknya jaitan, namun mungkin hanya sedikit rasa sakit.Konsultasikan dengan dokter, jika anda masih merasa khawatir karena mengenai sesuatu sebab yang lain seperti ambeien.

Penyebab lain adalah  terganggunya sistem pencernaan , akibat lain-lain dari cara mengkonsumsi makanan saat pasca melahirkan.Sehingga saluran pencernaan benar benar tersumbat.

Berikut tips mengatasi sulit besar setelah melahirkan:

1. Olahraga secara teratur.

Tidak perlu berolahraga keras, apalagi anda habis melahirkan.Cukup berjalan jalan saja disekitar rumah Anda.

2. Minum banyak air.

Minumlah air putih sesuai dengan kebutuhan orang dewasa, yaitu sekitar 8 gelas sehari.Kalau perlu di selingi dengan jus buah-buahan dan sayuran.Minum air lebih banyak dapat membantu feses agar  mengandung air sehingga lebih mudah dikeluarkan.

3. Minum  suplemen vitamin dan mineral yang tepat selama kehamilan.

Penelitian menunjukkan bahwa jika wanita hamil harus mengambil suplemen kalsium, pilihlah yang mudah larut.Antasida (antacids) yang mengandung aluminium juga bisa menimbulkan sembelit jadi pastikan untuk menghindarinya.Berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengambil suplemen untuk memastikan keamanannya.

4. Bahan/obat Pelunak tinja.

Sebagian wanita hamil mungkin perlu mengambil pelunak tinja untuk menghilangkan sembelit.Pelunak tinja bekerja sebagai surfaktan untuk menurunkan tegangan antara dinding usus dan tinja sehingga buang air besar semakin lancar.

5. Makan makanan berserat dan berkarbohidrat.

Semua biji-bijian berserat tinggi  bisa anda coba konsumsi dalam bentuk olahan seperti, sereal gandum, roti, beras merah, segala sesuatu yang dibuat dari beras, oat, ataupun juga biji rami.

6.Makan Buah dan Sayuran yang segar

Makan buah buahan atau sayuran yang bertekstur kasar yang umumnya renyah dan bisa dimakan beserta kulitnya.Usaha kan buah tersebut tidak dimasak dengan sangat matang, asal masih renyah pada saat digigit.

Terimakasih telah membaca artikel Penyebab dan mengatasi sulit buang air besar setelah melahirkan. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Kehamilan, Wanita and tagged , .

Komentar: