Penyebab dan cara mengobati Kista Ovarium


Penyebab dan cara mengobati Kista Ovarium – Jika Anda mendengarkan wanita yang memiliki kista ovarium, siaplah untuk mendengar beberapa cerita yang sulit berikut.

“Saya memiliki ovarium polikistik,” kata seorang penderita. “Ketika akhirnya kista pecah, rasanya seperti kematian.”

“Saya tidak pernah merasakan sakit seperti ini sebelumnya dalam hidup saya dan saya sakit perut saya,” kata seorang wanita muda. “Saya didiagnosis dengan kista pada indung telur kanan saya.”

“Setelah banyak tes dokter menemukan bahwa saya memiliki kista ovarium yang parah,” kata yang lain. “Ini mengirim saya ke rumah sakit,  dan saya pikir saya sedang sekarat.”

Pengobatan standar untuk kista ovarium meliputi menunggu, pil KB dan pembedahan. Jika tidak ada pilihan yang terdengar menarik bagi Anda, ada terapi alami yang dapat Anda coba.

Jenis utama lainnya dari kista ovarium adalah kista patologis, yang tumbuh dalam ovarium. Ini yang bisa berbahaya atau kanker.

Apa saja Gejala-gejala Kista Ovarium?

Mayoritas kista tidak menimbulkan suatu gejala. Jika memang ada gejala yang terjadi, mungkin seperti berikut:

  • Ketidakteraturan atau sakit selama periode menstruasi
  • Nyeri pada panggul
  • Nyeri pada saat buang air besar atau berhubungan seksual
  • Terasa Mual, muntah, atau nyeri payudara
  • Kekenyangan atau terasa berat di perut
  • Tekanan pada rektum atau kandung kemih(untuk buang air kecil)

Gejala yang lebih serius mungkin akan menimbulkan rasa sakit yang disertai demam, muntah, pingsan, pusing, napas cepat, atau tiba-tiba sakit perut parah. Kista yang pecah dapat menyebabkan sakit parah dan menyebabkan perdarahan dalam. Sementara itu kista  yang terbentuk setelah menopause dapat menyebabkan kanker, dan melakukan pemeriksaan ginekologi secara teratur amatlah penting.

Pengobatan standar

Dokter  mungkin mendiagnosis kista ovarium melalui pemeriksaan panggul, tes kehamilan, USG panggul, tes darah, atau laparoskopi. Pengobatan standar kista ovarium meliputi:

Lihat Juga :  Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Menunggu:

Kebanyakan kista akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan, sehingga selama Anda tidak mengalami gejala yang merepotkan,  menunggu adalah cara terbaik.

Pil KB:

Ini dapat mengurangi risiko kista untuk lebih berkembang karena akan menghentikan ovulasi. Pil KB juga mengurangi risiko kanker ovarium.

Bedah:

Jika kista menjadi besar dan menyakitkan, dokter dapat merekomendasikan pengangkatan melalui operasi.

Jika dokter menemukan massa kistik adalah kanker, maka  kemungkinan besar dokter akan merekomendasikan histerektomi untuk mengangkat ovarium dan rahim.

Pilihan Pengobatan Alami Kista Ovarium

Meskipun penelitian ilmiah tentang pengobatan alternatif untuk kista ovarium sangat sedikit, banyak orang telah menemukan solusi alami yang dapat bekerja. Anda mungkin perlu sedikit trial and error untuk melihat apa yang mungkin efektif bagi Anda.

Menyeimbangkan hormon alami:

Satu teori adalah bahwa kelebihan estrogen atau ketidakseimbangan hormon lain mungkin menjadi penyebab pembentukan kista ovarium. Untuk mengurangi estrogen, hindari makanan dari kedelai, hanya makan daging dan susu organik, menghindari BPA dalam plastik, dan menggunakan produk perawatan pribadi alami dan deterjen. Anda juga dapat pergi ke dokter holistik dan membicarakan tentang cara-cara lain untuk menyeimbangkan hormon Anda.

Detox:

Jika Anda banyak terkena racun dalam kehidupan sehari-hari , Anda mungkin perlu detoks. Coba dandelion atau milk thistle untuk membantu  hati dalam membersihkan racun dari dalam tubuh, yang mungkin dapat membantu mengurangi gejala. Milk thistle juga dapat menyeimbangkan estrogen dan progesteron.

Pertimbangkan diet vegetarian atau mentah:

Beberapa studi telah menyarankan hubungan antara diet dan kista ovarium, terutama pada wanita yang secara teratur mengkonsumsi lemak dari sumber hewani (daging dan susu). Cobalah memotong kembali pada makanan ini dan melihat apakah yang membantu, atau mempertimbangkan untuk bekerja dengan ahli gizi.

Lihat Juga :  Manfaat dan Khasiat Kurma menurut Medis

Membantu tubuh untuk menghancurkan kista:

Terapi alami untuk membantu tubuh dalam memecah kista adalah termasuk terapi enzim, yaitu yang dapat memecah jaringan asing dalam tubuh, dan paket minyak jarak yang diterapkan pada kulit untuk merangsang penyembuhan.

Suplemen:

Oil suplement yang kaya asam gamma-linolenat dapat membantu mengatur ketidakseimbangan hormon. Suplemen seperti vitamin E dan minyak ikan juga dapat membantu penyembuhan.

Pengobatan rumah:

Madu lebah Apis mellifica dapat membantu mengobati kista ovarium, dan Bellis perennis adalah mengandung zat anti-inflamasi yang dapat membantu mengecilkan kista.

Minum lebih banyak air dengan lemon:

Lemon dapat  membantu untuk  mengeluarkan racun dari tubuh dan akan membantu tubuh untuk melaksanakan fungsi keseluruhan yang lebih sehat. (sumber:renegadehealth.com)

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: