Penyebab dan Cara mengatasi sulit tidur,Insomnia?

Penyebab dan cara mengatasi sulit tidur atau insomniaPenyebab dan Cara mengatasi sulit tidur,Insomnia? – Insomnia adalah gejala yang disebutkan untuk keadaan seseorang yang sulit untuk tidur. Insomnia ini meliputi gejala sulit saat mau tidur atau tidak bisa mempertahankan tidur.

Penyebab sulit tidur atau insomnia

Penyebab susah tidur ini bermacam macam, baik karena masalah fisik dan psikologis, misalnya stress. Kebiasaan tidur yang tidak teratur juga menyebabkan seseorang kemudian menjadi sulit tidur. Berikut beberapa penyebab kesulitan tidur:

Perut kembung

Hindarilah makan yang terlalu banyak pada saat menjelang tidur, karena organ pencernaan juga perlu istirahat ketika seseorang tidur.

Stress

Stress adalah gangguan perilaku yang disebabkan oleh permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang yang mengalami stress biasanya akan  gelisah dan depresi, sehingga pada saat mau tidur ia terus memikirkan apa yang harus dilakukan besok.

Kafein

Kafein adalah zat yang bisa membuat seseorang akan selalu terjaga. Kafein umumnya biasa diperoleh dari minum kopi dan beberapa minuman energi/makanan lain.

Tubuh terlalu banyak energi

Jika pada siang hari energi anda tidak banyak yang dikeluarkan, maka bisa jadi pada malam hari anda akan merasa kesulitan tidur. Jadi jangan terlalu banyak tidur  pada siang hari, jika tak ingin kesulitan tidur pada malam harinya. Hindari konsumsi gula atau minuman berenergi pada saat menjelang tidur.

Cara mengatasi gangguan sulit tidur/insomnia tanpa harus menggunakan obat obatan

Jika anda suka mengambil jalan pintas untuk mengatasi sulit tidur dengan cara minum obat tidur, maka anda semakin sulit untuk terlepas dari masalah sulit tidur. Obat justru akan membuat ketergantungan, yaitu semakin tak bisa tidur jika tidak minum obat tidur. Untuk itu sebaiknya mengatasi sulit tidur dengan cara mengenali penyebabnya, dan tanpa mengunakan obat.

Berolahraga

Beberapa penelitian menyebutkan berolahraga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Namun Olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari,  bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan rutin berolahraga, metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga kesehatan menjadi lebih optimal . Dengan demikian tubuh akan lebih mudah untuk melawan stress .

Menghindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur.

Makan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman(kembung), akibatnya akan menganggu tubuh sehingga tak bisa tidur. Sementara kebanyakan minum sebelum tidur, akan menyebabkan sering merasa ingin buang air kecil.

Tidur dalam lingkungan yang nyaman.

Saat tidur, matikan lampu, matikan alat-alat yang bisa menimbulkan kebisingan suara. Dan pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur.

Jauhkan jam dari pandangan

Jauhkan jam meja dari pandangan anda. Menaruh jam dekat dengan pandangan justru dapat membuat anda cemas, karena masih juga belum terlelap padahal jarum jam kian larut. Kecemasan seperti ini pada akhirnya akan membuat anda semakin susah tidur.

Mengurangi konsumsi minuman yang bersifat stimulan

Jangan konsumsi makanan miuman yang bisa  membuat anda terjaga, seperti teh, kopi, dan alkohol. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga, yang tentu saja tidak diperlukan bila ingin tidur.

Minum susu hangat

Minumlah susu hangat sebelum tidur, karena ini bisa membuat rileks tubuh anda sehingga lebih mudah tidur.

Mandi dengan air hangat

Air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, air hangat juga dapat mengurangi ketegangan tubuh, dan ini sangat bagus dibiasakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi insomnia.

Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur

Jangan menonton TV atau membaca buku, minimal satu jam sebelum tidur.
Gunakan tempat tidur, hanya untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan ditempat tidur. Saat berbaring di tempat tidur,  maka akan timbul rangsangan untuk tidur.

Melakukan aktivitas relaksasi secara rutin

Boleh mendengar musik yang bisa membuat rileks, boleh dilakukan untuk membantu proses relaksasi. Melatih pernafasan atau meditasi juga bisa membantu untuk memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh,  sehingga tubuh anda bisa menjadi lebih santai. Keadaan seperti ini akan mempermudah Anda untuk tidur

Menjernihkan pikiran.

Hilangkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran, pecahkan segera masalah anda agar tidak menimbulkan stress dan pemikiran tanpa ujung.

Atur jam tidur

Biasakan tidur sesuai dengan periode waktu yang teratur.. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu-waktu tidur selanjutnya.

Hari ini tidur jam 21:00, besok tidur jam 23:00 dan lusa tidur pukul 02 :00 dinihari. Jam tidur seperti inilah yang disebut dengan kacau.

Terimakasih telah membaca artikel Penyebab dan Cara mengatasi sulit tidur,Insomnia?. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Curhat, Gaya Hidup and tagged , .

Komentar: