Penyebab dan cara mengatasi sperma encer


Ciri pria yang memiliki kualitas sperma burukSemen adalah cairan yang dikeluarkan oleh tubuh Pria saat terjadi ejakulasi, dan sperma adalah sel-sel yang bergerak yang berada dalam air mani yang bisa menyebabkan pembuahan terhadap sel telur wanita. Rata-rata  hanya 5 % saja volume air mani yang terdiri dari sel sperm , dan sebanyak 25-50 % dari sperma yang mati atau abnormal dan tidak bisa membuahi.

Untuk mengetahui penyebab mani encer, maka perlu untuk mengerti bagian semen yang lebih solid, dan mengapa air mani tidak bisa berada dalam kekentalan yang tepat.

Ada empat bagian utama dari sistem reproduksi laki-laki yang berkontribusi terhadap pembentukan sperma. Testis adalah organ reprodulsi Pria yang bertanggung jawab untuk menyediakan sperma yang bertujuan untuk membuahi sel telur. Sperma atau air Mani berisi zat yang kaya akan fruktosa gula. Cairan fruktosa ini berjumlah lebih dari 50 % dari total volume air mani, dan fruktosa adalah zat yang digunakan sebagai bahan bakar bagi sperma. Kelenjar prostat menberikan sekitar 25% dari total volume semen, dan tujuannya adalah untuk menetralisir keadaan asam dalam vagina wanita. Jika bagian ini hilang dari air mani , maka sperma akan mati karena keasaman vagina – dan tentunya tak akan terjadi pembuahan. Kontributor terakhir terhadap sperma adalah kelenjar Cowper , yang berguna sebagai pelumas untuk meningkatkan kecepatan keluarnya sperma dari tubuh. Hal ini akan memungkinkan sperma agar dapat bereang lebih dalam kedalam organ reproduksi wanita, sehingga semakin meningkatkan peluang untuk pembuahan.

Berikut beberapa penyebab dan solusi sederhana mengatasi sperma encer dan jernih:

1 . Kurangnya jumlah sel sperma

Penyebab paling umum dari sperma encer adalah terlalu sering ejakulasi. Pada individu yang sangat aktif secara seksual, atau individu yang sering melakukan masturbate , maka testis tidak memiliki cukup waktu untuk menghasilkan produksi sel sperma. Rata-rata sel sperma membutuhkan waktu untuk matang adalah 70 hari, dan siap untuk dikeluarkan . Meskipun setiap terjadi ejakulasi tidak akan mengosongkan semen dari dalam testis, namun karena sering ejakulasi maka testis akan kosong dan tidak dapat memberikan sel sperma. Satu-satunya cara untuk mengembalikan kondisi adalah menghindari terlalu sering ejakulasi untuk sementara waktu. Ada kemungkinan juga tubuh kekurangan seng yang dapat mengakibatkan jumlah sel sperma rendah. Jika sperma encer dipastikan bukan dikarenakan keseringan ejakulasi , maka pastikan Anda mendapatkan asupan nutrisi yang tepat setiap hari.

Lihat Juga :  Top 5 penyakit yang menurunkan hasrat seksual atau libido Anda!

2 . Kekurangan Fruktosa

Fruktosa diperoleh oleh tubuh terutama dari buah-buahan dan sayuran . Ada beberapa kondisi yang bisa membuat tubuh kekurangan fruktosa, sehingga menyebabkan air mani encer. Dalam hal ini, penyebab mani encer bisa jadi Anda kurang makan karbohidrat dan tubuh mendapat gula yang diperlukan. Pertama – diet yang kurang energi bisa menyebabkan air mani kekurangan fruktosa. Kedua – olahraga /aktifitas fisik yang berlebihan seringkali dapat menyebabkan kondisi ini , karena tubuh sebagian besar menggunakan gula untuk mendapatkan energi. Dalam banyak kasus, solusinya adalah dengan banyak makan buah dan sayuran .

3. Penggunaan obat, kurang tidur dan stres

Kelebihan minum alkohol, merokok, stres, sering kurang waktu istirahat dimalam hari, sering mandi air panas, dan penyalahgunaan obat psikoaktif juga dapat mempengaruhi kualitas sperma. Ini adalah faktor yang sangat memungkinkan penyebabkan mani encer, selain kedua faktor yang telah kita bahas diatas. Jika Anda perokok dan peminum minuman keras atau pengguna obat psiko aktif, maka langkah bijaksana untuk meninggalkannya demi kualitas sperma untuk segera mendapat keturunan.

4. Penyebab lain:

Sakit atau menderita Penyakit infeksi menular seksual seperti seperti gonorhoe juga bisa menurunkan kualitas sperma, sehingga membuat Istri Anda sulit hamil. Dalam beberapa kasus, air mani yang encer atau abnormal disebabkan oleh suka tidur dengan menggunakan pakaian yang terlalu mengikat(Ketat). Pakaian dalam yang terlalu ketat dapat menyebabkan ruang produksi sperma menjadi kurang optimal, untuk itu kendorkan pakaian Anda pada saat tidur malam.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: