Penyebab dan Cara mengatasi Nyeri Payudara saat Hamil


Penyebab dan Cara mengatasi Nyeri Payudara saat HamilNyeri payudara bisa terjadi pada saat trimester kehamilan pertama, kedua ataupun trimester ketiga. Nyeri payudara yang terjadi pada tahap akhir kehamilan biasanya juga sebagai pertanda awal, bahwa payudara Anda sudah siap untuk menghasilkan air susu sesaat setelah melahirkan. Sementara itu banyak dari ketidaknyamanan kehamilan ini yang dikarenakan fluktuasi hormon, dengan sedikit pengetahuan dan perawatan, Anda dapat mengurangi nyeri payudara selama kehamilan.

[Baca Juga: Makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan AS) ]

Berikut tentang rasa nyeri dan sakit pada payudara yang terjadi selama usia kehamilan

Trimester pertama

Payudara yang lembut seringkali menjadi sinyal pertama jika Anda sedang hamil, yang biasanya terjadi sekitar dua minggu setelah pembuahan. Pada saat ini, tingkat estrogen dan progesteron tubuh siap naik ke payudara untuk memproduksi air susu. Juga, segera setelah Anda hamil, saluran air susu di payudara ukurannya akan mulai berkembang. Hal ini memang bisa menimbulkan rasa sakit atau nyeri. Pada Trimester pertama, rasa nyeri  biasanya terasa mirip dengan nyeri yang terjadi pada saat siklus menstruasi .

Trimester kedua

Selama trimester kedua, ukuran payudara Anda terasa meningkat. Hal ini karena tubuh Anda sedang mempersiapkan tempat untuk menyimpan susu bagi bayi Anda, dan juga menyimpan banyak lemak di payudara. Rasa nyeri payudara pada selama trimester pertama bisa menurun secara alami pada periode kehamilan ini. Namun, puting Anda bisa menjadi sangat lembut, dan akan tetap dalam keadaan demikian hingga akhir kehamilan.

Trimester ketiga

Pada Trimester ketiga, payudara secara keseluruhan akan berubah menjadi lembut lagi. Hal ini disebabkan oleh hormon baru yaitu prolaktin, yang merangsang kelenjar susu untuk memproduksi kolostrum, yang merangsang payudara untuk menghasilkan susu. Selama trimester ini, payudara Anda akan terasa berat dan penuh. Dan akan semakin bertambah berat hingga saatnya akan melahirkan.

Lihat Juga :  Tips Cara Bercinta Agar Cepat hamil

Pengobatan

Rasa Nyeri pada payudara selama kehamilan pada umumnya tidak bisa dihindari, akan tetapi Anda bisa mengambil langkah-langkah untuk meringankannya.
Mengenakan bra yang mendukung, adalah cara awal untuk mengatasi rasa nyeri ini. Namun bra yang sangat pas yang tidak dapat mendukung payudara justru hanya akan memperburuk kondisi. Ingat, payudara Anda ukurannya akan meningkat selama kehamilan, sehingga bra dengan dukungan yang memadai akan menjadi kunci bagi kenyamanan Anda. Menurut situs Cleveland Clinic, mengenakan bra pada malam hari pada saa tidur juga dapat mengurangi ketidaknyamanan ini. Perlakukanlah dengan baik payudara Anda pada saat mandi. Penggunaan Waslap yang kasar, serta menggosok yang terlalu kuat akan mengiritasi puting Anda yang sudah menjadi lembut. Cucilah dengan lembut, dan bilas dengan hati-hati untuk menghindari tambahan rasa sakit.

Peringatan

Nyeri payudara yang terasa berbeda dari biasanya(jauh lebih parah), atau yang disertai dengan kulit merah, ruam atau masalah lain harus dievaluasi oleh dokter Anda. Saluran susu bisa saja terinfeksi dan memerlukan pengobatan secepatnya. Jika payudara Anda meradang dan panas bila disentuh, segeralah untuk menghubungi spesialis medis Anda.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: