Penyebab dan Cara mengatasi cegukan

Penyebab dan cara mengatasi cegukanPernah mengalami cegukan?,,,,saya yakin setiap orang pasti pernah mengalami cegukan, bahkan saat mulai bayi.Cegukkan(hiccups)  biasanya akan hilang sendiri dalam waktu beberapa menit , bahkan jam.Cegukan ini terjadi karena adanya kontraksi tiba-tiba pada diafragma yang tanpa disadari tanda akan kedatangannya, dan ini biasanya akan terjadi secara berulang-ulang.Jika cegukan terjadi pada bayi, tips cara mengatasinya Baca Disini!.

Penyebab cegukan:

Menelan terlalu banyak saat makan atau makan terlalu cepat bisa mengakibatkan cegukan.
Minum alkohol yang terlalu banyak.
Adanya perubahan suhu mendadak pada perut, karena tiba tiba makan/minum air dingin setelah makan/minum yang panas.

Cara Mengatasi cegukan

Sebenarnya cegukan akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa menit/jam.Jika anda merasa sangat terganggu dan segera ingin keluar dari penderitaan akibat cegukan, berikut caranya:

1.Minum air hangat dan dengan menahan nafas saat menelannya, ulangi sampai cegukan mulai terasa menghilang/berkurang.
2.Menahan nafas dengan cara dihitung perlahan dari hitungan 1 – 10.

Anda mungkin Perlu tahu

Cegukan yang wajar akan berhenti sendiri dalam tempo beberapa menit atau jam.Namun, ada cegukan yang bisa berlangsung lebih dari 48 jam, yaitu disebut dengan istilah kedokteran persistent hiccups atau cegukan terus-menerus. Dan bahkan ada Cegukan yang bisa bertahan lebih lama lagi, bahkan lebih dari sebulan, yang disebut intractable hiccups atau cegukan keras. kalau yang ini sih sangat jarang terjadi, cegukan keras dapat menyebabkan kelelahan karena pasti anda sulit tidur, dan akibatnya akan menurunkan berat badan. Jika Anda mengalami cegukan lama diatas, sebaiknya periksa kedokter, karena bisa jadi sebagai pertanda masalah kesehatan serius.

Terimakasih telah membaca artikel Penyebab dan Cara mengatasi cegukan. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Kesehatan and tagged .

Komentar: