Discomgoogolation,Penyakit Kecanduan Internet


enyakit Kecanduan InternetDiscomgoogolation,Penyakit Kecanduan Internet — Bukan hanya zat-zat tertentu saja yang bisa membikin sesorang kecanduan.Ternyata Internetpun bisa membuat seseorang kecanduan, laksana kecanduan tembakau yang mengandung zat adiktif .Kecanduan biasanya ditandai bingung bahkan stress jika beberapa saat saja tidak menemukan zat-zat tersebut.

Era sekarang ini sudah merupakan hal yang lumrah jika seseorang sedang asyik dan lupa ketika berada didalam dunianya.
Ketika keasyikan itu menjadi sesuatu jebakan, dimana seolah harus melakukannya berulang- ulang sampai pada merubah pola hidup yang normal menjadi tidak teratur.Bahkan sampai bisa dikatakan menjadi lupa diri, maka jika demikian kita sudah bisa katakan sebagai sebuah kecanduan.

Bagi sebagian orang, internet adalah salah satu media untuk meningkatkan produktifitas bekerja, meningkatkan kemampuan, sebagai sumber pustaka tanpa batas dan bahkan beberapa menjadikan internet sebagai lahan bisnis yang menggiurkan.Namun bagi sebagian yang lain, internet justru membawa dampak negatif yang sering kita sebut sebagai kecanduan internet.

Berdasarkan studi yang dilakukan terus menerus, kini psikolog mengungkapkan sebuah penyakit baru terkait dengan perilaku kecanduan internet.

Menurut studi, para penderita terindikasi ketergantungan internet ini menyandang penyakit baru dengan istilah Discomgoogolation, yang didefinisikan sebagai perasaan stress dan kegelisahan saat tak bisa segera terhubung dengan akses informasi cepat.

Discomgoogolation sendiri merupakan gabungan dari Discombobulate yang artinya frustasi atau bingung. Sementara kata googolation konon diambil dari istilah googling atau mencari informasi lewat mesin pencari Google.

Kemudahan yang ditawarkan dunia broadband telah menciptakan budaya baru yaitu jawaban instan (melalui mesin cari di internet). Sebuah galaksi informasi yang hanya perlu satu kali klik, dan membuat manusia sangat tergantung, ujar psikolog, Dr. David Lewis.

Lihat Juga :  Cara agar facebook aman, tidak bisa dihack

Labih lanjut menurut Dr.Lewis, efek fisik yang ditimbulkan dari Discomgoogolation ini juga tak main-main. Cukup mengejutkan melihat efek stress yang dibawa penyakit ini ” aktivitas otak dan tekanan darah meningkat karena terisolir dari internet, tandasnya.

Apakah yang Anda rasakan dengan Internet?,,,apakah anda merasa seperti pada kriteria-kriteria diatas?,,,,kayaknya memang harus segera menyadari nih,,,,,

Berikan komentar Anda: