Pentingnya minum air putih bagi tubuh


Pentingnya minum air putih bagi tubuhAir adalah nutrisi penting untuk kehidupan. Tubuh Anda terdiri hampir tiga perempat air, dan air memiliki beberapa fungsi penting yang akan memungkinkan tubuh Anda untuk berfungsi. Untuk menjaga kecukupan tingkat kadar air dalam tubuh, penting untuk minum beberapa cangkir air setiap hari. Selain air dalam bentuk minuman, sejumlah besar air juga bisa dapat dari makanan yang Anda makan.

Berikut Pentingnya kegunaan air bagi tubuh kita

Untuk proses Pencernaan Dan Transportasi nutrisi

Air berperan penting bagi proses pencernaan dan transportasi nutrisi keselutuh tubuh Anda. Proses kimia pemecahan protein dan karbohidrat didalam perut juga membutuhkan air. Pencernaan dimulai di mulut dengan air liur, yang terutama air. Sisa metabolisme dikeluarkan dari tubuh Anda juga dalam bentuk air sebagai urin. Nutrisi yang berguna diedarkan melalui darah, yang terutama juga air.

Mengontrol suhu

Air adalah media yang baik untuk mengatur suhu. Air membantu tubuh agar tetap dalam kisaran sempit suhu yang diperlukan untuk bisa hidup. Karena tubuh kita terdiri dari sebagian besar air, maka tubuh mampu mencegah kehilangan panas yang sangat cepat. Air juga membantu untuk membuat tubuh tetap dingin. Penguapan keringat akan membantu mendinginkan permukaan kulit. Menurut para ilmuwan di University of Nebraska, Kita kehilangan hingga setengah liter air melalui keringat setiap hari,  bahkan tanpa aktivitas fisik yang berat.

Menjaga Struktur tubuh

Manfaat penting air dalam tubuh lainnya adalah menyediakan struktur yang melindungi organ-organ vital. Mata, otak dan sumsum tulang belakang,  semua duduk dalam lapisan cairan pelindung yang sebagian besar terbuat dari air. Tanpa hambatan cairan, benjolan kecil dan getaran akan menyebabkan kerusakan struktural bagi organ-organ lembut dan sensitif. Air adalah bagian penting dari pembuatan struktur tubuh yang lebih tahan lama dan mampu menahan secara signifikan aktivitas fisik yang berdesak-desakan selama kehidupan bahkan harian. Air juga penting bagi jaringan yang memungkinkan gerakan sendi yang halus.

Lihat Juga :  Cara Mengobati Kurang darah secara Alami

Mencegah Dehidrasi

Alasan yang paling mendesak untuk segera minum air adalah untuk menghindari dehidrasi. Jika Anda terlalu lama tanpa hidrasi yang memadai, maka Anda akan segera mengalami hilangnya fungsi motorik dan keterampilan kognitif. Kondisi terburuk adalah hingga tidak sadarkan diri dan akhirnya bisa membawa kematian. Dalam kondisi normal tanpa air, Kita akan mati dalam waktu tiga hari . Aktivitas berat atau paparan sinar matahari aikan meningkatkan produksi keringat dan percepatan dehidrasi. Konsumsi alkohol dan minuman diuretik lain, termasuk kopi atau teh, akan meningkatkan kehilangan tingkat alami air dan juga akan mempercepat terjadinya dehidrasi.

Cara Mendapatkan Cukup Air

Ukuran jumlah air yang diperlukan bervariasi untuk setiap orang, karena gaya hidup dan aktivitas fisik yang berbeda. Disarankan untuk orang dewasa rata-rata minum setidaknya enam sampai delapan gelas setiap hari. Menurut Departemen Pertanian AS, orang dewasa rata-rata minum air antara sembilan dan 13 gelas air setiap hari termasuk semua jenis minuman. Sekitar 80 persen dari asupan total air berasal dalam bentuk makanan atau minuman lain yang membuatnya menjadi naik hingga sekitar 19 persen.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: