Pengobatan prostat dan beta-karoten, Amankah?


Amankah betakaroten untuk pasien terapi kanker prostatBanyak kekhawatiran keamanan tentang pengobatan kanker prostat dan penggunaan  suplemen betakaroten. Meskipun demikian, suplemen antioksidan beta-karoten, aman digunakan selama perawatan terapi radiasi untuk kanker prostat, dan ini tidak akan meningkatkan risiko kematian kanker prostat atau metastasis, menurut sebuah penelitian.

Penggunaan Antioksidan Beta-karoten adalah Aman Untuk Mengobati Kanker Prostat

Penggunaan suplemen vitamin dan antioksidan adalah umum, tetapi keamanan menggunakan suplemen antioksidan selama perawatan radiasi untuk kanker prostat sekarang masih kontroversial.

Terapi radiasi bergantung pada efek pro-oksidan dari DNA, yaitu dengan merusak sel-sel tumor, namun  tidak mempengaruhi sel-sel yang normal. Namun, beberapa ilmuwan telah menyatakan bahwa suplemen antioksidan dapat melemahkan efek oksidasi radiasi dan berpotensi menyebabkan kambuhnya kanker.

Studi penelitian terhadap pasien kanker prostat terhadap antioksidan beta-karoten

Dalam studi terbesar sampai saat ini oleh peneliti yang diikuti 383 pasien kanker prostat yang secara acak akan menerima beta-karoten atau plasebo untuk menentukan apakah antioksidan bisa berpotensi melawan efek terapi pro-oksidan dan meningkatkan risiko kematian atau metastasis .

Titik akhir primer adalah kematian kanker prostat atau metastase tulang. Para peneliti tidak menemukan perbedaan hasil yang signifikan dapat mematikan antara pasien yang diberi beta antioksidan karoten dibandingkan dengan yang tidak.

“Studi ini menunjukkan bahwa suplementasi antioksidan dengan beta-karoten selama terapi radiasi tampaknya tidak mengurangi manfaat dari terapi radiasi yang dilakukan.”

Danielle Margalit, MD, MPH, penulis utama dalam penelitian dan onkologi radiasi di Dana-Farber Cancer Institute di Boston, mengatakan. “Hal ini juga menunjukkan bahwa pasien bisa terus makan diet seimbang makanan yang mengandung dengan sumber alami antioksidan pada jumlah yang disarankan sehari-hari.”(Source-Eurekalert)

Lihat Juga :  Bunga Cantik ini sangat BERBAHAYA karena Beracun kuat

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: