Pengobatan dampak gejala menopouse


Pengobatan dampak gejala menopousePengobatan dampak gejala menopouse – Menopause merupakan proses fisiologis alami setelah seorang wanita berhenti mengalami siklus menstruasi. Ini seharusnya tidak dianggap sebagai penyakit. Beberapa wanita mungkin akan mengalami berbagai gejala seperti panas tiba tiba, berkeringat di malam hari, dan perubahan suasana hati. Semua gejala tersebut disebabkan oleh karena perubahan hormonal yang berhubungan dengan menopause. Untuk itu Pengobatan dan beberapa terapi komplementer mungkin dapat mengontrol gejala-gejala dari menopause.

Berikut beberapa cara pengobatan untuk mengatasi gejala-gejala menopouse

 

Terapi penggantian hormon:

Terapi penggantian hormon (Hormone replacement therapy – HRT) dapat membantu untuk meringankan gejala menopause dengan jalan memperbaiki kadar hormon. Pada HRT Anda akan diberikan obat estrogen dengan dosis kecil. Jika Anda belum  histerektomi, maka  Anda akan diberikan HRT gabungan. Dalam menggabungkan HRT,  seperti obat progesteron yang diberikan bersama-sama dengan estrogen sebagai bagian dari HRT. Gabungan HRT dapat diberikan, baik sebagai terapi Sequential ataupun terapi kontinu.

Gabungan HRT – Sequential:

Gabungan HRT Sequential bisa juga diberikan kepada wanita perimenopause (yaitu wanita yang masih mengalami menstruasi meskipun sudah tidak menentu). Resep ini dirancang untuk mengikuti perubahan hormon dari siklus menstruasi normal dan untuk menghasilkan periode bulanan. Estrogen diberikan harian dan progesteron diberikan terakhir selama 12 sampai 14 hari siklus menstruasi.

Gabungan Kontinyu – HRT:

Wanita pasca menopause (seorang wanita yang sudah tidak mendapat bulanan alami selama setahun) diberikan kombinasi HRT terus menerus, karena ini lebih cocok bagi mereka. Ini akan diberikan estrogen dan progesteron setiap hari. Jenis HRT yang diberikan itu tidak menghasilkan bulanan.

Pemberian HRT:

HRT bisa diberikan dalam beberapa cara, tetapi pemberian secara oral adalah metode yang paling umum dilakukan. Metode lain pemberian HRT termasuk tempelan kulit, pelet kecil atau implan di bawah kulit, gel yang diterapkan setiap hari pada kulit, atau cincin yang dimasukkan ke dalam vagina, atau dalam bentuk semprot hidung.

Lihat Juga :  Dampak memakai jeans ketat bagi kesehatan

Efek samping dari HRT:

Beberapa efek samping yang umum pemberian HRT termasuk mual, nyeri payudara, berat badan, dan retensi cairan. Pada kebanyakan wanita efek samping akan berkurang secara bertahap setelah beberapa bulan pertama dilakukan pengobatan. Jika Anda mendapatkan efek samping yang signifikan dan terus-menerus disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ginekolog untuk penyesuaian obat.

Efektivitas HRT:

Menurut penelitian, HRT efektif untuk mengurangi gejala menopause seperti gejolak panas, vagina kering dan meningkatkan suasana hati. Namun itu harus diberikan selama beberapa bulan supaya gejala-gejala mulai membaik.

Risiko HRT:

Manfaat jangka panjang HRT dianggap seperti buah simalakama, karena ada banyak risiko yang bisa terkait dengan HRT. Beberapa risiko yang mungkin terkait dengan HRT seperti peningkatan risiko kanker payudara, penyakit jantung, stroke, pembekuan pembuluh darah (trombosis vena) dan kanker endometrium.

 

Jenis Pengobatan lain untuk Menopause

Tibolone: ‹‹Kemasan dari hormon steroid sintetis yang mengandung estrogen dan efek progesteron(dan juga beberapa efek testosteron).
Clonidine: Sebenarnya ini adalah obat untuk pengobatan tekanan darah,  tetapi dalam dosis kecil dapat meredakan gejolak panas.
Krim Estrogen dan pessaries: ini dapat meringankan kekeringan pada vagina
Obat Pelengkap: Beberapa ‘pelengkap’  obat perawatan medis tersedia untuk pengobatan gejala menopause. Banyak wanita menganggap obat ‘pelengkap’ ini memiliki efek samping dan risiko yang terkait dengan HRT. Black cohosh adalah pengobatan komplementer yang paling efektif dan paling banyak digunakan.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: