Penggunaan Handphone dapat menurunkan kualitas sperma


Sebuah hasil studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal medis terkemuka Fertility and Sterility, menyimpulkan bahwa menggunakan ponsel untuk jangka waktu yang lama secara signifikan dapat mempengaruhi kuantitas dan kualitas sperma pria. Menurut sumber, hal ini secara signifikan dapat menurunkan kemungkinan untuk hamil pada wanita pasangannya. Baca juga: Cara mengatasi mani encer

Alasan sering menggunakan ponsel akan berpengaruh negatif terhadap kualitas dan kuantitas sperma, sehingga sulit mendapat keturunan pada Pria:

Sumber penelitian

Penelitian yang dipimpin oleh Dr Agarwal, dari Pusat Penelitian Reproduksi, Glickman Urological Institute dan Departemen Obstetri Ginekologi –  Cleveland Clinic. Para peneliti yang berpartisipasi dalam penelitian yang  berjudul ” “Effect of cell phone usage on semen analysis in men attending infertility clinic: an observational study, ” percaya bahwa ada hubungan terbalik antara kuantitas dan kualitas sperma laki-laki terhadap frekuensi penggunaan ponsel .

Alasan dan hasil penelitian

Menurut penulis, ponsel bekerja pada pita frekuensi yang berkisar antara 400 MHz dan 2000 MHz. Dan Ponsel juga menyebarkan gelombang elektromagnetik frekuensi radio ( EMW ). Penelitian terbaru ini mengisyaratkan adanya kemungkinan frekuensi radio dapat mempengaruhi berbagai jaringan dan atau organ seperti otak, jantung, sistem endokrin, dan molekul DNA. Bukti ilmiah tidak konklusif, tetapi penggunaan ponsel yang ekstensif dikatakan mengakibatkan antara lain kelelahan dan sakit kepala .

Dalam penelitian ini, sampel semen dikumpulkan dari laki-laki yang mendatangi sebuah klinik infertilitas. Sampel semen dianalisis untuk dibandingkan dengan 8 parameter yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia(WHO),  sebagai parameter indikasi vitalitas pada sperma. Peneliti juga mencatat waktu penggunaan telepon, perkiraan waktu penggunaan, dan empat kelompok sesuai sesuai dengan perpanjangan waktu penggunaan ponsel yang diperoleh dengan cara memintanya kepada pasien. Pengelompokan berkisar pada penggunaan ponsel yang lebih dari 4 jam sehari .

Lihat Juga :  Dampak sering memukul anak setelah ia dewasa

Hubungan antara kualitas sperma dan penggunaan ponsel

Analisis statistik dari data yang ditemukan adanya korelasi yang kuat (hubungan kuat) antara jumlah dan kualitas sperma, serta waktu penggunaan ponsel pada orang-orang yang mengunjungi klinik infertilitas .

Hasilnya menunjukkan bahwa laki-laki dalam kelompok yang menggunakan ponsel lebih dari 4 jamdalam sehari,  mengalami jumlah, kelangsungan hidup dan pergerakan sperma yang lebh rendah.

Kesimpulan

Kemudian Studi ini menyimpulkan bahwa kesehatan sperma dipengaruhi secara negatif oleh penggunaan ponsel, dan mereka juga mempercayai bahwa fakta ini bisa menjadi penyebab penurunan kesuburan pada pria. Namun, mereka juga menunjukkan beberapa keterbatasan dalam studi mereka. Misalnya mereka hanya mengandalkan informasi yang diberikan oleh pasien tentang penggunaan ponsel, sehingga jumlah waktunya tidak valid secara ilmiah . Penulis juga mengatakan bahwa mereka tidak mengevaluasi terhadap paparan radiasi elektromagnetik dari sumber lain, seperti menara pemancar radio, PDA, perangkat Bluetooth, dan komputer.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: