Olahraga dapat menurunkan tekanan darah tinggi?


Olahraga dapat menurunkan tekanan darah tinggi? – Tekanan darah adalah kekuatan darah yang menekan terhadap dinding arteri. Jantung bekerja untuk memompa darah ke seluruh tubuh, yang dialirkan melalui jaringan pipa yang disebut pembuluh arteri. Setiap kali jantung memompa darah ke arteri dan kemudian masuk kedalam pembuluh darah kecil yang disebut kapiler. Kekuatan dari jantung yang memompa darah pada arteri itu akan menimbulkan apa yang disebut dengan tekanan darah.

Tekanan darah akan naik dan turun setiap hari. Tekanan darah tinggi adalah kondisi ketika tekanan darah tetap tinggi sepanjang waktu. Itu bisa mambuat pembuluh darah arteri menjadi semakin sempit atau kaku, dan ini akan memaksa jantung untuk memompa lebih keras lagi agar darah dapat mengalir keseluruh tubuh.

Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah pembunuh diam-diam – seringkali tidak menimbulkan gejala, bahkan walaupun kondisinya sudah parah. Dengan demikian seseorang bisa memiliki tekanan darah tinggi selama bertahun-tahun tanpa menyadarinya.

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol bisa menjadi masalah yang serius, karena dapat merusak banyak organ dalam tubuh. Hal ini karena akan membuat jantung bekerja terlalu keras dan dapat mengakibatkan aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah). Hal ini akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, dan juga dapat mengakibatkan kondisi yang lain, seperti gagal jantung kongestif (dan bahkan kebutaan).

Latihan akan membuat jantung Anda lebih kuat.

Jantung yang lebih kuat akan memompa lebih banyak darah secara lebih efisien, serta mengurangi kerja jantung atau tekanan yang diberikan pada arteri.

Olahraga juga dapat meningkatkan kondisi dari arteri dan vena, dimana ini juga akan meningkatkan aliran darah.

Studi yang pernah dilakukan – hubungan antara latihan dan penurunan tekanan darah

  • Pada US National Institutes of Health conference, mengungkapkan bahwa latihan aerobik(meningkatkan aktifitas) mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi rata-rata 11 poin dari jumlah atas dan 9 poin dari jumlah bawah. Itu dikatakan cukup untuk menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal (The Physician dan Sports Medicine, Juni 1996).
  • Meningkatkan akftifitas dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 4-9 poin .Penurunan tekanan darah yang sama juga didapat dari beberapa obat anti-hipertensi, tetapi ini tanpa efek samping (US Mayo Clinic artikel, 12 Agustus 2004).
  • Aktivitas fisik rutin  juga dapat membantu mempertahankan berat badan yang normal atau menurunkan berat badan. Berat badan bisa berdampak kuat terhadap tekanan darah, menurunkannya akan mengurangi sebanyak 20 poin. Bahkan, setelah beraktifitas fisik, bukan tak mungkin dapat mengurangi konsumsi beberapa obat tekanan darah Anda.
  • Latihan sedang hanya 30 menit, seperti jalan cepat setiap hari akan menghasilkan manfaat yang besar. Latihan akan menurunkan tekanan sistolik Anda menjadi 4-9 mm Hg (Harvard, 2003).
  • Latihan bisa menjadi penting bagi orang dengan hipertensi, dan ketika dikombinasikan dengan merubah gaya hidup lainnya,  seperti perubahan pola makan dan diet,  berhenti merokok, bisa menurunkan tekanan darah yang yang cukup untuk membuat berhenti menggunakan obat untuk mengontrol tekanan darah, “kata Dr hipertensi ahli samuel Mann, seorang profesor kedokteran di New York Weill Cornell Medical Centre (studi di Annals of Internal Medicine).
Lihat Juga :  Tips Cara Mengecilkan Perut

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: