Obat tradisional sakit gigi berlubang


gigi berlubangSakit gigi berlubang memang sangat menyiksa, karena umumnya rasa nyerinya bisa bertahan sangat lama jika dibiarkan. Sakit gigi yang sangat nyeri disebabkan oleh masalah pada gigi dan rahang , seperti karies gigi , gingivitis atau penyakit rahang, gigi berlubang, dan masih banyak lagi. Kuman atau bakteri penyebab sakit gigi akan lama bercokol, selama jika ia tidak segera  disingkirkan.

Baca juga: Gigi berlubang, ditambal atau dicabut?

Tips merawat gigi agar tak mudah sakit

  • Jangan malas untuk selalu membersihkan mulut Anda , terutama setelah makan . Tidak menjaga kebersihan mulut adalah penyebab mengapa bakteri mengumpulkan dan memicu rasa sakit pada gigi .
  • Minum air merupakan cara kedua untuk mengatasi sakit gigi . Dengan rajin minum air, bakteri tidak akan betah berlama-lama terjebak dalam mulut dan menyebabkan sakit gigi .
  • Meski rajin menyikat gigi, tetapi dalam cara yang salah dapat menyebabkan gigi terasa sakit. Jadi sikat gigi Anda dengan cara yang benar untuk menjaga kesehatan mulut maksimum .

Tips mengatasi dan merawat sakit gigi agar tak sakit

  • Sakit gigi juga bisa diatasi dengan berkumur air hangat yang telah dicampur dengan garam. Fungsinya adalah untuk membersihkan gigi dari bakteri yang menyebabkan penyakit .
  • Cobalah kompres gigi dengan air panas atau dingin ketika mulai terasa sakit. Jadi, ini berguna untuk membuat gigi mati rasa sementara, sehingga rasa sakit tidak terlalu parah.
  • Lakukan terapi teh celup terapi saat sakit gigi. Tempatkan kantong teh celup dan air kedalam microwave selama 30 detik. Kemudian peras airnya, dan gigit kantong teh pada gigi yang sakit. Cara ini dikenal untuk mengurangi pembengkakan dan meredakan sakit gigi .
  • Penyebab lain sakit gigi adalah penggunaan pasta gigi yang sam . Setelah beberapa bulan penggunaan, gantilah pasta gigi dengan pasta gigi biasa . Karena bakteri cenderung akan terbiasa dan kebal,  jika Anda selalu menggunakan pasta gigi yang sama .
  • Cara lain yang mudah untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan mengonsumsi jeruk lemon. Vitamin C dalam jeruk lemon mampu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sakit gigi .
  • Hindari makanan yang banyak mengandung gula atau cabai, atau yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dikunyah.
  • Makan-makanan yang di rebus dianjurkan, karena teksturnya yang lembut dan tidak akan menyakiti gigi Anda.
Lihat Juga :  Efek minuman keras/beralkohol terhadap latihan binaraga

Berikut ada beberapa cara mengobati sakit gigi berlubang tradisional dengan bahan alami, yang banyak tersedia disekitar kita.

1 . Es batu

Es batu dapat membantu untuk meredakan sakit gigi , ambil sepotong kecil es dan tempatkan di antara telunjuk dan ibu jari. Pijat lembut di bagian gigi yang sakit tersebut, dan sakit perlahan-lahan akan mulai hilang. Pijatan ini dilakukan dengan menggunakan es batu, dan akan langsung merespon ke sistem saraf pusat , sehingga 60-90 % rasa sakit gigi akan terasa cepat menghilang. Cara ini lebih aman daripada menggunakan obat penghilang rasa sakit kimia.

2 . Bawang putih

Ambil 1 siung bawang putih dan cincang , kemudian taburkan sedikit garam. Kunyahlah pada daerah gigi yang sakit, dan rasa sakit di gigi Anda akan segera hilang secara perlahan-lahan. Anda juga dapat menggunakannya sebagai terapi untuk memperkuat struktur tulang gigi Anda.

3 . Bawang Merah

Bukan hanya bawang putih , bawang merah juga dapat mengurangi rasa sakit gigi Anda, kandungan enzim dalam bawang merah dapat membantu untuk membunuh kuman yang bercokol dalam mulut. Jadi Anda juga akan mendapatkan manfaat lain dengan menggunakan bawang merah ini. Mengatasi rasa sakit gigi, sekaligus juga membasmi kuman.

4 . Jeruk nipis

Peras jus lemon, oleskan pada gigi yang sakit setiap 10 menit sampai sari lemon habis. Selain kaya vitamin C,  jeruk lemon juga bisabertindak sebagai obat pereda nyeri gigi Anda.

5 . Minyak cengkeh

Sari minyak cengkeh sangat efektif untukmenghilangkan nyeri sakit gigi. Caranya mudah, oleskan minyak cengkeh pada gigi yang sakit dengan kapas .

6 . Garam

Di balik rasanya yang asin pada garam, ternyata kandungan yodium yang tinggi pada garam juga dapat meredakan sakit gigi. Caranya sangat mudah, larutkan garam kedalam segelas air hangat. Kemudian gunakan untuk berkumur. Lakukan berkumur beberapa kali, setidaknya hingga Anda telah merasa tidak terlalu tersiksa lagi oleh rasa sakit gigi. Tidak dianjurkan untuk memakan garam langsung, karena selain rasanya sangat asin , penyebarannya pun juga tak akan merata.

Lihat Juga :  Tips Diet makanan sehat untuk wanita usia 40-an

7 . Merica bubuk

Jaga gigi Anda dengan merica bubuk sebanyak 1/ 4 sendok teh. Jika digunakan secara teratur setiap hari bisa mencegah gigi berlubang, bau mulut, gusi berdarah, sakit gusi, dan sakit gigi. Untuk meredakan sakit gigi, Anda bisa mencampur mercica bubuk dan minyak cengkeh yang dimasukkan ke dalam gigi yang lubang. Gigi sensitif juga dapat diobati dengan cara ini.

8 . Biji Alpukat

Iris-iris kecil 1 biji alpukat lalu disangrai (goreng tanpa minyak), jika sudah kering kemudian haluskan hingga menjadi bubuk. Setelah itu masukkan bubuk biji alpukat tadi kedalam gigi yang lubang, lalu tutup dengan menggunakan kapas.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: