Top 10 Negara-Negara paling Damai dan Aman di Dunia


Apakah Anda tahu negara yang paling damai diseluruh dunia? Sejak tahun 2007 dan setiap tahun, sebuah lembaga Ekonomi dan Perdamaian (IEP) mengeluarkan Global Peace Index, atau daftar yang mengumumkan tingkat kedamaian negara berdasarkan langkah ekseternal dan internal. Jadi jika Anda ingin beberpergian wisata ke luar negeri, daftar ini bisa menjadi acuan jika mengutamakan kenyamanan dan keamanan.

Berikut top 10 daftar negara paling aman dan damai didunia versi IEP

Denmark

Denmark adalah Negara yang menempati puncak dari daftar negara yang paling damai di dunia, dan memang benar-benar tempat yang sangat aman untuk hidup. Bahkan pada saat Kopenhagen(ibukota Denmark) berada di bawah pendudukan oleh Nazi selama Perang Dunia II, Denmark masih tidak mengadakan perlawanan. Intinya adalah bahwa orang-orang yang tinggal di Denmark lebih memilih untuk fokus pada masalah-masalah ekonomi, dan tak mau melibatkan diri dalam berbagai konflik bersenjata. Orang Denmark sangat ramah, terbuka dan penolong.

Negara teraman dan damai didunia

Norwegia

Banyak orang yang tidak mengharapkan Norwegia berada dalam daftar negara yang paling damai dan aman di dunia. Hal ini mungkin karena ulah Anders Behring Breivik, seorang pembunuh massal yang telah menodai kebanggaan negara. Tentu saja itu adalah kejadian luar biasa; tetapi menurut Global Peace Index , Norwegia adalah salah satu negara paling damai di dunia dan merupakan  tempat yang ramah dan aman untuk hidup. Norwegia adalah negara dengan pembangunan SDM tingkat tertinggi di dunia, ditambah, pemerintah Oslo selalu meletakkan perdamaian berada di garis depan prioritas negara.

Singapura

Sebagai anggota yang aktif dari masyarakat internasional, dan secara keseluruhan adalah sebuah negara kecil. Sejak mencapai kemerdekaannya pada tahun 1965 sebagai Republik yang berdaulat, negara tetangga kita yang satu ini selalu berkonsentrasi untuk menjadi tetangga yang hebat, damai, berkemakmuran ekonomi, dan membangun hubungan sosial politik yang ramah dengan semua negara.

Lihat Juga :  Alasan kenapa bumi bisa ditinggali makhluk hidup

Negara ini telah bekerja dengan PBB dan lembaga-lembaga pendukung pada berbagai macam usaha. Singapura  juga berpartisipasi dalam berbagai organisasi global, unilateral dan multilateral untuk mempromosikan kerjasama internasional, termasuk WTO (World Trade Organization). Singapura adalah salah satu negara paling damai di dunia dan juga sebagai salah satu negara terkaya didunia, singapur juga memiliki tingkat kasus pembunuhan dan tingkat kriminalitas yang lebih rendah.

Slovenia

Ini adalah Sebuah negara di Eropa yang indah, juga berada di antara daftar negara-negara yang paling damai di dunia. Negara ini mendapat nilai terendah dalam hal pendanaan untuk misi penjaga perdamaian PBB , jumlah polisi dan petugas keamanan, tingkat kriminalitas yang dirasakan di masyarakat, jumlah konflik internal yang terorganisasi, protes kekerasan, dan jumlah perang internal dan eksternal. Saya setuju dengan Global Peace Index, dan percaya bahwa Slovenia memang layak menempati daftar negara yang paling damai di bumi. Selain itu, dengan kota-kota yang indah seperti Maribor dan Ljubljana juga penuh dengan budaya yang unik, dan Slovenia adalah tujuan wisata yang fantastis.

Baca Juga : Misteri keajaiban dijalur Gaza

Swedia

Adalah Salah satu negara di wilayah Skandinavia yang paling indah, Swedia terletak di ujung utara Eropa. Meskipun Swedia adalah salah satu negara eksportir senjata terbesar di Eropa, namun negara ini memiliki tingkat perampokan terendah didunia(hanya 9.000 tahun) dibandingkan dengan Amerika Serikat (sekitar 350.000 per tahun)!. Menurut Global Peace Index, Swedia adalah salah satu negara paling damai di dunia, terlepas dari fakta sebagai eksportir senjata top dunia. Selain itu, Swedia belum pernah perang dan tidak berpartisipasi dalam pertempuran selama 2 abad.

Islandia

Islandia juga peringkat sebagai salah satu negara paling damai di dunia, dan tidak pernah tersangkut konflik utama di dunia. Islandia jarang atau tidak pernah terdengar beritanya meskipun bank Islandia runtuh beberapa tahun yang lalu, dan negara ini memiliki tempat dengan keindahan alam yang spektakuler. Wisatawan dari seluruh penjuru dunia datang ke Islandia hanya untuk melihat gletser yang besar dan gunung berapi, serta berbagai obyek wisata alam dan budaya yang unik di daerah Reykjavik, ibukota Islandia.

Lihat Juga :  Manfaat dan efek samping Melinjo bagi kesehatan

Belgia

Menurut Global Peace Index, Belgia adalah salah satu yang terbaik dan paling damai di Eropa dan didunia. Terletak di jantung Eropa, negara kecil ini memiliki tempat khusus. Brussel, ibukota Belgia, adalah rumah bagi Uni Eropa dan NATO. Belgia membanggakan nuansa kota abad pertengahan, balai kota yang indah, istana yang megah, dan keindahan alam yang menawan. Tingkat pembunuhan dan pemenjaraan cukup rendah di negara ini, meskipun Belgia mengalami krisis dalam pemerintahnya selama periode tahun 2008-2011.

Republik Ceko

Sebuah negara yang relatif masih baru, Republik Ceko lepas dari Blok Soviet pada tahun 1989 karena Revolusi Velvet dan yang membagi dengan Slovakia. Setelah pembagian Cekoslowakia, sebagian Republik Ceko telah terkonsentrasi pada pembangunan ekonomi kapitalis yang kuat, dan menciptakan iklim yang stabil untuk investasi. Pada tahun 2009, Indeks Pembangunan Manusia (IPM),  peringkat Republik Ceko sebagai negara ‘Pembangunan Manusia” sSangat Tinggi. ” Terutama yang terkenal adalah ibu kotanya yang megah Praha, serta keindahan alam yang menakjubkan;  Republik Ceko telah menarik wisatawan dari seluruh dunia.

Swiss

Menurut IEP, Swiss mempertahankan fungsi pemerintahan dengan baik dan budaya politik yang terbuka. Menggambarkan kualitas pemerintahan, Swiss menerima skor terendah untuk masalah ketidakstabilan politik.  Swiss juga berada di antara negara-negara paling damai di dunia yang memiliki tingkat kejahatan kekerasan yang rendah.   Swiss juga dikenal akan netralitasnya dalam isu-isu politik regional, internasional dan global, mempertahankan hubungan diplomatik yang kuat dengan berbagai negara di seluruh dunia.

Jepang

Selain sebagai Salah satu negara Asia yang paling menawan dalam hal budaya, Jepang juga memiliki tingkat kemajuan perekonomian terbesar ketiga di dunia. Sejak Perang Dunia II, Jepang telah benar-benar menjadi negara yang damai, dengan tingkat konflik internal dan kejahatan yang rendah. Negara ini memiliki  pasukan keamanan internal untuk menjaga perdamaian. Jepang adalah negara yang damai serta  indah untuk dikunjungi.

Lihat Juga :  Sejarah Imlek dan Prinsip Orang Tionghoa yang Perlu Kita Renungkan

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: