Mitos Hantu Genderuwo

Asal usul genderuwoMitos Hantu Genderuwo – Cerita mengenai keberadaan hantu genderuwo sudah lama berkembang dimasyarakat, khususnya yang tinggal di daerah pulau jawa. Baca: Hantu hantu Jawa. Menurut Mitos orang Jawa, genderuwo adalah jenis makhluk halus yang diyakini memiliki wujud aslinya yang tinggi besar, penuh rambut, berwajah menyeramkan dan senang berinteraksi dengan manusia. Dalam mengusili manusia , genderuwo tak jarang menampakkan diri menjadi wujud lain seperti nenek nenek atau kakek-kakek atau bentuk yang lain. Bentuk usil genderuwo terhadap manusia yang lain adalah melempari orang lewat, melempari rumah pada malam hari, menampakkan diri dengan cara melompat dari ujung pohon kepohon lain, dan masih banyak cara yang lain lagi. Walaupun tak banyak orang yang bisa merasakan kehadiran genderuwo, anda pun bisa merasakan kehadiran mereka melalui hewan-hewan pertanda adanya makhluk halus.

Berikut kisah mitos tentang genderuwo

Konon, genderuwo bisa membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya, manakala manusia yang diganggu justru tidak takut dan meminta kepada dia. Mitos dalam masyarakat jawa, jika Anda merasa diganggu oleh genderuwo jangan takut. Cukup Anda bilang seperti ” Kamu jangan ganggu aku, karena aku tak mengganggu kamu. Lebih baik kamu membantu saya agar pekerjaan saya cepat selesai”. Banyak pengalaman yang menceritakan , jika pekerjaan memang lebih cepat selesai diluar dari perkiraan setelah diganggu genderuwo namun justru meminta bantuan. Cerita lain yang berkembang tentang genderuwo adalah, bahwa mereka bisa membantu manusia setelah bisa ditaklukan atau karena hal lain. Genderuwo bisa membantu manusia untuk menjaga rumah, kantor, kebun atau apa saja dari orang jahil. Namun hal seperti itu sebenarnya tidak baik, karena hal seperti itulah cara-cara setan dalam menyesatkan umat manusia.

Genderuwo adalah makhluk halus yang suka mesum

Cerita genderuwo suka menggauli istri orang saat dirumah sendirian atau perempuan janda bukanlah hal yang asing lagi di daerah jawa. Bahkan Dipercaya benih  genderuwo dapat menyebabkan seorang wanita bisa hamil dan memiliki keturunan dari genderuwo. Menurut legenda, genderuwo memiliki kemampuan gendam untuk menarik wanita agar mau bersetubuh dengannya. Permainan ranjang genderuwo juga diyakini amat luar biasa, sehingga wanita-wanita korban justru seringkali merasakan puas dan kenikmatan yang luar biasa apabila berhubungan badan dengan genderuwo. Akan tetapi wanita korban   genderuwo tidak sadar jika dirinya sedang bersetubuh dengan genderuwo, karena genderuwo biasanya menyaru sebagai suami atau kekasih korban. Disebutkan pula kalau genderuwo memiliki libido dan gairah seksual yang besar dan jauh di atas manusia, sehingga ia amat mudah terangsang melihat kemolekan perempuan, dan membuatnya menjadi makhluk yang senang menggoda perempuan.

Genderuwo ada yang baik?

Diluar dari sifat asli genderuwo yang suka usil terhadap manusia, ada juga genderuwo yang bersifat baik dan bekerjasama dengan manusia. Walaupun menampakkan diri, genderuwo baik tidak menggunakan wujud yang buruk dan menyeramkan. Justru genderuwo baik menampakkan ujud sebagai orang yang cakap dan berwibawa, dengan memberi wejangan bijak terhadap manusia. Bahkan ada genderuwo yang akan setia terhadap seorang  manusia, dengan menjaga kediamannya dari segala gangguan dari luar. Jika seseorang “mempunyai” genderuwo , maka genderuwo tersebut akan berlanjut mengikuti keturunannya jika orang tersebut telah meninggal.

Tempat yang disukai genderuwo tinggal

Tempat tinggal yang disukai Genderuwo sama saja dengan tempat tinggal yang disukai makhluk halus golongan jin lainnya. Misalnya lembah, tempat sepi, rumah kosong, pohon besar, hutan, sudut-sudut tempat tinggal yang kotor, sumber air, muara sungai ataupun pegunungan dll. Agar jauh dari gangguan genderuwo, maka selalu ingatlah Kepada Yang Maha Kuasa,  serta membaca doa jika melewati tempat tempat yang seperti itu.

Cara bertemu dengan genderuwo

Seperti yang sudah dijelaskan, genderuwo adalah dari golongan makhluk halus yang suka berinteraksi dengan manusia. Menurut mitos, genderuwo suka sekali jika ada orang yang menyalakan api unggun ditempat terpencil. Genderuwo juga sangat suka sekali dengan bau ketela pohon yang dibakar. Banyak cerita lain yang mengatakan, kehadiran genderuwo bisa ditandai dengan bau ketela pohon yang dibakar, selain bau busuk yang khas. Jika anda ingin bertemu dengan genderuwo, cobalah bepergian ketempat terpencil yang dianggap masyarakat setempat angker pada malam hari. Buatlah api unggun kecil sambil membakar ketela pohon tanpa dikupas atau dibersihkan, setelah matang ambil ketela pohon tersebut dan belah ketika masih panas. Jika cara membakar ketela tidak berhasil mendatangkan genderuwo, cobalah datang lagi pada hari yang lain. Namun lain kali jangan bakar ketela, akan tetapi membakar burung Gagak atau bisa juga ayam cemani. Ayam cemani adalah ayam yang berwarna hitam legam seluruh tubuh dan bulunya, bahkan darahnya pun juga hitam. Ayam cemani adalah ayam yang dianggap memiliki nilai mistis yang tinggi, sementara burung gagak dipercaya sebagai burung piaraan genderuwo. Burung gagak mungkin bisa anda dapatkan di pasar burung, dan ayam cemani biasanya sudah ada peternak khusus untuk ayam ini. Ayam cemani biasa digunakan untuk ritual tertentu, dan harganyapun jauh lebih mahal dari harga ayam biasa. Cara membakar burung gagak atau ayam cemani adalah dengan menyembelihnya terlebih dahulu dengan pisau yang tajam. Setelah itu, bersihkan kulitnya kemudian ditusuk pakai kayu (mirip kambing guling) dan panggang diatas api hingga baunya kemana-mana. Genderuwo menyukai dengan bau ini, maka ia akan segera datang dan meminta gagak/ayam panggang tersebut.

Namun jika anda ingin membuktikan untuk menghilangkan rasa tidak percaya, sebaiknya jangan pernah mencoba cara bertemu dengan genderuwo. Kalau memang anda tidak percaya, yaudahlah anda tak perlu percaya. Tapi Kalau Anda percaya, maka sebaiknya berdoa kepada Tuhan agar jauh dari gangguan makhluk-makhluk jelmaan Jin seperti genderuwo ini.

Terimakasih telah membaca artikel Mitos Hantu Genderuwo. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Misteri, Mitos and tagged , .

Komentar: