Menyusui bayi dengan ASI mencegah kanker payudara


Menyusui ternyata bermafaat juga mencegah kanker payudaraMenyusui bayi dengan ASI mencegah kanker payudara – Banyak riset dan penelitian yang menunjukkan betapa besarnya manfaat menyusui bagi bayi.Air susu Ibu, bagaimanapun tak bisa tergantikian oleh formula apapun.Manusia pun merasa heran dan kagum terhadap air susu ibu ini, Susu yang Allah telah anugerahkan untuk anak-anak (bayi) .

Diluar manfaat ASI yang besar bagi bayi, Sebuah penelitian ilmiah baru-baru ini menunjukkan bahwa menyusui bayi dengan ASI,  ternyata sangat membantu dalam mengurangi risiko kanker payudara, bahkan di kalangan para wanita yang berasal dari keluarga yang memiliki riwayat penyakit ini.Semua orang tahu akan keganasan penyakit kanker yang satu ini, seolah hanyalah mukzizat yang dapat menyelamatkan penderita.

Penelitian yang telah dilakukan terhadap lebih dari 60 ribu wanita ini menjelaskan bahwa menyusui anak (bayi) selama jangka waktu tiga bulan, setara dengan mengonsumsi obat yang telah dikenal untuk mencegah penyakit kanker payudara.Obat tersebut bernama “tamoxifen” , dan sudah dukenal selama lima tahun.

Dr Ellison M. Stoib dari University of North Carolina, yang melakukan penelitian ini berkata: Pengobatan yang kami persembahkan untuk para wanita yang memiliki risiko kanker payudara adalah “Tamoxifen”, sebagai pencegahan/perlindungan dari kanker payudara.

Dia menambahkan:”Akan tetapi studi ini telah memberikan kabar gembira bagi wanita yang memiliki riwayat penyakit ini dalam keluarganya, dan bagi wanita yang ingin mengurangi risiko terjangkit penyakit ini.

Stoib mengisyaratkan bahwa banyak dari para peneliti yang dahulu menghubungkan antara menyusui secara alami dengan berkurangnya risiko penyakit ini. Namun hasil-hasil ini berasal dari penelitian-penelitian yang secara mendasar bersandar pada ingatan para wanita yang terdaftar dalam riset tersebut.

Para peneliti menemukan bahwa menyusui secara alami (dengan ASI) tidak mengurangi resiko terjangkitnya penyakit ini pada wanita yang tidak memiliki riwayat penyakit ini dari sisi keluarganya.

Lihat Juga :  Tanda-tanda,penyebab dan akibat jika Bayi terlilit tali pusat

Adapun wanita yang saudara perempuannya, atau ibunya atau putrinya terjangkit penyakit ini, maka menyusui secara alami mengurangi risiko penyakit ini sebesar 59 persen. Sebuah persentase yang lebih tinggi dari persentase yang dicapai dengan mengonsumsi tamoxifen selama lima tahun, pada keadaan wanita yang sama. Karena obat tersebut (Tamoxifen) hanya mengurangi resiko terjangkitnya penyakit ini sebesar 50 persen saja.

ASI adalah lebih baik daripada susu formula manapun, dan ini merupakan hasil pembuktian dari ratusan riset yang pernah dilakukan.Dan manfaat menyusui secara alami (ASI) juga berlaku bagi sang ibu, yaitu memberikan perlindungan dari kanker payudara.

Barulah kita mengetahui kenapa al-Quran memerintahkan para ibu untuk menyusui anak-anak mereka,dan  Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

(وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ) [البقرة: 233].

Para ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan pernyusuan¦.(QS. Al-Baqarah: 233)

Karena begitu besar manfaat menyusui bayi dengan ASI, Allah tidak memerintahkan ibu yang bermasalah dengan air susunya untuk kemudian menyusukan bayinya dengan susu sapi atau hewan.Namun Allah ternyata  memerintahkan manusia untuk menyusukan bayinya kepada wanita lain. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

(وَإِنْ تَعَاسَرْتُمْ فَسَتُرْضِعُ لَهُ أُخْرَى) [الطلاق: 6].

¦Dan jika kalian menemui kesulitan (tidak bersepakat dalam malah penyusuan anak tersebut) maka hendaklah perempuan lain menyusuinya (anak itu).(QS. Ath-Thalaq: 6)

Alquran ada jauh sebelum kemajuan dibidang ilmu pengetahuan, penelitian dan kedokteran.SubhanAllah,, Ternyata perintah Allah dalam Ayat Alquran mengenai menyusui anak dengan asi tersebut benar-benar terbukti maksudnya melalui proses penelitian modern.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: