Mengenal tanda atau gejala awal kehamilan


Mengenal tanda atau gejala awal kehamilanMengenal tanda atau gejala awal kehamilan – Bagi wanita yang selalu memperhatikan dengan baik kondisi tubuhnya setiap hari,  mungkin akan mampu untuk mengenali gejala kehamilan segera setelah terjadi pembuahan. Tapi sebagian besar wanita mungkin tidak dapat melihat gejala awal kehamilan ini, sampai telur dibuahi dan mendapatkan periode kehamilan pada rahimnya.

Mengetahui kondisi tubuh sendiri merupakan kunci terbaik untuk menganalisis tanda-tanda utama ibu untuk waktu yang akan datang. Dalam dunia yang serba cepat ini, jarang sekali orang yang memiliki waktu untuk melihat dan merenungkan hal kecil dalam kehidupan.

Berikut beberapa tanda awal kehamilan yang mungkin bisa diketahui sebelum masa periode yang diharapkan tiba

Areola berwarna  gelap

Penggelapan kulit disekitar puting susu bisa menjadi indikator yang baik untuk menunjukkan tanda awal kehamilan. Namun ini juga bisa menjadi sinyal lain, yaitu adanya ketidakseimbangan hormon,  yang mungkin saja tidak berhubungan dengan kehamilan atau bisa juga nerupakan efek jangka panjang dari kehamilan terakhir. Jangan bergantung pada satu gejala atau tanda tertentu untuk mengetahui keadaan kehamilan.

Payudara bengkak, nyeri atau sensitif

Kehamilan menyebabkan payudara menjadi lebih lembut dan sensitif terhadap sentuhan. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormonal yang terjadi, dimana tubuh sedang mempersiapkan produksi susu yang perlu segera dilakukan. Kenaikan sensitivitas payudara secara tiba-tiba, seperti nyeri payudara secara bertahap dan akan hilang setelah tubuh terbiasa dengan lonjakan hormon.

Kram atau Implantasi Perdarahan

Sedikit peristiwa perdarahan mungkin dapat terjadi pada beberapa wanita sebelum saat periode tanggal yang diharapkan. Ini bisa terjadi karena biasanya merupakan tanda implantasi embrio ke dalam lapisan endometrium.

Kram Perut

Selain itu, beberapa wanita mungkin juga mengalami kram perut,  sebagai tanda tambahan proses implantasi embrio pada rahim. Tanda ini mungkin hanya terlihat pa sebagiak kecil perempuan hamil, karena terkait dengan tingkat keterbukaan tubuh yang berbeda-beda tiap orang. Oleh karena itu, banyak juga yang mungkin tidak memiliki tanda-tanda seperti itu, padahal ia sedang hamil.

Lihat Juga :  Gizi yang tepat Untuk Anak

Sering buang air kecil

Sering buang air kecil yang tak biasanya bisa jadi merupakan tanda awal kehamilan. Hal ini pada wanita bisa dikarenakan karena kenaikan kadar hormon HCG , yang akan meningkatkan aliran darah ke ginjal untuk membersihkan segala sampah dari tubuh secara efisien. Tubuh semakin dilatih untuk membersihkan sejumlah besar limbah secara teratur, hal ini untuk menjaga agar ibu dan bayi yang tumbuh jauh dari zat beracun. Kedua, pembesaran rahim juga akan menyebabkan tekanan ekstra pada kandung kemih,  yang menyebabkan sering buang air kecil.

Namun ini mungkin tidak diketahui oleh beberapa wanita yang biasanya mengalami sering buang air kecil karena kelebihan asupan cairan/diuretik,  atau karena beberapa masalah kesehatan lain.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: