Mitos : Memakai Bra bisa menyebabkan kanker payudara


mengenakan bra dan kanker payudaraMenurut mitos yang banyak beredar diinternet, wanita yang memakai bra lebih mungkin untuk mengembangkan kanker payudara. Ini ternyata tidak terbukti benar. Sebuah studi terbaru yang diterbitkan di jurnal Cancer, Epidemiology, Biomarkers, and Prevention mengatakan bahwa tidak ada hubungan antara penggunaan bra dan kanker payudara.

Para peneliti dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle mewawancarai lebih dari 1.000 wanita dengan bentuk kanker payudara yang paling umum  – karsinoma duktal invasif dan lobular carcinoma invasif. Mereka juga mewawancarai hampir 500 wanita tanpa kanker payudara yang dipilih secara acak. Wawancara tertutup untuk faktor risiko kanker payudara dan kebiasaan memakai bra.

Baca juga : Tips Pencegahan Kanker Payudara

Tak ada hubungannya antara memakai Bra dan kanker payudara

Tidak ada hubungan yang terlihat antara risiko baik karsinoma invasif duktal,  atau karsinoma lobular invasif dan setiap aspek dari mengenakan mengenakan bra, termasuk ukuran cup, penggunaan bra dengan underwire, usia saat penggunaan bra pertama, dan rata-rata jumlah jam penggunaan bra per hari adalah usang.

Mengapa ada orang yang berfikir demikian?

Di Amerika Serikat, sebagian besar wanita mengenakan bra untuk mendukung payudara. Mengenakan bra bisa mengurangi ketegangan pada ligamen suspensorium Cooper dan mengurangi masalah nyeri punggung. Dukungan bra terhadap payudara terkait mengurangi risiko kerusakan jaringan lemak pada payudara yang berhubungan dengan aktivitas fisik yang kuat, dan mengurangi gejala sakit yang mengganggu pada wanita yang sedang menyusui bayi.

Ketidakbenaran klaim di media yang menghubungkan penggunaan bra sebagai faktor resiko kanker payudara, bagaimana bisa dikatakan demikian? Mengenakan bra menghambat jaringan payudara, sehingga mereka berfikir ini akan membahayakan saluran limfatik, dan dengan demikian menghambat pembuangan limbah dan racun dari dalam payudara.

Lihat Juga :  Tanda-Tanda atau gejala Awal Kanker Payudara

Meskipun beberapa studi yang dirancang dengan baik, tapi tidak ada studi sampai saat ini telah menemukan hubungan antara kanker payudara dan penggunaan bra. Studi oleh para peneliti Fred Hutchinson menunjukkan tidak ada hubungannya. Studi awal dari subjek, oleh Harvard School of Public Health.

Tak perlu khawatir

Ini mungkin bukan penjelasan akhir pada subjek, karena penelitian oleh Fred Hutchinson memiliki beberapa keterbatasan. Mewawancarai wanita setelah mereka telah mengembangkan kanker payudara bisa menyebabkan daya ingat menjadi bias, terutama yang berkaitan dengan data historis,  seperti usia di mana mereka mulai memakai bra. Selain itu, studi ini hanya melibatkan wanita yang memakai bra. Sebuah tudi kohort prospektif yang melibatkan wanita yang tidak memakai bra, dan mengamati mereka dari waktu ke waktu akan menjadi cara yang lebih baik untuk mengamati keterkaitan ini – atau kurang satu – antara wanita yang mengenakan bra dan kanker payudara. Baca juga : Cara mendeteksi kanker payudara sejak dini

Sementara itu bagi wanita yang khawatir bahwa memakai bra bisa menyebabkan kanker,  sekarang tak perlu khawatir lagi.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: