Masakan Khas Indonesia yang Populer mendunia


Masakan masakan ini sepertinya sudahtak asing lagi dengan telinga kita yang tinggal diberbagai kota di Indonesia.Kebanyakan dari Kita mungkin sudah sering menjumpai,  bahkan pernah menyantap masakan – masakan ini mulai dari pedagang makanan keliling hingga di restoran kuliner Indonesia.Kebanyakan diantaranya populer berangkat dari masakan tradisional khas daerah, kemudian populer diseluruh wilayah Indonesia.Namun tahukah bahwa masakan masakan ini selain dikenal diseluruh Indonesia juga populer di luarnegeri?Masakan Khas Indonesia

Berikut ini Masakan Khas Indonesia yang Populer mendunia

1. Soto Betawi

Soto Betawi lebih populer di daerah Jakarta. Seperti halnya soto Madura, soto Betawi juga menggunakan jerohan. Selain jerohan, seringkali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, torpedo, dan juga hati.

2.nasi goreng

Nasi goreng dikenal diseluruh Indonesia , hanya saja tiap daerah memiliki variasi tersendiri tergantung dari daerah asal dan bumbu atau bahan yang digunakan.Nasi goreng juga dikenal dibanyak negara lain.

3. Nasi Kuning

Nasi kuning merupakan masakan khas Indonesia, biasanya dimasak pada hajatan-hajatan tertentu. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah.Nasi kuning juga dikenal dimancanegara.

4.lalapan pecel lele

Pecel lele atau Pecek lele di Indonesia adalah menu masakan dengan lauk ikan lele. Biasanya ikan lele hanya digoreng kering dengan minyak, lalu disajikan dengan sambal dan lalapan.

5.Gudeg jogja

Gudheg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari bahan utama nangka muda(gori/tewel) yang dimasak dengan santan.Saat ini Gudheg Jogja juga telah diproduksi sebagai makanan kalengan.

6.ketoprak

Komponen utamanya adalah tahu, bihun, ketimun, tauge dan bisa juga pakai telur rebus yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap, dan taburan bawang merah goreng.

Lihat Juga :  Khasiat Telur Ayam Kampung yang luarbiasa

7.Siomay bandung

Dalam masakan Indonesia terdapat berbagai jenis variasi siomai berdasarkan daging untuk isi, mulai dari siomai ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dan udang.

8. Bakso

Bakso atau baso adalah masakan berbentuk bola daging , yang lazim dikeal sebagai masakan Indonesia.Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi kini ada juga baso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri.

9. Sate

Sate atau satay atau satai adalah makanan yang terbuat dari potongan daging (ayam, kambing, domba, sapi, babi, ikan, dan lain-lain) yang dipotong kecil-kecil,dan ditusuki dengan tusukan sate, dikasih bumbu dan dipanggang/bakar.Tusukan sate biasanya dibuat dari bambu.Yang membedakan sate antara daerah satu dan daerah lain diindonesia biasanya adalah bumbu dan cara memotong daging.

10. Gado-Gado

gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Indonesia yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng.

11. Rendang

Rendang (bahasa Minang: Randang) adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama dengan kandungan bumbu rempah-rempah yang kaya.Rendang banyak dijumpai pada restoran padang yang banyak tersebar dibeberapa daerah diindonesia.

Berikan komentar Anda: