Manfaat Vitamin B Kompleks

Manfaat vitamin b kompleksManfaat Vitamin B Kompleks – Vitamin B berbeda dengan jenis vitamin yang lain, vitamin B  ada banyak jenisnya sehingga disebut dengan Vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks ini terdiri dari vitamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), asam pantotenat (vitamin B5), pyridoxine (vitamin B6), biotin (vitamin H atau B7), asam folat (vitamin B9) dan cobalamins (vitamin B12). Mengingat banyaknya jenis vitamin B,  kita perlu ketahui manfaatnya  secara umum saja .Pada dasarnya, semua jenis vitamin B  punya manfaat yang bagus buat otak dan untuk menambah daya ingat.

Berikut beberapa Manfaat Vitamin B Kompleks

a) Menjaga sistem syaraf

Vitamin B kompleks berperan besar dalam pemecahan lemak dan protein yang membantu mempertahankan fungsi sistem saraf.

Vitamin B5 meningkatkan fungsi kelenjar adrenal. Kelenjar ini mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, membantu mengatur fungsi ginjal, serta membantu mengelola stres.

Vitamin ini juga diperlukan untuk memproduksi hormon tertentu, serta zat pengatur saraf.
Seluruh fungsi sistem saraf, termasuk otak, diatur oleh vitamin B1, B6 dan B12. Kekurangan vitamin ini menyebabkan seseorang rentan terhadap stres, kecemasan, dan depresi.

Salah satu nutrisi penting bagi otak adalah cobalamin atau disebut juga vitamin B12. Kekurangan vitamin ini tak hanya menghambat pertumbuhan sel otak, tetapi juga membuat volume otak menyusut dan mengurangi kemampuannya untuk berpikir.

Pada orangtua khususnya, kekurangan vitamin B12 sudah sering dikaitkan dengan risiko penurunan fungsi kognitif dan kecerdasan. Namun dalam penelitian terbaru, kondisi ini juga terbukti bisa membuat volume otak mengalami penyusutan dalam arti sebenarnya.

Peneliti dari Rush University Medical Center di Chicago membuktikan hal itu setelah mengamati 121 orangtua berusia di atas 65 tahun. Peneliti mengambil sampel darah lalu mengamati kadar vitamin B12 sekaligus berbagai sisa metabolismenya.

Para partisipan juga menjalani serangkaian tes untuk mengukur tingkat kecerdasan dan ketajaman memori atau ingatan. Serangkaian tes tersebut dilakukan sedikitnya 2 kali, yakni di awal penelitian dan saat penelitian berakhir yakni 4,5 tahun sesudahnya.

Menurut hasil pengamatan, partisipan yang memiliki kadar vitamin B12 atau sisa metabolisme vitamin B12 yang rendah cenderung lebih cepat pikun. Melalui pemindaian dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI), tampak volume otaknya juga mengalami penyusutan.

“Temuan ini masih butuh penelitian lebih lanjut. Terlalu dini untuk mengatakan bahwa suplemen vitamin B12 bisa menjaga fungsi otak dan mencegah penyusutan volumenya,” ungkap Christine C Tangney, PhD yang memimpin penelitian tersebut seperti dikutip dari Indiavision, Kamis (29/9/2011).

Vitamin B (B1, B3, B5, B6, B12, dll) adalah nutrisi penting untuk fungsi otak yang tepat. Kekurangan vitamin B menyebabkan kurangnya konsentrasi, perubahan suasana hati intens, gugup dan iritasi, sering tidak memungkinkan anda untuk bersantai dan tidur. Makanan kaya vitamin B adalah : hati, ikan, daging, produk susu, sereal, buah-buahan, kacang, dll.

Vitamin antioksidan seperti E dan C yang diperlukan untuk fungsi otak yang tepat dan juga dapat mempengaruhi konsentrasi dan memori. Vitamin C membantu dalam produksi hormon (seperti adrenalin), yang memiliki kemampuan untuk membantu tubuh Anda menghadapi stres. Sumber yang baik vitamin ini adalah kismis, jeruk, buah kiwi, paprika berwarna-warni, bayam, dll

Akhirnya, magnesium adalah logam penting yang mengaktifkan aksi vitamin B dan meningkatkan suasana hati yang baik. Jadi anda bisa makan pisang, biji wijen, almond dan produk susu yang kaya akan magnesium.

b)Meningkatkan Memori

Manfaat penting vitamin B lainnya adalah meningkatkan memori dan konsentrasi.
Vitamin ini berperan membangun perisai pelindung di sekitar neuron otak.
Homosistein adalah asam amino yang diketahui menjadi racun bagi sel-sel saraf. Vitamin B membantu dalam memecah homosistein.Vitamin B6, B9, dan B12 dikenal sebagai vitamin B utama untuk memori.

2. Makanan Sumber Vitamin B Kompleks

Berikut adalah sumber vitamin B kompleks

  1. Asparagus
  2. Alpukat
  3. Pisang
  4. Bit
  5. Kacang hitam
  6. Dedak
  7. Hati sapi
  8. Kacang mete
  9. Kaviar
  10. Sereal
  11. Ayam
  12. Cabai
  13. Produk susu
  14. Telur
  15. Adas
  16. Daging domba
  17. Lentil
  18. Susu (sapi/kambing)
  19. Jamur
  20. Pepaya
  21. Peterseli
  22. Kentang
  23. Ikan salmon
  24. Sarden
  25. Udang
  26. Kedelai
  27. Bayam
  28. Stroberi
  29. Tomat
  30. Biji bunga matahari
  31. Tempe
  32. Seluruh biji-bijian
  33. Ubi
  34. Yogurt

Terimakasih telah membaca artikel Manfaat Vitamin B Kompleks. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Kesehatan, Makanan, Tahukah and tagged , , , , .

Komentar: