Manfaat Tomat bagi Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikanTomat sangat kaya akan nutrisi, sehingga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Kulit tomat yang berwarna merah terang ini mengandung senyawa yang disebut dengan likopen,  yaitu zat antioksidan yang sangat dibutuhkan untuk melindungi sel tubuh dari radikal bebas berbahaya. Selain itu, tomat sangat mudah dikonsumsi dalam keadaan segar. Atau bisa juga diblender untuk membuat minuman lezat dan menyegarkan bersama sayur lain seperti wortel.

Kandungan nutrisi Tomat

Tomat banyak mengandung vitamin C , bahkan lebih tinggi dari jeruk. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa tomat yang berwarna merah kaya akan vitamin C dan vitamin A. Buah tomat yang masak  memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi.  Bukan hanya kaya vitamin C dan A, tomat juga mengandung lycopene , yaitu sejenis zat anti oksidan kuat yang sangat berguna untuk menghancurkan radikal bebas yang disebabkan oleh polusi, asap rokok, racun dalam makanan dan zat berbahaya lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Lycopene juga sangat dikenal untuk aktif mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker, seperti kanker prostat, kanker serviks, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu saja, biji tomat juga dilapisi oleh gel yang berkhasiat untuk mencegah penggumpalan darah, penyebab penyakit jantung dan stroke.

Sari buah tomat mengandung vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Dari 100 gram jus tomat akan memberikan Anda dengan kalsium 7 mg, fosfor 15 mg, besi 0,9 mg, 230 mg sodium dan 230 mg kalium. Vitamin dalam 100 gram jus tomat adalah vitamin A (1.050 IU), vitamin B1 (0,05 mg), vitamin B2 (0,03 mg), dan vitamin C (16 mg).

Berikut beberapa Manfaat Tomat untuk Kesehatan dan kecantikan

1 . Sumber Antioksidan

Cukup hanya rajin minum jus buah tomat segar, Anda sudah bisa memperoleh perlindungan aktif antioksidan. Tomat mengandung antioksidan lycopene yang akan melindungi tubuh Anda dari zat-zat radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya, karena secara perlahan menghancurkan jaringan sel tubuh.

Lihat Juga :  Manfaat dan kandungan gizi buah nangka

2 . Menjaga Kesehatan Jantung

Tekanan darah dan kolesterol yang tinggi dapat diminimalkan dengan bantuan kalium dan vitamin B yang terdapat dalam buah tomat. Gel yang melapisi biji tomat adalah senyawa lain yang juga ikut mencegah stroke dan serangan jantung.

3 . Sumber Vitamin Alami

Satu buah tomat saja sudah akan memenuhi sekitar 40 % kebutuhan vitamin C harian yang disarankan. Selain tomat juga mengandung cukup banyak vitamin K dan zat besi .

4 . Meredakan Diabetes

Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal American Medical Association menunjukkan bahwa makan 2 buah tomat setiap hari bisa mengurangi tipe 2 diabetes.

5 . Menyehatkan rambut

Selain seluruh bagian dari sel tubuh, rambut juga memerlukan cukup nutrisi dari dalam untuk bisa tumbuh dan sehat. Vitamin A yang banyak terdapat dalam buah tomat juga sangat dibutuhkan untuk kekuatan rambut, selain untuk menjaga kesehatan mata.

6 . Mencerahkan kulit wajah

Tomat juga bisa digunakan untuk masker wajah alami, dan yang akan menutrisi kulit wajah dari luar agar terlihat segar dan cerah. Hancurkan buah tomat masak, dan ratakan pada kulit wajah Anda. Diamkan selama sekitar 10 menit sebelum dibersihkan dengan air dingin.

7 . Menghaluskan wajah

Untuk tujuan ini, Anda cukup hanya menempatkan air jus tomat pada wajah. Sementara itu jika untuk mencerahkan kulit, gunakan tomat yang sudah dihancurkan.

8 . mengobati Jerawat

Rebus tomatkemudian potong-potong, lalu gosokkan potongan tomat pada jerawat Anda. Diamkan sepuluh menit, lalu bilas wajah dengan air dingin. Lakukan ini secara rutin sampai jerawat hilang.

9 . Mengurangi Komedo

Tomat juga bermanfaat untuk mengurangi komedo secara alami. Caranya, haluskan tomat dan campurkan dengan madu. Ratakan ramuan ini pada wajah Anda, setelah itu biarkan selama 15 menit sebelum kemudian dibilas dengan air hangat. Berbeda dengan sayuran lain,  manfaat tomat tidak berkurang setelah dimasak.  Justru sebaliknya, disarankan untuk memasak tomat terlebih dahulu. Zat yang terkandung dalam tomat sangat berguna untuk melawan radikal bebas, bahkan lebih baik setelah dimasak .

Lihat Juga :  Cara merawat Gigi berlubang, ditambal atau dicabut?

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: