Manfaat Terong Ungu Bagi kesehatan

Manfaat terong ungu bagi kesehatanManfaat Terong Ungu Bagi kesehatan – banyak mitos mengenai terong yang berkembang dimasyarakat. Mitos tersebut mengatakan berbanding terbalik dengan manfaat terong yang sesungguhnya bagi kesehatan. Orang bilang jika makan terong itu bisa membuat badan lemes dan suka ngantuk. Kemungkinan orang hanya melihat sekilas sifat terong yang lembek ketika habis dimasak. Sebenarnya tidak demikian, terong samasekali tak mengandung zat yang bisa bikin tubuh lemas. Dan,, justru terong sangat banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Berikut manfaat terong Ungu bagi kesehatan

Terong banyak sekali keluarganya, ada yang warnanya putih kehijauan, bercak-bercak, bentuknya panjang, besar,kecil,bulat,lonjong dsb. Namun pada dasarnya semua baik bagi kesehatan. Namun Disini kita hanya membahas terong ungu. Tahukah anda kenapa salah satu jenis terong ada yang berwarna ungu?, ,Pada zat yang membuat warna ungu pada terong inilah yang mengandung banyak khasiat bagi kesehatan, yaitu sbb:

1. Phycocyanian

Phycocyanian Protein kompleks yang terdapat pada kulit ungu terong, dan bermanfaat untuk menstimulasi kerja sel batang pada sumsum tulang, berperan dalam produksi sel darah putih dan merah, mencegah atau melawan kanker, pendarahan wasir, luka borok, bersifat antioksidan, mencegah penyumbatan pembuluh darah akibat oksidasi kolesterol jahat LDL, antiradang, dan pelindung sel otak. Phycocyanin juga membantu mencegah beragam penyakit akibat komunikasi buruk antar sel, seperti Alzheimer, Parkinson, dan Huntington.

2. Antosianin

Merupakan senyawa flavanoid yang berguna untuk melindungi sel dari sinar ultra violet. Selain itu, Pigmen ini diyakini bisa meningkatkan penglihatan pada waktu malam. Antosianin juga bisa membantu pengobatan penyakit seperti kanker, diabetes mellitus, dan  jantung. Selain itu, antosianin juga bermanfaat sebagai antiradang untuk melindungi otak dan antibakteri.

3. Berbagai macam Vitamin

Vitamin yang terkandung dalam kulit ungu terong yang terbanyak adalah vitamin B kompleks , dan lainnya seperti vitamin A, C, E, K dan juga vitamin D. Riboflavin (B2) bisa didapat dari terong ungu, yang sebenarnya agak sulit didapatkan dari tumbuhan lain. Padahal Riboflavin (B2) sangat bermanfaat untuk membentuk sel darah merah, sumsum tulang, dan sistem saraf sehingga bisa mencegah anemia. Kandungan niasin (B3) berefek menenangkan sehingga bisa bisa membantu penyembuhan penyakit stress.

4. Zat besi

Zat besi sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya anemia , yang biasanya banyak sekali diderita oleh ibu hamil dan anak-anak. Kondisi ini akan membuat sel darah merah berkurang dan tentunya bisa membuat orang menjadi lebih rentan sakit.

5. Selenium

Salah satu mineral esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh ini sangat penting dalam aktivasi enzim antioksidan, sistem imunitas tubuh dan regulasi kelenjar tiroid sehingga terhindar dari penyakit gondok, memelihara dan mempertahankan tubuh dari infeksi, modulasi pertumbuhan dan perkembangan tubuh, mencegah infertilitas
pada pria, mencegah penyakit jantung koroner, mendukung fungsi antioksidasi dan mengurangi gejala arthritis.

6. Ellagic Acid

Merupakan komponen fenolik yang dapat mencegah penggumpalan darah, menghambat pertumbuhan tumor dan sel kanker, serta mencegah kerusakan gen.

7. Salicylates

Komponen alami ini bisa menurunkan risiko terjangkitnya serangan jantung.

8. Resveratrol

Komponen alami yang berkhasiat mencegah penyakit jantung, stroke, kanker, tumor,
bersifat antiradang, dan meningkatkan stamina tubuh.

Underline: Manfaat Terong ungu juga baik bagi Penderita jantung dan diabetes.
Terong dapat mengurangi kolesterol yang berada pada dinding arteri dan dinding pembuluh darah,  sehingga aliran darah menjadi lancar. Jadi Terong bisa dimasukkan sebagai salah satu makanan yang sehat untuk Jantung. Tidak hanya itu, berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, mengkonsumsi terong secara teratur pada penderita diabetes bisa menurunkan kadar gula darah.

Terimakasih telah membaca artikel Manfaat Terong Ungu Bagi kesehatan. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Makanan, Manfaat Buah, Tahukah, Tips Sehat and tagged , , , , .

Komentar: