Manfaat susu kedelai bagi ibu hamil

Manfaat susu kedelai bagi ibu hamilManfaat susu kedelai bagi ibu hamil – Biasanya susu dianjurkan bagi ibu hamil untuk menunjang kebutuhan nutrisi, sehingga diharapkan bayi tumbuh sehat dan normal.Untuk mendapatkan susu , ibu hamil biasanya akan  mendapatkan susu khusus ibu hamil yang banyak beredar disupermarket.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi, ibu hamil juga bisa memanfaatkan sumber tambahan gizi lain dari susu kedelai.Sebenarnya ini bukan susu, hanya sari kedelai yang diolah sehingga menyerupai susu.Manfaat Susu kedelai bagi ibu hamil ini juga baik untuk pertumbuhan janin, konon katanya susu kedelai dapat membuat kulit bayi menjadi halus, putih dan mulus.Benarkah demikian?,, apa saja gizi dan nutrisi yang terkandung dalam sari kedelai?.Kalau janin sudah terpenuhi kecukupan gizi , tentunya pertumbuhan kulitnya juga akan menjadi sehat, normal dan sempurna.

Nilai gizi dan manfaat susu kedelai bagi ibu hamil dan pengaruhnya

Sari kedelai mengandung banyak gizi maupun nutrisi yang baik bagi kehamilan, berikut ini mengenai beberapa kandungan pada susu kedelai dan Manfaat Susu kedelai bagi ibu hamil.

Lemak Nabati

Susu kedelai mengandung lemak nabati yang berguna untuk menyediakan cadangan lemak bagi ibu dan janin dalam kandungan.Hal  ini agar ibu dan janin tidak sampai kekurangan lemak. Lemak nabati yang terdapat dalam  kedelai tidak akan membuat kelebihan berat badan pada ibu.

Asam Folat

Bukan rahasia lagi  jika asam folat sangat penting untuk ibu hamil , dan kebutuhannya harus  dipenuhi secara maksimal.Folat penting untuk pertumbuhan sel syaraf pada janin agar berlangsung normal dan sehat. Ibu harus mendapatkan asupan asam folat cukup khususnya pada trimester pertama kehamilan.Asam folat merupakan salah satu dari Manfaat Susu kedelai bagi ibu hamil

Protein

Protein harus terpenuhi dengan baik pada ibu hamil, karena protein berguna untuk  membantu organ-organ pembentuk janin bekerja secara maksimal. Kandungan protein pada susu kedelai sangat baik untuk  memperbaiki dan mengganti sel-sel janin yang rusak. Protein juga penting untuk  meningkatkan sistem kekebalan tubuh,  terutama pada trimester kehamilan  agar janin tetap terjaga dari serangan penyakit.

Vitamin

sari kedelai mengandung cukup banyak vitamin yang paling diperlukan untuk ibu hamil. Kedelai ternyata banyak mengandung cukup banyak vitamin yang bermanfaat untuk kehamilan,  antara lain adalah vitamin A, B1,B12, serta vitamin E. Kebutuhan vitamin yang tercukupi akan membuat janin lahir dengan kondisi normal tanpa adanya cacat.

Karbohidrat

Karbohidrat adalah zat untuk memenuhi kebutuhan energi, ini penting agar ibu menjadi kuat saat menjalani masa kehamilan.Kekurangan karbohidrat dapat menghambat pertumbuhan  dan perkembangan janin, bahkan  dapat mengakibatkan mudah keguguran. Bayi yang lahir prematur bisa juga karena si ibu kurang asupan karbohidrat. Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, minum susu kedelai merupakan pilihan yang cukup baik. Tidak hanya itu, susu kedelai juga dapat mengatasi masalah pencernaan yang umum dialami selama hamil.

Akan tetapi, sari kedelai ternyata tidak seluruhnya baik bagi janin.Menurut pendapat yang pernah kita baca,  susu kedelai katanya mengandung genistain , dimana zat ini dapat berpengaruh buruk terhadap sistem reproduksi anak laki-laki. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya konsultasi kepada dokter kandungan mengenai susu kedelai ini. Yaitu megenai Apakah anda mengandung anak laki-laki atau tidak, dan apakah zat dalam susu kedelai ini memang tidak baik bagi janin laki-laki.Semoga artikel mengenai Manfaat susu kedelai bagi ibu hamil ini bermanfaat bagi anda!

Terimakasih telah membaca artikel Manfaat susu kedelai bagi ibu hamil. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Kehamilan, Merawat Bayi, Wanita and tagged , , .

Komentar: