Manfaat sit up bagi kesehatan – cara sit-up yang benar

Cara Terbaik mengecilkan perutMungkin sudah banyak orang yang mengenal olahraga yang bernama sit-up ini. Biasanya sit-up digunakan sebagai tindakan hukuman atas pelanggaran kedisiplinan dalam suatu pelatihan PBB, pramuka dsb. Sementara itu, tahukah Ana bahwa situp yang dilakukan dengan cara benar, akan bermanfaat bagi kesehatan. Dan sebaliknya, jika salah dalam melakukannya justru bisa mengakibatkan cedera otot. Ketahui apa manfaat situp bagi kesehatan , cara situp yang benar serta akibat jika salah dalam melakukannya.

Sit up adalah termasuk jenis latihan retensi otot, khususnya untuk melatih retensi otot perut. Si up dilakukan dengan cara membaringkan diri pada sebuah media datar, baik menggunakan matras maupun langsung di lantai atau tanah. Sit up secara sederhana bisa dilakukan dengan cara melipat kedua lutut dan menjejakkannya di lantai, sementara itu bagian punggung berada pada posisi tidur, dan ditarik agak kedepan menuju arah lutut. Gerakan sit up dilakukan dalam beberapa kali set dengan nafas yang teratur.

Latihan sit up adalah latihan yang tergolong murah, serta  mudah dilakukan karena tidak memerlukan peralatan dan biaya. Namun sit up juga menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa, seperti halnya pada banyak jenis latihan lainnya.

Manfaat sit up bagi kesehatan

Manfaat latihan resistensi seperti sit up untuk Pria dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh,  serta meningkatkan kekuatan otot. Testosteron juga dikenal hormon pria, dan Pria yang memiliki kadar testosteron tinggi akan memiliki kemampuan seksual yang bagus, memiliki otot yang kencang, memiliki tulang yang kuat, dan peluang besar untuk panjang umur. Menurut Medical News Today, rendahnya testosteron terkait dengan osteoporosis, diabetes, tekanan darah tinggi dan peningkatan lemak viseral (lemak yang tidak terlihat tetapi mengelilingi organ vital), baik pada pria dan wanita. Berikut beberapa manfaat luarbiasa dari sit up, menurut beberapa sumber dan penelitian:

Mengencangkan otot

Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1998  oleh peneliti dari Penn State University yang dipublikasikan dalam Journal of Strength and Conditioning Research, bahwa testosteron konsisten merespon otot.
Sit up menggunakan otot-otot besar di dada, yaitu kelompok otot besar deltoid di bahu dan trisep. Juga otot lain, termasuk otot perut yang bertindak sebagai stabilisator.

Mencegah osteoporosis

Menurut Hormone Foundation, rendahnya tingkat testosteron dapat berkontribusi pada hilangnya kepadatan tulang dari waktu ke waktu dan mengakibatkan osteoporosis pada laki-laki.
Dengan demikian, rendahnya tingkat testosteron juga dapat menyebabkan hilangnya massa otot dan kekuatan secara keseluruhan, serta atrofi otot dari waktu ke waktu.

Panjang umur

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2008  oleh para peneliti dari University of Greifswald di Jerman,  menunjukkan bahwa tingkat testosteron yang rendah dapat meningkatkan risiko diabetes, hipertensi, obesitas dan bahkan kematian dini.
Studi yang diikuti peserta selama lebih dari tujuh tahun ini menemukan bahwa orang dengan kadar testosteron rendah 2,5 kali lebih mungkin meninggal dini dibandingkan dengan orang dengan tingkat testosteron lebih tinggi, terlepas dari merokok, konsumsi alkohol atau usia.

Mengecilkan perut buncit

Hasil Penelitian di  Rush University Medical Center pada studi 2009 yang dipublikasikan dalam jurnal Obesitas, menemukan korelasi antara tingkat testosteron yang rendah dan berfluktuasi pada wanita menopause dapat mengakumulasi lemak visceral, yaitu lemak yang menumpuk di dalam dan sekitar organ vital di dekat pinggang. Dengan demikian, sit up bisa dikatakan sebagai olahraga yang dapat mengecilkan perut buncit.

Waktu terbaik melaksanakan sit up?

Si tup bisa dilakukan kapan saja, sama dengan olahraga lain pada umumnya. Asalkan dilaksanakan secara rutin, maka anda akan memperoleh manfaat yang luarbiasa dari sit up.

Cara sit up yang baik dan benar

  • Usahakan agar setiap bagian tubuh berada pada posisi yang benar. Jika Anda sudah merasa nyaman dan siap, barulah sit up bisa dimulai. Untuk itu, sebaiknya mencari lantai yang datar, dan rata tentunya.
  • Meskipun sit up dapat dilakukan dimana saja asal ada lantai atau tanah yang datar, tetapi akan lebih baik jika menggunakan matras. Hal ini agar Anda merasa nyaman, serta terhindar dari materi yang dapat melukai kulit punggung.
  • Lakukan sit up dengan hanya Fokus pada pergerakan otot perut, bukan menghitung berapa banyak sit up yang mampu Anda lakukan.
  • Untuk pertamakali, lakukan sit up hanya dengan beberapa set yang sama selama beberapa waktu latihan. Tak perlu terburu-buru untuk menambah jumlah set, yang penting dilakukan saja secara rutin.
  • Yang tak kalah pentingnya adalah mengatur nafas dengan benar. Pada saat tubuh dalam posisi tidur, tarik nafas dalam-dalam. Dan hembuskan nafas secara perlahan pada saat posisi bangun.

Hal-hal yang harus dihindari saat melakukan sit up:

  • Jangan melakukan gerakan situp, jika Posisi belum pas.
  • Jangan melakukannya sit up terlalu cepat
  • Melakukan terlalu banyak gerakan sit up, dengan alasan agar supaya lebih cepat langsing

Terimakasih telah membaca artikel Manfaat sit up bagi kesehatan – cara sit-up yang benar. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Gaya Hidup, Kesehatan, Tahukah, Tips Sehat and tagged , , .

Komentar: