Manfaat Singkong bagi kesehatan


Singkong, mungkin anda sudah sangat akrab mendengar nama ini.Namun mungkin juga  tidak akrab dengan singkong pada lidah Anda.

Singkong identik dengan makanan pedesaan, hanya biasa tersaji di meja sederhana milik petani.Ada istilah “Anak singkong”, yang berarti anak petani dari desa yang selalu hidup sederhana.Namun jangan salah, berkat kemajuan industri masa kini, singkong sudah naik derajat menjadi makanan cemilan olahan yang enak dilidah.Manfaat singkong bagi kesehatanBerbagai makanan olahan dari singkong kini sudah banyak yang mengihiasi etalase supermarket modern.

Ngomong ngomong, tahukah anda bahwa singkong ternyata banyak memberikan efek positif/ baik bagi kesehatan tubuh?,,,,

Buktinya,,, hmm,,,mau bukti nih,,,,,, Para petani yang hidup bersahaja didesa ternyata lebih jauh dari penyakit-penyakit yang tergolong penyakit modern mematikan seperti kanker dan jantung.Orang desa justru menyebut penyakit-penyakit berbahaya tersebut dengan sebutan “penyakit orang Kota”.Masa iya sih????…ya iyalahhh,,, Karena Hasil penelitian menunjukkan, bahwa singkong ternyata mampu membuat jantung sehat dan tulang kuat.

Daripada ngelantur kepanjangan, berikut Manfaat Singkong bagi kesehatan, seperti dilansir situs Nutrition and You.

  • Kandungan kalori singkong cukup tinggi, bahkan mencapai 2 kali kalori kentang. Dalam 100 gr singkong didapat 160 kalori, hingga dapat menjadi makanan alternatif sumber kalori selain nasi.
  • Kandungan lemak dalam singkong rendah, dibanding dengan kacang-kacangan dan sereal. Namun proteinnya cukup tinggi jika dibanding makanan seperti kentang, pisang dan ubi.
  • Vitamin K dalam singkong dapat menjadi nutrisi yang membantu pembentukkan massa tulang. Ini membuat resiko penyakit osteoporosismenurun dan tulang menjadi lebih kuat.Vitamin juga baik untuk pengobatan penyakit Alzheimer karena membatasi berkembangnya kerusakan syaraf otak.
  • Singkong kaya vitamin B kompleks dan B6 yang dibutuhkan dalam pembentukkan darah, hingga baik untuk pasien anemia .
  • Singkong yang direbus dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, hingga baik untuk menurunkan resiko sakit jantung. Selain itu, serat yang dikandung oleh singkong pun baik untuk pencegah penyakit kanker usus, membantu mengendalikan diabetes, serta stroke.
Lihat Juga :  Efek buruk tidur siang menyebabkan kematian dini?

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: