Manfaat Mengonsumsi Banyak Sayuran Bagi Kesehatan


Manfaat Sayuran bagi kesehatanManfaat Sayuran bagi kesehatan – Sayuran merupakan bahan makanan yang paling akrab diantara kita. Namun sayangnya tidak sedikit yang mengabaikan makanan sehat yang satu ini. Sebenarnya sayuran harganya lebih terjangkau daripada jenis bahan makanan yang lain, seperti daging, ikan atau yang lainnya. Nutrisi yang terdapat pada Ikan dan daging juga banyak yang  diperlukan oleh tubuh, sayuran sebagai pengimbang bahkan pendetoksifikasi alami dari zat negatif dari daging atau ikan juga sangat diperlukan. Rata-rata sayuran memiliki rendah lemak jenuh, dan tinggi lemak tak jenuh yang diperlukan tubuh. Bahkan sayuran rata-rata tinggi zat penting seperti kalium dan zat antioksidan kuat, dan diyakini diet sayuran bisa membuat kulit awet muda dan tidak mudah mengendur. Selain itu, diet yang benar kaya sayuran akan meminimalisir resiko penyakit mematikan seperti jantung, kanker, stroke dll.

Sayangnya tak jarang orang yang tidak menyukai sayuran, sayuran dianggap makanan yang kurang menggugah selera. Mungkin dengan membaca sedikit ulasan gizi dari sayuran ini, anda yang tak menyukai sayuran bisa berubah fikiran. Begitu tinggi manfaat sayuran bagi kesehatan, dan semua itu perlu untuk kita ketahui.

Berikut manfaat sayuran yang paling penting bagi kesehatan tubuh kita mengenai macam macam nutrisi pentingnya;

Tahukah Anda bahwa, memasukkan sayuran dalam diet mungkin adalah cara termudah untuk tetap sehat, langsing dan terpelihara. Karena sayuran rendah kalori namun merupakan makanan yang kaya gizi. Sayuran membantu Anda untuk berada pada kesehatan yang optimal jangka panjang, serta juga untuk tetap dapat  menjaga berat badan yang sehat. Simak manfaat-manfaat pentingnya makan sayuran berikut:

Sayuran kaya Antioksidan:

Seperti dikatakan sebelumnya, sayuran berlimpah zat antioksidan yang sangat berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.  Sebagian besar sayuran berwarna hijau, kuning dan oranye juga mengandung persentase kalsium yang tinggi, potasium, zat besi, magnesium, vitamin B-kompleks, vitamin A, vitamin C, vitamin K, zea-xanthins,  dan karoten serta kripto-xanthins.

Lihat Juga :  Faktor Penyebab Diabetes

Sayuran merupakan Sumber Serat yang Baik:

Sayuran adalah pilihan yang bagus untuk mendapatkan makanan berserat, karena ini tingginya persentase tingkat serat dalam sayuran. Dengan serat, maka jalur pencernaan Anda tetap baik. Sayuran yang melimpah adalah serat larut serta serat tak larut, yang dikenal sebagai polisakarida non-pati (NSP). Serat ini berperan menyerap air ekstra dalam usus kita, dan dengan demikian akan mempertahankan kadar air dalam kotoran. Sehingga hal ini membantu dalam sistem pencernaan, mencegah sembelit kronis, dan wasir.

Sayuran mengandung zat Anti Kanker:

Kubis, kubis Brussel, kembang kol, dan brokoli memiliki kandungan tinggi indoles dan isothiocyanate. Komponen ini memiliki sifat protektif terhadap kanker usus besar, kanker payudara, kanker kulit dan beberapa jenis kanker lainnya.

Sayuran Protein dan asam amino:

Jika Anda kurang makan produk hewani dalam diet Anda, maka Anda harus memastikan bahwa diet Anda kaya protein dari sayuran untuk mengimbangi protein yang hilang. Setelah Anda membuat kombinasi sayuran dalam makanan, Anda akan mendapatkan asam amino dalam jumlah yang cukup untuk hidup sehat. Makan banyak kacang-kacangan, bayam, bersama nasi gandum merupakan makanan yang seimbang.

Kadar air sayuran yang tinggi:

Semakin banyak kita mengonsumsi sayuran, maka semakin banyak asupan air yang yang akan membersihkan keluar semua limbah dari tubuh Anda. Karena secara struktural, sayuran mengandung tinggi air.

Sayuran Sumber Kaya Mineral:

Magnesium yang banyak terdapat pada sayuran  terbukti sangat membantu untuk pasien dengan diabetes tipe 2. Jika Anda menambahkan setidaknya 1 porsi sayuran berdaun hijau setiap hari, itu akan sangat mungkin untuk menurunkan risiko diabetes. Sayuran hijau juga kaya zat besi dan kalsium.

Lihat Juga :  Cara Menurunkan Berat Badan dengan cepat

Sayuran sumber Vitamin yang tinggi:

Beberapa jenis sayuran hijau mengandung tinggi Tingkat vitamin K yang tinggi , ini merupakan cara alami yang ideal mencegah masalah tulang. Vitamin K diperlukan untuk produksi osteocalcin, protein yang wajib untuk kesehatan tulang secara tepat. Dari hasil sebuah survei, penambahan sayuran berhijau daun akan sangat mengurangi kemungkinan patah tulang pinggul pada wanita paruh baya.

Sayurang mengandung senyawa Lycopene dan beta karoten:

Sayuran berhijau daun mengandung beta-karoten yang tinggi, yang ketika diubah menjadi vitamin A akan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Tomat memiliki likopen yang tinggi, sehingga dapat melindungi mata dari masalah penglihatan.

Sayuran mengandung Sulfida Alil:

Bawang putih, bawang merah, daun bawang kaya sulfida alil, yaitu senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat melindungi lambung dan saluran pencernaan dari penyakit mematikan seperti kanker.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: