Manfaat Sayur Kangkung

Manfaat sayur kangkungManfaat Sayur Kangkung – Kangkung termasuk tanaman sayuran yang paling populer dikalangan masyarakat. Harganya yang murah, mudah tumbuh, cepat panen, mudah cara mendapatkannya serta mudah diolah mungkin adalah alasan utamanya. Oleh karena itulah, alangkah lebih baik jika kita juga mengetahui manfaat sayur kangkung ini bagi kesehatan.
Kangkung yang namanya latinnya Ipomoea Aqatica ternyata pada awalnya berasal dari India, kemudian  menyebar ke Malaysia, Birma, Indonesia, China Selatan, Australia, dan Afrika. Di China, Kangkung dikenal dengan nama Weng Cai. Di Eropa, Kangkung disebut Swamp Cabbage, Water Convovulus, atau Water Spinach. Di Indonesia sendiri, kangkung bisa ditemukan di hampir seluruh daerah.

Tanaman Kangkung masuk ke dalam suku Convolvulaceae atau keluarga kangkung-kangkungan. Kangkung merupakan tanaman yang tumbuh cepat dan sudah memberikan hasil hanya dalam waktu 4 hingga 6 minggu. Dalam satu musim saja, kangkung bisa tumbuh dengan panjang 30 hingga 50 cm. Kangkung terdiri atas dua jenis, yaitu Kangkung Darat yang disebut Kangkung Cina, dan Kangkung Air yang tumbuh secara alami di sawah, rawa, atau parit. Kalau menurut saya, kangkung yang tumbuh diair adalah kangkung yang paling sedap. Namun ini tergantung selera , dan bagaimana cara mengolahnya saja. Pada dasarnya kandungan gizi antara kangkung budidaya air sama budidaya darat adalah sama.

Berikut kandungan gizi dan manfaat sayur kangkung bagi kesehatan:

Kangkung adalah salah satu sayuran sehat yang banyak sekali manfaatnya. Kangkung mengandung zat seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, hentriakontan, dan sitosterol. Berdasarkan penelitian,  Kangkung juga menghasilkan indikasi manfaat untuk mengobati berbagai macam gangguan kesehatan yang bersifat antiracun.

Herminia de Guzman Ladion adalah  pakar kesehatan dari Filipina, dan beliau kangkung ke dalam kelompok tanaman penyembuh ajaib. Kangkung dianggap sebagai sarana pengusir racun dari tubuh. Di negara itu, tanaman ini dipakai untuk menyembuhkan sembelit dan obat bagi mereka yang sedang melakukan diet. Akar kangkung, terutama kangkung darat, juga berguna untuk mengobati penyakit wasir.

Pada situs Healtstore  Kangkung disebutkan memiliki khasiat sebagai obat tradisional antipenuaan, antilupus dan antiparkinson. Kangkung yang  bersifat antiracun, juga bisa untuk mengobati antiradang, peluruh kencing dan juga dapat menghentikan perdarahan.

Kangkung juga termasuk sebagai sayuran tinggi serat, sehingga kangkung bisa digunakan mencegah sembelit. Karena sifatnya yang antiracun, kangkung juga Juga dapat mengatasi keracunan akibat makanan, mimisan serta sariawan. Daun dan akar kangkung bisa mengurangi sakit bisul dan obat untuk pengobatan tradisional wasir. Di negeri Thailand, Kangkung digunakan sebagai bahan tradisional untuk perawatan  kulit. Air rendaman kangkung juga digunakan untuk membasmi ketombe.

Kangkung Kaya dengan zat besi.

Zat besi  sangat penting untuk tubuh kita, peranannya dalam membentuk sel darah merah sangatlah vital. Lemas, pusing dan pandangan kabur adalah ciri awal anemia karena  kekurangan zat besi. Pada kangkung terdapat  2,5 mg/100g  zat besi, sehingga sangat baik untuk mengatasi anemia/kurang darah.

Mengurangi haid berlebihan.

Jika anda menderita haid berlebihan, bisa memanfaatkan kangkung untuk mengatasinya. Caranya:Ambil setengah kilogram daun Kangkung segar. Cuci bersih, lalu tumbuk halus. Tuangkan air setengah gelas, saring dan tuangkan satu sendok makan madu. Minum sekali sehari sekaligus. Haid akan jadi baik dan lancar. Jika suka terlambat haid, baca disini obatnya.

Mencegah penyakit diabetes melitus.

Ekstrak Kangkung sudah diuji di laboratorium, dan hasilnya ternyata Ekstrak Kangkung berguna sebagai obat anti diabetes. Hal ini karena Ekstrak Kankung  akan menghambat penyerapan kadar gula dalam darah. Perbanyaklah mengkonsumsi Kangkung, bila anda mengidap penyakit diabetes mellitus. Obat tradisional diabetes melitus lainnya adalah undur-undur.

Kangkung Kaya vitamin C

Kangkung juga banyak mengandung vitamin C . Secara umum, kandungan vitamin C pada Kangkung lebih banyak dibanding kebanyakan sumber vitamin C pada buah-buahan. Oleh karena itu, kangkung baik untuk mencegah sariawan/gusi berdarah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tak mudah terkena serangan penyakit akibat virus, misalnya flu. Baca Juga: Manfaat Vitamin C

Kangkung juga kaya vitamin B kompleks, sehingga bisa menenangkan otak.

Kadar vitamin B Komplek dan Omega 3 pada Kangkung, ternyata juga cukup banyak. Keduanya merupakan peningkat produksi serotin dalam otak kita, sehingga bisa menciptakan suasana tenang melalui otak.Oleh karena itu, kangkung bisa dikatakan bisa  menyegarkan kembali otak kita.

Membuat tidur lebih nyenyak dan mencegah insomnia

Kangkung, memiliki sifat sedatif, sehingga sering dikatakan sebagai penyebab ngantuk.  Kangkung Juga berpotensi bisa  mengendurkan saraf. Hal karena adanya mineral seng dan selenium yang terkandung di dalamnya. Sehingga bila mengonsumsi Kangkung, saraf jadi kendur. Semakin kendur saraf-saraf kita, maka tidur pun akan semakin nyenyak dan lelap. Mungkin sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsi kangkung, jika sesaat mau bekerja dikantor. Khabar baiknya adalah, kangkung dapat membantu mengatasi kesulitan tidur/insomnia dan membantu untuk dapat tidur lebih pulas.

Menajamkan penglihatan.

Kangkung kaya akan vitamin A , sehingga Kangkung bisa menjaga kestabilan penglihatan mata. Vitamin A yang terdapat pada kangkung sebesar 6300 IU, sedikit lebih banyak dibanding bayam yang hanya 6100 IU. Hal tersebut dapat dilihat dari warna daunnya, semakin hijau daunnya maka kandungan betakarotin juga semakin tinggi. Itulah sebabnya Kangkung dipercaya bisa menambah menajamkan pengklihatan mata.

Melancarkan air seni.

Ambilah akar Kangkung secukupnya. Direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus 1 kali sehari. Niscaya air seni akan lancar.

Menghilangkan ketombe.

Ambilah seikat daun Kangkung. Rendam daun ini semalaman hingga airnya berwarna kebiruan. Lalu, keramas dengan air rendaman. Lakukan setiap hari, niscaya ketombe akan hilang.

Menghilangkan sembelit ibu hamil.

Bagi para ibu sedang hamil, biasanya merasa mual dan menderita sembelit. Maka ambilah seikat daun Kangkung. Ditumis biasa saja dan dimakan. Kandungan serat yang tinggi pada kangkung akan menghilangkan rasa mual dan sembelit pada ibu hamil.

Nah itulah beragam manfaat dan khasiat sayuran kangkung bagi kesehatan. Jika ada yang bilang kangkung berbahaya bagi kesehatan, maka jangan percaya karena belum ada penelitian yang bilang jika kangkung mengandung zat berahaya.

Terimakasih telah membaca artikel Manfaat Sayur Kangkung. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Kesehatan, Khasiat Herbal, Makanan, Tahukah and tagged , , , , , .

Komentar: