Manfaat Pijat untuk Anjing


manfaat pijat untuk anjingPijat tak hanya dibutuhkan oleh manusia, anjing piaraan pun bisa memperoleh manfaat yang besar dari pijat. Baca terus  untuk mengetahui mengapa Anda harus mempertimbangkan terapi pijat untuk anjing Anda.
Panti pijat dan paket khusus untuk anjing sepertinya hanya terdengar lebih seperti memanjakan anjing daripada sesuatu keharusan. Tapi dokter hewan menyarankan terapi pijat untuk anjing, karena mereka katakan memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkait. Terapi pijat tersebut tidak hanya membantu pada tingkat fisiologis anjing, tetapi juga membantu  mencegah timbulnya kondisi yang dapat mempengaruhi anjing secara psikologis. Anjing juga akan memperoleh manfaat dari pijat,  sama banyaknya dengan terapi pijat untuk manusia. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi untuk Anda, mengapa Anda harus serius mempertimbangkan suatu hal yang sama untuk anjing Anda.

Berikut beberapa penjelasan ringkas mengenai manfaat terapi pijat untuk anjing .

Meringankan Ketegangan otot

Sama seperti manusia, anjing (khususnya trah anjing yang aktif) juga mengalami sakit otot karena suatu bentuk kelelahan yang  ekstrim. Pijat membantu mengendurkan bagian otot yang tegang, sehingga sirkulasi darah menjadi lebih baik pada daerah tersebut,  sehingga dengan demikian akan mengurangi rasa sakit. Pijat juga bermanfaat mengencangkan otot-otot dan meningkatkan fleksibilitas, terutama di sekitar sendi dimana otot yang paling dipakai. Pijat secara teratur juga dikenal untuk mengurangi terjadinya kejang otot, nyeri, dan mati rasa pada ras anjing yang aktif.

Meningkatkan sirkulasi Darah dan getah bening

Teknik utama yang digunakan pada terapi pijat anjing adalah untuk merangsang sistem sirkulasi, sehingga sirkulasi darah dan cairan limfatik menjadi sehat. Pijat membantu memperbaiki sirkulasi darah untuk meningkatkan aliran oksigen, bersama dengan membilas racun dan limbah lainnya. Hal ini sangat membantu dalam mengelola berat badan anjing, kelebihan berat badan dan obesitas.

Lihat Juga :  Bunga Cantik ini sangat BERBAHAYA karena Beracun kuat

Mengurangi Stres pada anjing

Salah satu daerah yang paling stres pada anjing adalah daerah disekitar dekat leher, ini adalah karena anjing seringkali harus melihat benda-benda, hal-hal, dan pemiliknya, di atas permukaan mata normal mereka. Oleh karena itu, ada teknik pemijatan tertentu yang membantu pelepasan endorfin. Endorfin membuat anjing merasa santai, dan meremajakan anjing secara mental dan fisik, dan mencegah kemungkinan serangan masalah kesehatan yang disebabkan karena stres yang berlebihan.

Meningkatkan Mobilitas dan Daya Tahan tubuh anjing

Hal ini sangat bermanfaat bagi anjing keturunan atletik. Agility, flyball, dan cakram anjing atau anjing Frisbee adalah beberapa olahraga anjing yang populer, di mana anjing anjing akan terlihat aktif dan berlari. Hal ini tentu saja bagus bagi kesehatan mereka, dan karenanya, pijat telah disarankan oleh dokter hewan untuk memecahkan masalah yang dihadapi ras anjing atletik. Pijat secara teratur akan meningkatkan fleksibilitas anjing, tidak hanya anjing trah atletik, tetapi juga mereka yang tinggal dirumah.

Mempercepat pemulihan pasca operasi

Selain membebaskan anijng dari kebosanan, penyakit, pijatan lembut telah terbukti mempercepat masa pemulihan pasca operasi. Ras anjing aktif rentan terhadap cairan ligamen (sendi lutut) dan patela luxating (dislokasi sambungan lutut) operasi yang bisa memiliki waktu pemulihan yang lama. Dengan demikian, dokter hewan mengatakan bahwa memijat anjing sebelum dan setelah operasi seringkali mempromosikan penyembuhan lebih cepat. Karena anjing tidak bisa aktif setelah operasi, terapi pijat akan membantu stagnasi setiap cairan tubuh, mencegah kemungkinan terjadi gangguan pencernaan.

Manfaat lain

Pijatan akan menjaga postur dan keseimbangan, mengurangi rasa sakit kronis dari arthritis dan hip dysplasia (terutama pada anjing yang lebih tua), dan mMeningkatkan kesehatan kulit, dan mengurangi hiperaktif dan kecemasan

Lihat Juga :  Bunga Cantik ini sangat BERBAHAYA karena Beracun kuat

Berikan komentar Anda: