Manfaat Pijat Bagi kesehatan

Manfaat Pijat Bagi KesehatanManfaat Pijat Bagi kesehatan – Pijat sudah menjadi kegemaran banyak orang semenjak dari dulu. Pijat bisa membuat fikiran menjadi rilex dan terasa nyaman dibadan, sehingga seringkali membuat orang ketagihan. Apakah pijat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan?,,Beberapa ahli kesehatan sepakat, jika pijat meman bermanfaat bagi kesehatan.

Pijat dapat memperlancar peredaran darah, sehingga distribusi zat dan oksigen keseluruh organ tubuh menjadi lancar. Hal ini tentu saja akan meningkatkan kinerja seluruh organ tubuh.

Berikut manfaat pijat bagi kesehatan

Merelaksasi otot

Otot-otot akan tegang sehabis bekerja, sehingga menimbulkan rasa nyeri karena terjadi kontraksi. Dengan dilakukan pemijatan pada otot, maka otot akan kembali kendur, sehingga tubuh menjadi rileks dan terbebas tegang dan stress .

Memperlancar peredaran darah

Pemijatan pada titik titik tertentu akan memperbaiki sirkulasi darah yang tersumbat akibat aktifitas sehari-hari. Dengan demikian, sirkulasi darah akan lancar kembali. Dengan lancarnya sirkulasi darah, maka organ tubuh akan mendapatkan oksigen dan nutrisi penting lebih banyak.

Mengurangi tekanan darah/hipertensi

Pada saat tubuh dipijat, tubuh akan mendapat rangsangan yang mempengaruhi reseptor tekanan di bagian otak yang mengatur tekanan darah. Pemijatan pada daerah dada, leher, dan punggung mampu menurunkan denyut jantung hingga 10 denyut tiap menitnya. Dan, tekanan darah bisa menurun hingga delapan persen.

Tidur lebih nyenyak

Pijat juga dapat meningkatkan kemampuan otak. Gelombang otak bisa berubah-ubah menurut kondisi tubuh seseorang. Pemijatan disaat pagi hari akan meningkatkan kesegaran tubuh, sementara pemijatan dimalam hari akan membuat orang bisa tidur lebih nyenyak. Jika anda sering mengalami sulit tidur, cobalah untuk melakukan terapi pijat.

Mengurangi stress dan meningkatkan daya tahan tubuh

Pada saat tubuh dipijat, maka saraf vagus akan mengirim sinyal kepada kelenjar adrenal untuk menekan produksi hormon stres seperti kortisol sehingga menurun. Saat tubuh mendapat pijatan, hormon kortisol yang menurun sehingga dapat mengurangi stres, sementara itu juga akan meningkatkan sel darah putih yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh kita.

Selain bisa meningkatkan kesehatan, ternyata pijat tidak boleh dilakukan pada beberapa kondisi kesehatan. Orang dengan diabetes sebaiknya berhati hati jika melakukan terapi pijat, yaitu harus selalu mengontrol gula darah dalam tubuh. Orang dengan gangguan darah menggumpal juga dilarang untuk pijat, karena gumpalan darah bisa tergiring ke arah jantung atau otak sehingga bisa mengakibatkan serangan jantung atau stroke.

Pijat ideal dilakukan minimal 1 minggu sekali, karena jika dilakukan setiap hari justru manfaatnya tak akan banyak dirasakan. (dari berbagai sumber).

Terimakasih telah membaca artikel Manfaat Pijat Bagi kesehatan. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Gaya Hidup, Kesehatan, Tips Sehat and tagged , , , .

Komentar: