Manfaat Pijat bagi kesehatan anak


Manfaat Pijat Bagi Anak dan balitaManfaat Pijat bagi kesehatan anak – Pada tradisi masyarakat jawa (kalau daerah lain kita kurang tahu), pijat pada anak seperti nya sudah menjadi tradisi.Para orang tua selalu menyarankan cucu-cucunya untuk rutin dibawa ke dukun pijat anak.Pertanyaannya apakah pijat pada anak ini baik bagi kesehatan?, atau apakah pijat pada balita ini aman?,,,

Tapi memang pada kenyataannya anak-anak akan rewel jika telat untuk dipijatkan.Jika selesai dipijat, dia lebih kelihatan tenang dan tridurnya pulsa.Ini berarti pijat memang baik bagi kesehatan, menurut versi pengalaman.lalu bagaimana pijat balita ini menurut versi medis?,,,dalam dunia medis ada yang pro dan kontra mengenai pijat anak ini.Akan tetapi rumah sakit rumah sakit justru gencar mengkampanyekan manfaat pijat untuk kebugaran anak.

Para ahli medis yang pro menyarankan untuk melakukan pemijatan pada anak, terutama untuk anak dengan gangguan keseimbangan, gangguan sensoris(contoh: mudah kaget), kurang nyaman terkena cahaya matahari, takut dengar suara tertentu, keterlambatan motorik(contoh:terlambat berjalan) dan gampang jatuh ketika jalan/lari.Disarankan juga untuk beberapa anak dengan gangguan seperti: serebral palsi, kelainan tulang pinggul (hip displasia), fibrosis kistik, penyakit tulang rapuh dan menjadi lunak (osteogenesis imperfecta), epilepsi, hidrosefalus, sindrom Down, kelainan tulang kaki yang disebut talipes (club foot).

Pijat juga bisa berbahaya, hal ini berkaitan dengan resiko selain manfaat baiknya.Untuk itu, pijat sebaiknya diserahkan kepada ahli yang sudah dipercaya banyak orang, serta memiliki pengalaman jam terbang tinggi.Selain itu tukang pijat balita harus bersertifikat kompetensi dan memiliki ijin praktek resmi.

Berikut ini beberapa manfaat pijat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh anak :

  • Asalkan pemijatan dilakukan dengan benar dan berhati-hati,¬† maka pijat dapat memulihkan fungsi dan kinerja sistem persarafan manusia, terutama gangguan syaraf pada pada anak.
  • Pijat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit( imun).
  • Kondisi tubuh anak akan lebih bugar , karena pijat dapat menghilangkan kelelahan dari berbagai aktivitas harian.Hal ini tentu akan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit, karena penyakit lebih mudah¬† menyerang kepada anak yang kelelahan.
  • Pijat dapat melancarkan¬† peredaran darah sehingga suplay oksigen dan metabolisme tubuh semakin lancar. Ini akan mengembalikan kebugaran anak yang selalu aktif dalam masa ertumbuhannya.
Lihat Juga :  Manfaat Vitamin B Kompleks

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: