Manfaat minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari


Manfaat minum air putih setelah bangun tidur di pagi hariManfaat minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari – Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi adalah penting. Ketika tiba waktunya, untuk memenuhi kebutuhan itu mungkin anda memiliki preferensi sendiri. Anda bisa menikmati kopi atau soda, tapi sejauh ini tidak ada minuman apapun yang mengalahkan segelas air putih biasa yang menyegarkan. Minum air setiap saat adalah bermanfaat bagi kesehatan, namun mengkonsumsi segelas besar air putih untuk pertama kalinya di pagi hari akan membawa manfaat yang unik.

Berikut beberapa Manfaat minum air putih setelah bangun tidur dipagi hari

Manfaat Air putih

Air adalah nutrisi paling penting bagi kehidupan. Tubuh sangat tergantung air untuk melakukan setiap reaksi kimia yang terjadi. Menurut Clemson University, bahkan tubuh terdiri atas cairan sebanyak 75 persen dari berat. Air putih lebih murah, dan tersedia secara luas dan alami. Air juga rendah kandungan sodium dan bebas kafein, sehingga menjadikan air putih sebagai sumber terbaik untuk memenuhi kebutuhan hidrasi Anda pertama kali dalam hari Anda.

Kenyamanan

Terkadang karena kesibukan, kita seringkali lupa untuk berhenti sejenak dan minum air putih, bahkan ketika memang sedang haus. Dan minum bersama dengan makanan mungkin bukan waktu terbaik, karena dapat mencairkan cairan pencernaan dan dapat mengganggu perut, menurut Don Colbert, MD,  penulis “Eat This and Live.” Inilah sebabnya mengapa minum air putih pertama di pagi hari merupakan hal yang sangat ideal. Saat bangun tidur, perut masih kosong, sehingga air tidak akan menghalangi pencernaan. Sediakan segelas air putih di meja samping tempat tidur, sehingga ketika bangun dipagi hari Anda tak lupa untuk meminumnya.

Air putih Mengurangi asam lambung

Anda mungkin salah satu dari jutaan orang yang sering mengalami mulas, kondisi yang umumnya disebabkan tingginya kadar asam lambung, menurut “The Family Medicine Handbook.” Perut adalah sumber utama asam klorida dalam tubuh, dan mensekresi sepanjang malam. Tanpa manfaat makanan untuk mencairkan asam, rasa mulas yang lebih mungkin terjadi pada pagi hari. Minum air segera setelah bangun tidur dapat mengurangi tingkat keasaman di perut, sehingga dapat membantu meringankan gejala sakit maag atau perut mulas.

Lihat Juga :  Khasiat: Manfaat Cuka Apel

Air putih dapat Membantu BAB secara rutin

Air putih akan membantu mencegah sembelit,  dan minum air pertama di pagi hari dapat membantu merangsang gerakan usus. Tubuh tergantung pada kontraksi ritmik yang terjadi di usus untuk bersama membantu memindahkan makanan. Kontraksi ini tergantung pada apa yang dikenal dengan refleks gastrocolic, menurut buku “Fisiologi.” Cukup, ketika Anda mengisi perut Anda dengan makanan atau minuman, tubuh akan merasakan kedatangan makanan baru, kemudian mengirimkan sinyal ke usus  untuk bekerja dan meningkatkan kemungkinan untuk buang air besar. Untuk bisa mencapai hal ini, air adalah pilihan yang baik, karena menyegarkan serta bebas kalori.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: