Manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan

manfaat mendengarkan musik bagi kesehatanSudah merupakan sesuatu yang tak diragukan lagi bahwa musik dapat menenangkan jiwa yang lelah, dan sudah lama digunakan juga untuk terapi kesehatan. Memang pada kenyataan kebanyakan orang menyukai berbagai jenis musik, dan jenis terapi musik ini bersifat universal karena tidak ada yang benar-benar bisa mengatakan bahwa mereka tidak menikmati musik. Bahkan janin yang masih dalam kandungan yang didengarkan musik, diyakini dapat mendapat manfaat lebih setelah beberapa lama dilahirkan ketika mulai besar.

Manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan

Kenikmatan mendengarkan musik hanyalah salah satu aspek, karena mendengarkan musik ternyata ada manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat # 1: Meredakan Stres

Stres adalah masalah krusial yang telah diyakini secara medis sebagai penyebab banyak penyakit kronis. Sudah sangat mantab sekali dikatakan bahwa stres adalah Ibu dari banyak penyakit. Dengan kata lain yang secara tak langsung bahwa musik bisa menghindarkan kita dari banyak penyakit. Orang bisa mengurangi risiko terkena penyakit dengan mendengarkan musik yang mereka sukai sesering mungkin. Dalam sebuah studi terbaru yang dilakukan, subyek yang mendengarkan musik dua kali dalam sehari selama satu setengah jam dalam dua minggu, ditemukan bahwa tingkat stres dan kecemasan subyek menurun secara signifikan.

Manfaat # 2: Stimulasi sel-sel otak

Ketika orang mendengarkan musik dengan beat yang kuat akan menghasilkan gelombang otak dengan resonansi yang sinkron dengan ketukan musik, sehingga meningkatkan konsentrasi dan berpikir waspada. Di sisi lain, musik klasik tidak hanya bisa menempatkan otak dalam keadaan meditatif yang tenang,  tetapi juga meninggalkan rasa lebih baik dan kepuasan tentang diri mereka sendiri beberapa lama setelah musik dimatikan.

Manfaat # 3: Membantu untuk lebih berupaya dalam latihan

Mendengarkan musik sambil berolahraga seringkali menjadi salah satu cara terbaik untuk memperoleh semangat dan meraih upaya yang banyak dalam latihan. Mungkin beberapa sesi latihan yang berulang bisa berubah menjadi membosankan, namun dengan mendengarkan musik sambil berolahraga akan membantu menghilangkan kebosanan. Olahraga yang cukup dan teratur pada kahirnya juga menggiring kita kepada fitalitas dan kesehatan yang lebih baik.

Manfaat # 4: Tidur nyenyak

Karena musik memiliki efek menyeimbangkan terhadap stres dan kecemasan, mendengarkan musik sambil tiduran bisa sangat menguntungkan karena dapat menenangkan pikiran. Hasil akhirnya tidur malam menjadi lebih baik. Tidur cukup, kesehatan tentu juga akan didukung dengan lebih baik. Sebab ketahuilah bahwa sering suka tidur larut malam bisa membawa dampak yang merugikan bagi kesehatan, bahkan  sering kurang tidur berkaitan dengan kematian dini.

Manfaat # 5: Mendengarkan musik dapat bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit

Mendengarkan musik Tidak hanya dapat mengurangi depresi, stres dan kecemasan, tetapi juga dapat menghilangkan rasa sakit. Hal ini karena dapat menyebabkan pelepasan hormon endorfin, ketika seseorang mendengarkan musik yang sangat dinikmati sehari-hari.

Terimakasih telah membaca artikel Manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Gaya Hidup, Kesehatan, Tahukah, Tips Sehat and tagged , , , .

Komentar: