Manfaat Membacakan buku kepada Anak


manfaat membacakan buku kepada anakBuku adalah jendela ilmu, merupakan ungkapan beberapa kata yang dalam sekali maknanya. Artinya, seseorang harus rajin membaca buku pengetahuan jika ingin mendapatkan ilmu. Namun diera teknologi canggih ini membaca bukan hanya bisa melalui buku, karena dunia maya juga merupakan sumber bacaan yang luas. Dengan demikian tak ada lagi alasan tak membaca karena jauh dari perpustakaan,  atau harga buku yang mahal. Jadi, untuk memiliki anak yang lebih pintar, tak harus selalu sulit dan mahal. 🙂

Untuk itu jika Anda ingin anak Anda menjadi pintar, maka tanamkanlah kecintaan untuk membaca pada Anak Anda sejak dini. Membaca yang dibiasakan sejak dini memiliki begitu banyak manfaat bagi kecerdasan anak. Anda bisa menanamkan kebiasaan membaca pada anak-anak sedini mungkin, bahkan pada beberapa bulan usia mereka. Anak usia beberapa bulan tentu saja masih belum bisa diajarkan membaca secara langung, namun kitalah sebagai orang tua yang akan membacakan buku untuk mereka dengarkan.

Banyak penelitian menunjukkan, bahwa membacakan kepada anak-anak memiliki banyak efek yang positif.

Penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Rhode Island untuk membandingkan dua kelompok usia delapan bulan. Satu kelompok sering dibacakan sejak bayi, sementara kelompok yang lainnya tidak. Kelompok yang sering dibacakan memiliki kosakata ( jumlah kata yang mereka pahami) meningkat 40 persen sejak masa bayi, sedangkan kelompok yang tidak hanya meningkat 16 persen.

Bahkan ada penelitian lain yang menyebutkan bahwa, manfaat membacakan buku baik oleh ibu bahkan semenjak ia masih dalam kandungannya.

Membaca untuk anak adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membangun “bahasa “, karena koneksi saraf dalam otak mereka sedang berkembang.

Berikut ini manfaat membacakan untuk Anak sejak bayi:

  • Membaca untuk anak akan membuat ikatan antara Anda dan sikecil, dan ini akan memberikan anak rasa keakraban dan kebahagiaan. Rasa keakraban ini tidak hanya akan membuat anak Anda merasa dekat dengan Anda, merasa dicintai, dan mendapatkan perhatian juga dapat membantu anak untuk tumbuh lebih cerdas.
  • Keakraban saat membaca untuk anak adalah suatu pengalaman yang menyenangkan baginya, dan ia akan memiliki sikap yang positif terhadap budaya membaca saat ia besar nanti.
  • Membaca kepada anak juga akan menenangkan anak Anda, terutama ketika ia rewel dan gelisah.
  • Akan mendorong peningkatan komunikasi antara Anda dan anak Anda.
  • Anak prasekolah yang sering mendengarkan bahasa dengan jalan mendengar kata-kata yang dibacakan kepadanya, serta dalam percakapan cenderung akan membuat lebih baik ketika anak sudah sekolah.
  • Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa siswa yang mencintai belajar dan dapat melakukannya dengan baik di sekolah, sering mendengarkan orang membaca semenjak sebelum usia prasekolah.
  • Bayi Anda akan belajar sejak awal dasar-dasar dari membaca buku, seperti kata-kata yang di wakili oleh suara dan konsep, kata-kata yang dibaca dari kiri, hingga lanjutan cerita saat Anda membalik halaman buku.
  • Mendorong rentang perhatian , yang merupakan keterampilan penting bagi anak Anda untuk dapat berkonsentrasi .
  • Membangun keterampilan mendengarkan dan imajinasi.
  • Anak belajar tentang warna, bentuk, angka, dan huruf, sementara anak yang lebih tua akan menemukan sebuah rantai yang memperluas pengetahuan. Misalnya minat terhadap mobil,  yang akan diperluas lagi minatnya ke truk, dan transportasi lain seperti pesawat dan kereta api, roket, dan ia akan segera membaca buku tentang luar angkasa, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan sebagainya.
  • Sebuah studi yang diterbitkan dalam Perspektif Psychological Science pada Januari 2013 menyimpulkan bahwa ” membaca untuk anak dengan gaya interaktif mengangkat IQ-nya lebih dari 6 poin . “. Baca tentang Tingkatan IQ disini
  • Buku akan mengajarkan keterampilan berpikir anak lebih awal. Ketika Anda membaca untuk anak Anda, maka ia belajar untuk memahami sebab dan akibat, ia belajar untuk latihan logika, serta berpikir secara abstrak. Ia belajar konsekuensi dari sebuah tindakan, dan dasar-dasar tenang apa yang benar dan salah.
  • Buku mengajarkan anak Anda tentang hubungan, situasi, kepribadian, dan apa yang baik dan apa yang buruk di dunia yang ia tinggal. Dongeng selalu akan mempesona anak, dan membantu dia membedakan antara apa yang nyata dan apa yang tidak.
  • Ketika anak Anda telah mencapai tahap baru dalam pertumbuhannya, atau mengalami situasi baru dan asing, membaca untuk anak tentang cerita yang relevan dengan pengalaman barunya dapat mengurangi kecemasan dan sekaligus akan membantu dia untuk mengatasinya. Misalnya, jika anak Anda stres saat hari pertamanya di sekolah, atau tentang pindah ke lokasi baru, Anda dapat membacakan buku kepadanya yang menunjukkan bahwa itu bukanlah pengalaman yang tak menyenangkan.
  • Anak belajar lebih awal,  bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan dan bukanlah merupakan sebuah bagian dari tugas. Ketika anak sudah tumbuh besar, Anda sudah tidak akan stres untuk menyuruhnya membaca setiap hari, karena membaca seperti telah menjadi bagian kebiasaan yang menyenangkan bagi anak.
Lihat Juga :  Penyebab dan pengobatan ingusan pada anak kecil

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: