Manfaat Makanan Pedas dari rempah Alami


manfaat rasa pedas pada rempah rempahManfaat Makanan Pedas dari rempah alami – Banyak sekali ragam kuliner khas Indonesia menggunakan bahan rempah-rempah seperti cabe, merica, lada hitam, kunyit, dan berbagai macam bahan bumbu lain untuk menambahkan rasa pedas pada sajian masakan.Capasaicin adalah zat yang menimbulkan rasa pedas pada rempah-rempah tsb, yang diyakini oleh para ahli mampu menambah nafsu makan.Selain itu, rasa pedas juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Rasa pedas memang suka bikin ketagihan bagi banyak orang.Namun awas, jangan kebanyakan mengkonsumsinya, karena kebanyakan pedas justru bisa berakibat buruk bagi tubuh kita.

Berikut Manfaat Makan Makanan Pedas bagi kesehatan

1. Mengurangi Resiko Kanker.

Menurut American Association for Cancer Research, capsaicin juga memiliki kemampuan membunuh beberapa sel kanker dan leukimia. Sedangkan kunyit, yang dijadikan bumbu kari dan mustar, bisa memperlambat penyebaran kanker dan pertumbuhan tumor. Untuk hasil yang lebih maksimal, kombinasikan dengan lada hitam untuk menyerap kunyit 2.000 % lebih banyak.

2. Menurunkan berat badan.

Cabai mengandung capsaicin yang akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Hal ini terjadi karena capsaicin meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatnya detak jantung.
capsaicin memiliki efek termogenik yang bisa menyebabkan tubuh membakar kalori saat mengunyah selama 20 menit.

3. Menurunkan Tekanan Darah dan dapat Memperlancar Sirkuasi Dalam Darah.

Vitamin A dan C mampu menguatkan dinding otot jantung dan dinding pada pembuluh darah sementara panas dari lada meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Kombinasi hal ini bisa menghasilkan sistem kardiovaskuler yang lebih kuat.

4. Mengurangi Stres.

Mengurangi stres. Makanan pedas meningkatkan produksi hormon yang memberikan rasa menyenangkan, seperti serotonin.Hasilnya, makanan ini membantu mengusir depresi dan stres.

Lihat Juga :  Khasiat: Manfaat Cuka Apel

5. Melancarkan Pernapasan.

Makanan pedas bertindak seperti espektoran dan membantu penderita asma, bronkitis kronik, sinusitis, dan penyakit pernapasan lainnya bernapas lebih baik.

6. Mengatasi Gejala Flu.

Capsaicin membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu.

7. Menyehatkan Jantung

Hasil studi menunjukkan, budaya mengkonsumsi makanan pedas menyebabkan insiden serangan jantung dan stroke yang lebih rendah.dikarenakan cabai merah bisa mengurangi efek merusak dari kolesterol jahat dalam tubuh, sedangkan capsaisin bisa melawan peradangan.Keduanya merupakan faktor risiko untuk masalah jantung

8. Menjaga Mood

Cabai merah meningkatkan level endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman.Hormon ini bisa berlaku seperti pelawan stres dan depresi.

9. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Manfaat cabai dalam saluran cerna adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus.Capsaicin juga membantu membunuh bakteri Hpylori penyebab sakit maag.

10.Tidur Lebih Nyenyak

Peneliti dari Australia menemukan orang yang rutin mengasup makanan pedas lebih mudah tidur, dan Mereka juga cenderung bangun lebih pagi dan lebih segar.

Demikian banyak  Manfaat Makanan Pedas  yang berasal dari rempah alami.Namun demikian, konsumsilah dalam batas yang wajar, sehingga tidak menimbulkan dampak negatif pada kesehatan tubuh.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: