Manfaat Kunyit untuk mengatasi masalah Menstruasi


manfaat kunyit untuk mengatasi masalah menstruasiKunyit adalah rempah yang telah digunakan untuk berbagai resep makanan diseluruh dunia. Juga diyakini jika kunyit memiliki beragam khasiat dalam penggunaannya untuk menjaga kersehatan. Beberapa kondisi kesehatan yang diyakini bisa teratasi oleh kunyit adalah artritis, nyeri ulu hati (dispepsia), sakit perut, diare, gas usus, perut kembung, kehilangan nafsu makan, sakit kuning, masalah hati dan gangguan kantong empedu.

Kunyit juga digunakan untuk meringankan sakit kepala, bronkitis, pilek, infeksi paru-paru, fibromyalgia, demam, masalah haid, dan kanker. Kegunaan lain termasuk mengurangi depresi, penyakit Alzheimer,  cacingan, dan masalah ginjal.

Belum tahu apa itu penyakit alzheimer?,,,,, daripada penasaran, baca juga Penyebab, faktor resiko, dan pencegahan Alzheimer disini

Beberapa orang juga menerapkan kunyit pada kulit untuk menghilangkan rasa nyeri, kurap, memar, infeksi mata, inflamasi kulit, nyeri mulut, dan luka yang terinfeksi.

Efektifitas pengobatan menggunakan kunyit

Situs kesehatan terpercaya, Medline Plus menunjukkan bukti efektifitas kunyit dalam hal pengobatan. Berikut kunyit untuk pengobatan beberapa penyakit yang dinilai efektif:

Ada beberapa bukti bahwa menerapkan salep kunyit dapat membantu untuk meringankan gatal-gatal dan bau yang disebabkan oleh kanker kulit. Kunyit juga dinilai cukup efektif untuk membantu kondisi peradangan sendi atau Rheumatoid arthritis (RA). Kurkumin, adalah senyawa kimia dalam kunyit, yang dapat membantu untuk mengurangi beberapa gejala rheumatoid arthritis. Disebutkan juga jika kunyit cukup efektif untuk Penyakit kuning, Hepatitis, Diare, masalah Hati, kantong empedu, Sakit kepala, masalah Menstruasi, Kurap, Memar, Infeksi mata, Masalah kulit dan Penyakit Alzheimer. [ Baca juga: Kunyit dapat menyembuhkan kanker usus besar!, disini]

Kunyit untuk mengatasi masalah menstruasi

Seperti sudah dijelaskan diatas, Kunyit termasuk dinilai efektif untuk mengatasi masalah-masalah selama menstruasi. Hal ini karena kunyit memiliki sifat kuat mengencerkan darah, serta  kemampuan untuk memecah penggumpalan darah. Dengan demikian kunyit sangat bermanfaat untuk membantu haid yang tidak lancar. Untuk manfaat yang ini, mungkin telah banyak wanita yang sudah menggunakannya.

Lihat Juga :  Manfaat Sayur Kangkung

Masalah menstruasi lainnya yang bisa dibantu oleh kunyit adalah kram dan nyeri haid. Kenapa bisa demikian?… Kunyit bekerja dengan menghambat prostaglandin, yaitu sebuah efek yang sama dengan efek dari obat non steroid yang diresepkan dokter. Prostaglandin adalah zat kimia dalam tubuh yang merangsang kontraksi pada rahim, dan yang ikut serta dalam menghasilkan rasa sakit dan peradangan. Dengan kemampuan kunyit yang  menghambat prostaglandin, dapat dijelaskan mengapa kunyit memiliki efek untuk meredakan kram menstruasi.

Efek samping menggunakan kunyit

Kemungkinan kunyit aman jika digunakan dengan tepat oleh orang dewasa. Namun, hal tertentu berikut bisa menimbulkan efek samping:

  • Kunyit pada umumnya tidak menimbulkan efek samping yang signifikan, namun pada beberapa orang dapat menyebabkan sakit perut, mual, pusing, atau diare. Ada laporan yang menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi kunyit lebih dari 1500 mg dua kali sehari, akan mengalami irama jantung yang abnormal berbahaya. Namun bukti yang jelas yang mendukung laporan ini tidak jelas. Sampai fakta yang sebenarnya bisa diungkap, sebaiknya menghindari terlalu banyak mengkonsumsi kunyit.
  • Medline Plus juga menjelaskan, jika minum jamu kunyit KEMUNGKINAN tidak aman  untuk kehamilan. Kunyit dapat membantu menstruasi dan merangsang rahim, sehingga bisa beresiko keguguran jika dikonsumsi oleh wanita hamil. Masih belum ada informasi yang cukup tentang kunyit untuk Wanita menyusui, sehingga jalan terbaik adalah menghindarinya.
  • Karena diketahui memiliki sifat memperlambat pembekuan darah, bisa disimpulkan bahwa orang yang akan menjalani operasi sebaiknya tidak mengkonsumsi kunyit paling tidak 2 minggu sebelum pelaksanaan.
  • Kunyit bisa  memperburuk masalah kandung empedu. Jangan gunakan kunyit jika Anda memiliki batu empedu atau obstruksi saluran empedu.
  • Kunyit bisa menyebabkan sakit perut pada beberapa orang, terutama pada orang dengan Gastroesophageal reflux disease (GERD).
Lihat Juga :  Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: