Manfaat Kuliah atau Belajar Diluar Negeri


manfaat belajar diluar negeriAnda mungkin bertanya-tanya pada diri Anda, mengapa Anda harus meninggalkan kenyamanan lingkungan yang Anda akrab-i, demi sebuah studi lebih lanjut diluar negeri. Ada banyak hambatan yang menyangkut pribadi dan profesional, ketika Anda menghadapi saat hidup sebagai mahasiswa di negeri asing. Menghadapi kesulitan ini justru akan membantu Anda dalam memperluas pandangan Anda dan memperkuat karakter. Manfaat secara keseluruhan belajar di luar negeri lebih besar daripada kesulitan yang akan dihadapi saat Anda sedang belajar jauh dari tepat tinggal. Beberapa kesulitan yang dihadapi mungkin termasuk belajar bahasa baru, berteman dengan orang-orang dengan latar belakang budaya yang berbeda, belajar untuk menjadi mandiri dan independen, menemukan jalan di negara baru, dll. Sebagian besar mahasiswa yang pergi belajar ke luar negeri memilih negara dengan ekonomi yang lebih baik, dan sistem pendidikan yang lebih baik daripada di negara mereka sendiri. Hal ini dapat menyebabkan masalah keuangan, sehingga siswa mungkin harus bekerja paruh waktu untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Tepat waktu dan manajemen uang adalah kunci untuk bisa membagi antara peran sebagai mahasiswa dan pekerja/profesional – mahasiswa tidak bisa mengabaikan pekerjaan sampingan untuk membayar kebutuhan sehari-hari,  juga tidak bisa mengabaikan studi yang merupakan tujuan utama. Beradaptasi dengan perubahan budaya membuatnya bisa dengan mudah untuk hidup dalam sebuah masyarakat baru, serta memperluas wawasan. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang keuntungan belajar di luar negeri.

Manfaat dan Keuntungan Belajar di Luar Negeri

Pertumbuhan Level Pribadi yang lebih tinggi

Sekolah di luar negeri adalah merupakan sumber hal-hal besar yang akan diperoleh selama belajar. Mahasiswa tentu harus bisa belajar hidup sendiri, memasak, manajemen keuangan, mencari teman baru, dan mengeksplorasi ide-ide baru, sehingga mereka bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan meningkatkan keterampilan pribadi dan sosial mereka. Pengetahuan tersebut sangatlah penting, karena akan memberikan rasa kemerdekaan, serta membantu untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan diri.

Lihat Juga :  7 Tanda Pria yang menCintai dengan Tulus - Cinta Sejati

Pertumbuhan Level Sosial yang lebih tinggi

Belajar budaya baru juga akan membantu mahasiswa memahami budaya sendiri dari perspektif yang baru. Memperluas perspektif sangat penting agar bisa hidup berdampingan secara damai di dunia yang semakin multi-budaya. Sebagian besar perusahaan mengakui,  bahwa mahasiswa tersebut memiliki wawasan yang lebih luas, serta memiliki keunggulan daripada mahasiswa yang telah belajar di tanah air mereka. Menyadari masalah yang dihadapi oleh orang-orang di seluruh dunia dan merenungkan atas isu-isu tersebut bisa memotivasi Anda untuk membawa perubahan positif dalam masyarakat Anda.

Meningkatkan Karir

Mungkin ada perbedaan, yaitu antara jenis sistem pendidikan yang dijalankan di tanah air, dan yang dijalankan di negara-negara lain. Hasil dari pengajaran metode baru dapat membantu Anda untuk bisa memahami pelajaran yang lebih baik. Jika Anda menemukan metode pengajaran baru yang lebih sulit, maka Anda harus menerimanya sebagai tantangan dan harus bisa memperbaiki diri sendiri. Menerima semua masalah yang tak bisa terelakkan sebagai tantangan, akan membantu Anda agar bisa menghadapinya dengan keyakinan. Pendidikan asing akan meningkatkan prospek pekerjaan Anda, karena kebanyakan perusahaan lebih memilih karyawan dengan paparan pengetahuan internasional. Pengetahuan tentang bahasa asing dan budaya juga meningkatkan kesempatan Anda untuk perekrutan sebuah posisi terbaik disuatu dipekerjaan. Sebagian besar universitas yang baik menggabungkan metode pengajaran interaktif dan berorientasi tugas, yang berfokus pada peningkatan basis pengetahuan siswa dan membuat Anda siap untuk pekerjaan di bidang yang Anda minati.

Kesempatan magang Internasional

Pengalaman kerja sangat dihargai oleh pemimpin perusahaan selama perekrutan. Melakukan magang saat masih di perguruan tinggi akan menempatkan Anda selangkah di depan orang lain yang tidak melakukannya. Sebagai bonus, magang di luar negeri akan memberikan sejumlah manfaat untuk Anda. Ini termasuk pengalaman profesi internasional yang sangat layak, studi dan jaringan dengan para profesional dari seluruh dunia, pengetahuan tentang keragaman praktik dan kebiasaan, pembiasaan di lingkungan kerja perusahaan multinasional atau asing, dan sebagainya. Dengan demikian, Anda akan menjadi lebih baik dengan pengalaman studi di luar negeri yang disebutkan pada resume Anda.

Lihat Juga :  Cara meningkatkan pendapatan Google Adsense

Peningkatan Keterampilan Bahasa

Kebanyakan program studi di negara-negara asing memasukkan pelajaran bahasa kedua (bahasa yang digunakan oleh masyarakat setempat) pada tingkat menengah dan lanjutan. Kurikulum program tersebut meliputi instruksi kelas, diskusi, dan latihan lapangan, yang pada gilirannya akan meningkatkan interaksi mahasiswa serta mengembangkan kemampuan keterampilan bahasa secara lisan dan tertulis. Dengan menerapkan kemampuan bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari, mahasiswa atau siswa memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bisa bertahan serta berkembang di negara baru.

Membangun banyak koneksi baru

Sementara belajar di luar negeri, Anda juga terikat untuk membentuk suatu jaringan sosial yang besar, yang meliputi siswa lain di perguruan tinggi, direktur akademik, dosen-dosen, kontributor program, staf program, dan keluarga homestay. Itulah kekuatan dari pengalaman, bahwa kebanyakan mahasiswa lebih memilih untuk tetap berhubungan dengan seseorang atau yang lain di negara itu. Beberapa mungkin akan tetap terhubung dengan untuk mengejar mengejar kursus yang lebih tinggi atau menerima beasiswa, sementara yang lain mungkin akan terus berkomunikasi dengan keluarga homestay mereka selama bertahun-tahun. Namun, kontak yang paling memperkaya dan menguntungkan adalah dengan teman-teman dan rekan-rekan, yang berlangsung selama seumur hidup.

Menjelajahi petualangan baru Anda

Keputusan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di negeri asing itu sendiri, adalah sebuah petualangan. Untuk lebih mengungkap batin petualang Anda, bangsa lain menawarkan Anda untuk menjelajahi hal yang belum dilakukan di tanah air, dan Anda juga akan menikmati kegiatan yang mungkin tidak tersedia di negara Anda. Tergantung pada negara mana yang Anda pilih, Anda bisa mencoba berbagai macam olahraga petualangan, mulai dari bersepeda gunung, ski es ,  wingsuit, dan sebagainya. Apapun olahraga yang Anda ikuti, itu pasti akan memberikan pengalaman yang unik dan tak terlupakan.

Lihat Juga :  Perbedaan Pria dan Wanita secara Psikologis

Pengalaman mengubah hidup

Bagi Anda yang pernah menjalani kehidupan yang sejauh ini terlindung, maka akan menyadari tentang sukacita dan kesulitan hidup sendirian. Anda belajar untuk bertanggung jawab dan melakukan perawatan yang tepat bagi diri Anda sendiri, karena Anda hanya bergantung pada diri sendiri, bahkan pada saat sedang sakit. Hidup dengan orang-orang dari latar belakang budaya yang berbeda, atau memiliki hubungan dengan mereka, adalah sebuah pengalaman tersendiri. Kondisi di luar negeri juga bisa memaksa Anda untuk menjalani hidup sederhana atau mengubah gaya hidup Anda. Kembali ke rumah ditanah air setelah tinggal di luar negeri selama bertahun-tahun bisa membawa rasa prestasi.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: