Manfaat Kopi untuk Kesehatan


Manfaat Kopi bagi kesehatanManfaat Kopi untuk Kesehatan – Kopi sudah sejak dulu dikenal sebagai minuman berenergi, yang nikmat dan hangat dinikmati dikala lagi istirahat habis melakukan aktifitas. Sebagian besar orang merasa rileks dan rasa penat hilang seketika setelah satu seruput Kopi. Ada dua varietas kopi yang dikenal masyarakat, yaitu kopi robusta dan kopi arabica. Kopi arabica adalah varietas kopi yang dikenal paling tinggi kualitasnya, dan tentunya lebih mahal harganya daripada varietas kopi lainnya. Sudah tahu mengenai kopi luwak?,, kopi termahal didunia,,, Baca klik disini!

Kopi sudah dikenal sebagai minuman berenergi sejak 3000 tahun lalu atau 1000 tahun sebelum masehi. Semenjak itulah minuman yang dibuat dari ekstrak kopi ini dimanfaatkan masyarakat hingga kini, dan bahkan sudah sangat populer, dan seolah sudah membudaya dibanyak belahan dunia.

“Tahukah Anda bahwa Kopi bukan hanya minuman hangat dan energi, tetapi juga mungkin sangat baik untuk kesehatan Anda?.”

Dalam beberapa tahun terakhir dan beberapa dekade, para ilmuwan telah mempelajari efek kopi terhadap berbagai aspek kesehatan, dan hasilnya memang sungguh menakjubkan

Berikut adalah 7 alasan mengapa kopi bisa dikatakan sebagai salah satu minuman yang baik untuk kesehatan .

 

1. Kopi Bisa Membuat Anda lebih Pintar

Kopi tidak hanya membuat Anda bisa tetap terjaga,  namun kopi juga benar-benar bisa membuat Anda lebih pintar.

Bahan aktif dalam kopi adalah kafein, yang merupakan stimulan dan zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia.

Mekanisme utama kafein di otak yang menghalangi efek inhibitory neurotransmitter yang disebut Adenosin.Dengan menghalangi efek penghambatan Adenosin, kafein justru meningkatkan penembakan neuron di otak dan pelepasan neurotransmiter lain seperti dopamine dan norepinephrine .

Lihat Juga :  Hukum dan manfaat Khitan bagi kesehatan Laki-laki

Banyak percobaan yang telah meneliti efek kafein pada otak, menunjukkan bahwa kafein dapat memperbaiki mood, waktu reaksi, memori, kewaspadaan dan fungsi kognitif umum.

Intinya: Kafein bisa menghambat inhibitory neurotransmitter di otak, menyebabkan efek stimulan yang bersih. Percobaan terkontrol telah menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan fungsi otak dan menciptakan suasana hati yang baik (goodmood).

2. Kopi Dapat membantu Membakar Lemak dan Meningkatkan Kinerja Fisik

Kafein, sebagian karena efek stimulan pada sistem saraf pusat, baik meningkatkan metabolisme dan meningkatkan oksidasi asam lemak .

Kafein juga dapat meningkatkan kinerja atletik dengan beberapa mekanisme, termasuk dengan memobilisasi asam lemak dari jaringan lemak.

Dalam dua meta-analisis terpisah, kafein ternyata dapat meningkatkan kinerja latihan rata-rata sebesar 11-12% .

Intinya: Kafein meningkatkan tingkat metabolisme dan membantu untuk memobilisasi asam lemak dari jaringan lemak. Hal ini akan meningkatkan kinerja fisik.

3. Kopi Bisa menurunkan Risiko Diabetes Tipe II secara signifikan

Diabetes tipe II adalah penyakit berkaitan dengan gaya hidup yang sudah seperti epidemi, yaitu meningkat 10 kali lipat dalam beberapa dekade , dan sekarang sudah menjangkiti  sekitar 300 juta orang.

Penyakit ini ditandai dengan kadar glukosa darah yang tinggi akibat resistensi insulin, atau ketidakmampuan untuk memproduksi insulin.

Dalam studi observasional, kopi telah berulang kali dikaitkan dengan risiko rendah diabetes. Pengurangan risiko diabetes oleh kopi berkisar antara 23% hingga 67%.

Dari hasil Sebuah 18 studi yang melibatkan total 457,922 peserta, seperti yang ditulis pada sebuah artikel,  Setiap cangkir tambahan kopi per hari menurunkan risiko diabetes sebesar 7%. Semakin banyak orang minum kopi, makin rendah resiko terkena diabetes.

Baca Juga :

Berikan komentar Anda: