Manfaat Jamur bagi Kesehatan


Manfaat jamur bagi kesehatanManfaat Jamur bagi Kesehatan – Hmm,, mendengar namanya saja kita bisa mengecap air liur  secara tiba-tiba, karena membayangkan sup jamur yang lezat. Jamur memang memiliki citarasa yang unik, gurih dan lembut.

Tidak hanya nikmat sebagai sup jamur saja, jamur nikmat disajikan dalam berbagai macam sajian, misalnya digoreng. Bahkan saat ini, sudah banyak resto yang menawarkan jamur sebagai menu utama.

Jamur sendiri terdiri dari berbagai macam jenis dan pemanfaatan, ada jamur yang khusus untuk obat tradisional, ada yang enak untuk di masak, namun ada juga jenis jamur yang beracun. Namun  jangan khawatir, jika anda mendapatkan jamur dengan cara membeli disupermarket, karena pasti itu adalah  jamur yang aman dah,,,

Terlepas dari citarasa kuliner jamur, ternyata jamur ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan.

Berikut Manfaat baik Jamur bagi Kesehatan yang perlu Kita ketahui

 

Jamur Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jamur juga kaya Antioksidan, sehingga dapat melindungi tubuh kita dari radikal bebas. Selain itu juga dapat meningkatkan protein antivirus tubuh kita, dan juga berguna untuk memperbaiki sel “ sel tubuh yang rusak.

Jamur juga sangat baik untuk mencegah infeksi jamur dan mikroba karena jamur juga merupakan antibiotik alami.

Jamur Mencegah Kanker

Jamur juga baik dalam pencegahan kanker. Terutama untuk kanker prostat dan payudara. Beta-glukan dan asam linoleat terkonjugasi dalam jamur memiliki efek anti karsinogenik. Yaitu dapat  menekan efek dari elemen menyebabkan kanker yang disebut estrogen.

Zat zat tersebut memiliki sifat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh manusia. Anda dapat memasukkan jamur ke dalam diet harian anda, karena jamur  sangat baik dan memiliki banyak manfaat.

Lihat Juga :  Buah-buahan yang mengandung kalori tinggi

Jamur Baik Untuk Jantung

Jamur juga sangat bagus sekali untuk menjaga kesehatan jantung, karena jamur  juga tinggi nutrisi. Jamur dapat menurunkan kolesterol dalam darah, karena mengandung enzim dan serat.

Baik dikonsumsi untuk penderita Diabetes

Apakah anda menderita diabetes?,, jika ya, maka jamur adalah salah satu makanan yang harus anda makan. Jamur kaya akan serat, vitamin, dan mineral, namun  tidak mengandung karbohidrat, lemak dan gula. Jadi jamur sangat cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu jamur juga berpotensi membentuk insulin, dimana ini dapat mencegah terjadinya diabetes.

Menurunkan Berat Badan

Nah ini dia untuk anda yang kelebihan berat badan. Ternyata jamur juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Kok bisa? karena jamur adalah sumber protein dan diet kaya protein yang baik dalam menurunkan berat badan. Jadi mulai sekarang ayo masukkan jamur ke dalam menu diet anda.

Memperlancar Metabolisme Tubuh

Jamur juga sangat baik untuk memperlanjar metabolisme tubuh. Mereka kaya akan vitamin B yang membantu dalam pembakaran makanan menjadi glukosa untuk energi. Vitamin B2 dan B3 yang ada pada jamur, sangat baik untuk tujuan tersebut.

Dibalik rasa masakan khas jamur yang luarbiasa , terkandung pula segudang manfaat bagi kesehatan. Jadi, nggak ada alasan lagi bagi anda untuk tidak memasukkan jamur kedalam menu konsumsi harian.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: