Manfaat dan Khasiat Kurma menurut Medis


Kandungan gizi kurma - pohon kurmaKandungan gizi kurma – Manfaat dan Khasiat Kurma menurut Medis – Kita semua pasti sudah tahu dan kenal kurma, walaupun tanaman ini hanya banyak dibudidayakan di negara Arab dan afrika.namun pohon Kurma atau nama ilmiahnya Phoenix Dactylifera,  juga tumbuh pula di  Eropa Selatan, Asia Barat Daya bahkan di Amerika.Tingginya bisa sampai 20 meter, daunnya menyirip, berumah dua dan Buahnya buni-buni.

Dulunyakurma adalah makanan utama bagi bangsa-bangsa yang mendiami gurun pasir. Di masa sekarang ,  biasanya kurma lebih dulu buat manisan sebelum dijual.Penggulaan pada kurma ini juga dimaksudkan untuk pengawetan. Pada masa dulu, sebenarnya kurma juga pernah ditemukan di Saparua-Maluku.

Saudi Arabia adalah negara penghasil kurma terbesar. Di kawasan Madinah juga banyak terdapat banyak area tanah subur dan oase-oase yang dapat ditanami sayuran dan buah-buahan. namun Berbeda dengan Mekkah, daerah ini benar-benar gersang.

Kesuburan tanah Madinah itu tidak akan musnah atau berkurang, tetapi akan terus bertambah dan berkembang mengimbangi kedatangan tamu-tamu Allah dari seluruh penjuru dunia.Di Madinah, pohon kurma sejak dahulu tumbuh subur. Tanah Madinah memiliki mukjizat atau setidaknya berkah khusus, karena Rasulullah pernah memohon pada Allah Subhaanahu wa taala .Ya Allah berilah Madinah ini dua kali berkah yang Kau berikan kepada Mekah.

Manfaat dan Khasiat Kurma menurut Medis modern

Itulah sedikit tentang kurma dan daerah penghasil kurma terbesar.Dan berikut ini akan kami paparkan sebagian dari manfaat dan khasiat kurma ditinjau dari sudut pandang medis modern,  yang sekaligus menguatkan khabar Al-Quran Al-Karim dan As-Sunnah Ash-Shahihah tentang khasiat dan keutamaan kurma.

Tabel kandungan gizi pada kurma

Khasiat dan manfaat kurma menurut medis

Tamr (kurma kering)

Berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan. Penelitian yang terbaru menyatakan bahwa buah ruthab (kurma basah) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistol-nya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke seluruh tubuh-red). Bahkan Allah Subhanahu wa Taala memerintahkan Maryam binti Imran untuk memakan buah kurma ketika akan melahirkan, dikarenakan buah kurma mengenyangkan juga membuat gerakan kontraksi rahim bertambah teratur, sehingga Maryam dengan mudah melahirkan anaknya.

Lihat Juga :  Penyebab dan cara mengatasi bayi sungsang

Allah Subhanahu wa Taala berfirman.

Artinya : Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini [Maryam : 25-26]

Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah membawakan perkataan Amr bin Maimun di dalam tafsirnya : Tidak ada sesuatu yang lebih baik bagi perempuan nifas kecuali kurma kering dan kurma basah

Dokter Muhammad An-Nasimi dalam kitabnya, Ath-Thibb An-Nabawy wal Ilmil Hadits (II/293-294) mengatakan, Hikmah dari ayat yang mulia ini secara kedokteran adalah, perempuan hamil yang akan melahirkan itu sangat membutuhkan minuman dan makanan yang kaya akan unsur gula, hal ini karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan bayi, terlebih lagi apabila hal itu membutuhkan waktu yang lama. Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistol-nya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke seluruh tubuh-red). Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam ruthab (kurma basah). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah untuk dicerna dengan cepat oleh tubuh

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: