Manfaat dan kandungan gizi buah nangka


Manfaat dan kandungan gizi buah nangkaBuah Nangka adalah buah yang sangat fleksibel. Artinya: Ketika masih muda(tewel/gori), enak dijadikan sayur, khususnya sayur gudeg Yogya. Kalau sudah masak apalagi, enak dimakan begitu saja, juga mantap dibuat kolak, es atau bahan tambahan membuat kue puding. Aroma nangka masak sangat harum dan kuat, sehingga dari jauh sudah tercium kelezatannya. Namun ternyata dibalik kelezatan buah eksostis ini, ternyata masih banyak yang menyangsikan kandungan dan manfaat gizinya.

Buah yang populer bergizi tinggi selama ini lebih yang paling dikenal seperti jeruk, apel, buah naga, stroberi, pepaya dll. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya buah nangka ini juga syarat akan nutrisi, tak kalah dengan popularitas jeruk akan vitamin C-nya?.. Sebenarnya, buah nangka juga memiliki kandungan vitamin kurang lebih sama dengan mereka. Buah nangka yang harum manis juga kaya mengandung vitamin C! ,,,, nah, nggak nyangka bukan?. Bahkan hingga bijinya pun mengandung gizi seperti protein, karbohidrat dan energi, yang tak kalah jumlahnya dengan daging buahnya.

Kandungan nutrisi buah nangka serta manfaatnya bagi kesehatan

Buah yang bernama latin Artocarpus heterophyllus ini juga dikatakan memiliki kandungan energi, karbohidrat dan protein.  Nangka juga kaya akan mineral dan vitamin lainnya, yang yang baik untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Kandungan vitamin A dan C pada buah nangka juga merupakan antioksidan serta berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

Buah yang populer diluar negeri dengan nama jackfruit ini juga diketahui tinggi kalium, yaitu elektrolit yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal dan mencegah infeksi. Tak ketinggalan, biji buah nangka juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, kandungan gizinya juga tak kalah jumlah dengan daging buahnya. Biji nangka atau yang disebut beton juga mengandung karbohidrat, protein dan energi yang sama dengan buahnya. Mineral penting seperti fosfor, zat besi  dan kalsium juga ditemukan didalam buah berasa manis dan legit ini. Kombinasi zat besi dan kalsium merupakan pendukung utama untuk kesehatan tulang, serta mempromosikan jumlah sehat sel darah merah kita.

Lihat Juga :  Dampak Buruk Makanan Cepat saji

Buah tropik yang ukurannya superbesar ini juga baik untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke, pasalnya kandungan kalium yang berguna untuk mengontrol tekanan darah. Beberapa golongan dari Vitamin B seperti thiamin, riboflavin dan niacin, dan folat yang sangat dibutuhkan tubuh kita setiap hari ini juga  banyak ditemukan dalam buah nangka.

Ringkasan gizi buah nangka

  • Vitamin C, merupakan zat antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta fungsi sel darah putih.
  • Mengandung fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan saponin, yang akan membentuk perlindungan tubuh dari kanker.
  • Vitamin A , juga merupakan antioksidan untuk menjaga dan memelihara kesehatan mata dan kulit.
  • Mengandung gula alami seperti fruktosa dan sukrosa, cocok untuk menambah pasokan energi tubuh kita.
  • Mengandung mineral seperti mangan, fosfor, kalium, dan zat besi.
  • Mengandung kelompok vitamin B kompleks, seperti , thiamin, riboflavin dan niacin yang akan menunjang seluruh fungsi organ tubuh.

Perhatian:

Jangan terlalu banyak makan buah nangka masak karena akan menyebabkan pembetukan gas diperut, yang dapat mengakibatkan perut mulas dan mencret.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: