Manfaat dan efek samping terapi ikan


Manfaat dan efek samping terapi ikanKita mengenalnya dengan sebutan terapi ikan, atau kalau di barat dikenal dengan sebutan fish pedicure – adalah terapi yang memanfaatkan gigitan-gigitan oleh ikan kecil dengan merendamkan kaki dikolam. Garra rufa adalah salah satu jenis ikan yang banyak digunakan untuk terapi ikan. Terapi semacam ini sudah populer dan banyak bertebaran dibeberapa kota di Indonesia, bahkan diseluruh dunia. Banyak yang meyakini  jika fish pedicure ini banyak memberikan manfaat untuk berbagai macam masalah kesehatan terutama kulit.

Manfaat terapi ikan bagi kesehatan

Gigitan ikan ini diyakini dapat membantu membersihkan dan mengelupaskan kulit. Individu yang menginginkan terapi ini diminta untuk memasukkan kakinya di dalam kolam atau tangki  air tawar hangat yang berisi puluhan hingga ratusan ikan. Ikan-ikan  kecil dan ompong ini akan menghisap dan menggigit dengan lembut kulit kering dan mati dari kaki. Ikan yang menggigit memberikan sensasi geli, dan dianggap sebagai pijatan relaksasi. Setelah melakukan terapi ikan ini, Anda akan merasa segar dan kaki tampak sehat.

Terapi ikan bermanfaat untuk pengelupasan kulit mati, meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan bakteri, dan juga mengurangi bau kaki. Juga dikatakan bisa menyembuhkan penyakit kaki atlet, dan banyak kondisi kulit lainnya. Sebuah studi yang dilakukan di bawah lingkungan yang terkendali di sebuah universitas kedokteran di Austria, mengungkapkan bahwa terapi ikan ini efektif mengobati psoriasis.

Resiko dan efek samping terapi Ikan

Risiko tertular infeksi dari air yang digunakan terapi ikan adalah rendah, apabila kebersihan yang air selalu dijaga dengan baik. Tapi ada beberapa masalah kesehatan lain yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan terapi ikan. Berikut saran dokter:

  • Orang yang memiliki masalah sistem kekebalan tubuh yang lemah dan kondisi medis tertentu seperti diabetes, psoriasis, dll, tidak dianjurkan untuk melakukan terapi ini karena lebih rentan terhadap infeksi.
  • Ikan jenis Garra rufa adalah jenis ikan yang umum digunakan, yang hidup di perairan hangat sungai-sungai didaerah Timur Tengah. Menurut Health Protection Agency, ikan Garra rufa adalah jenis ikan yang baik dan aman digunakan, karena sangat rendah infeksi jika pengusaha spa ikan tertib menjaga kebersihan. Tapi ada beberapa hal yang dikhawatirkan tentang keamanan pengobatan ini. Berikut beberapa di antaranya :
  • Tangki ikan yang digunakanmungkin mengandung sejumlah mikroorganisme. Hal ini dapat menyebabkan infeksi yang mungkin bisa disebabkan karena air kotor, jika kebersihannya tidak terjaga dengan baik.
    Infeksi juga bisa menyebar dari manusia ke ikan, atau ikan ke manusia, atau ikan ke ikan, jika masing-masing membawa beberapa penyakit menular. Dengan demikian, orang dengan luka atau infeksi pada kaki tidak diperbolehkan untuk menjalani terapi ini sebelum sembuh.
Lihat Juga :  Pembungkus makanan Plastik yang membahayakan kesehatan

 

Dr Hilary Kirkbride, konsultan epidemiologi dari HPA mengatakan, ” Asalkan salon terapi memberlakukan standar kebersihan yang baik, masyarakat tidak mungkin akan mendapatkan infeksi dari spa terapi  ikan, risiko lebih tinggi untuk orang-orang tertentu. ”

Banyak negara yang melarang terapi ikan karena alasan berikut:

  • Banyak pemilik salon yang tidak menjaga kebersihan air dengan baik, karena dapat meningkatkan risiko infeksi .
  • Garra rufa sangat menyerupai ikan dari Cina yang bernama Chin Chin. Ikan Chin-chin ini memiliki gigi dan dapat menggigit hingga berdarah, yang dapat meningkatkan risiko infeksi. Banyak salon yang sudah mulai menggunakan ikan ini, dan disalahartikan sebagai ikan garra rufa. Ini adalah salah satu alasan utama di balik pelarangan salon ikan di Amerika Serikat. Ikan jenis ini suka lapar dan makan kulit. Jika mereka kenyang, mereka tidak akan makan kulit.
  • Menurut US Fish and Wildlife Service , ikan Garra rufa menimbulkan ancaman bagi tanaman dan hewan asli.

Agar terapi ikan ini aman, banyak spa ikan menggunakan sistem filtrasi dan lampu ultraviolet untuk membunuh mikroorganisme di dalam air . Dan bahkan memeriksa kemungkinan adanya luka dan infeksi pada pelanggan mereka sebelum memberikan ijin untuk melakukan perawatan ini. Namun karena mengingat masalah kesehatan dan keselamatan, praktek terapi ikan dilarang di banyak negara bagian AS dan provinsi Kanada.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: